Skip to main content

Tips Mendidik Anak Agar Menjadi Penghafal Al-Qur'an

Mempunyai buah hati yang mampu menjadi penghafal Al - Qur'an merupakan pencapaian yang sangat luar biasa bagi orang tua. Namun, pencapaian tersebut tidak lah semudah membalikkan telapak tangan. Membutuhkan do'a dan ikhtiar, baik dari anak tersebut maupun dari orang tua sendiri agar menjadi hafidz Qur'an.

Tips Mendidik Anak Agar Menjadi Penghafal Al-Qur'an

Membentuk anak untuk menjadi penghafal Al - Qur'an tidak tergantung pada tingkat kecerdasan pada  anak tersebut. melainkan ketelatenan orang tua dalam mendidik anak, seperti  bagaimana cara membaca Al - qur'an yang baik sesuai dengan kaidah tajwid dan pengucapan makhroj huruf yang benar, itu seharusnya yang diutamakan.

Dalam hadits rosulullah yang diriwayatkan oleh Imam Al - Hakim. "Siapa yang membaca Al - qur'an, mempelajarinya dan menghafalkannya akan dipakaikan mahkota dari cahaya pada hari kiamat". Cahayanya seperti cahaya matahari dan kedua orang tuanya dipakaikan dua jubah kemuliaan yang tidak akan didapatkan di dunia ini. lantas keduanya bertanya mengapa kami dipakaikan jubah seperti ini? Dijawab karena kalian telah memerintahkan anak kalian untuk belajar Al - Qur'an.

Dari hadits tersebut sudah jelas betapa besar manfaat menghafal Al - qur'an baik bagi si penghafal maupun bagi kedua orang tuanya. Namun, tidak sedikit dari orang tua yang bingung bagaimana cara mendidik anak agar hafal Al- qur'an sejak dini.

Tips mendidik anak agar menjadi penghafal Al - Qur'an memang wajib untuk kita ketahui, agar lebih efektif dalam mendidik anak. Nah, untuk memujudkan keinginan anda untuk memiliki anak hafidz Qur'an, berikut beberapa tips untuk anda.

1. Memulai Segala Sesuatu Dengan Yang Halal


Syarat utama untuk memiliki anak yang sholeh dan salah satu cara mendidik anak hafal Al - qur'an sejak dalam kandungan adalah memastikan seluruh apa pun yang dibutuhkan oleh anak berasal dari rizki yang halal diantaranya, makanan, pakaian serta bagaimana cara orang tua mendidiknya.

Baca Juga : 3 Tips Menghentikan Anak Yang Suka Berkata Bohong

2. Konsistensi


Konsistensi sangat dibutuhkan dalam hal mendidik anak, apa lagi untuk mewujudkan anak hafal Al - qur'an. Sebagai orang tua tentu kita harus terus memberikan motivasi terhadap anak agar selalu bersemangat dalam belajar, terlebih ketika anak merasa bosan. Dengan konsisitensi yang tinggi, Insya Allah cita - cita menjadi hafidz Qur'an akan menjadi kenyataan.

3. Memperdengarkan Al - Qur'an


Cara mendidik anak untuk menjadi hafidz qur'an tidak hanya dilakukan terhadap anak yang sudah dapat membaca Al - qur'an saja, melainkan sejak masih bayi. Selalu meperdengarkan lantunan ayat suci Al - qur'an merupakan cara mengajarkan Al - qur'an pada bayi yang dapat anda terapkan. mendidik anak untuk menjadi hafidz sejak bayi sangat penting dilakukan, karena anak yang masih bayi akan cepat menyerap segala apa pun yang berasal dari lingkungannya.

4. Memberikan Apresiasi


Sebagai orang tua, kita harus cerdas dalam menyikapi anak. Memberikan apresiasi terhadap anak sangat penting untuk dilakukan, guna untuk memberikan sengat belajar. Apresiasi tidak harus berbentuk hadiah, namun juga dapat anda lakukan dengan memberikan pujian terhadap anak.

5. Selalu Mendo'akan Anak


Selain ikhtiar, do'a merupakan faktor terpenting dalam mendidik anak. Dengan kekuatan do'a, kita aka dapat menghantarkan buah hati kita pada jalan yang lurus.

6. Menjadi Contoh Yang Baik Untuk Anak


Seorang anak akan mencontoh figur orang tuanya, baik itu cara bicara, prilakunya dan bahkan karakternya. Oleh sebab itu, orang tua wajib memberikan contoh yang baik terhadap anak, karena orang tua akan menjadi cermin yang akan mempengaruhi perkembangan anak. Jika anda menjadi orang tua yang begitu giat dalam belajar Al - qur'an, makan besar kemungkinan anak yang kita didik akan menjadi seperti anda bahkan lebih.

Baca Juga : 3 Waktu yang Tepat Memberikan Nasihat pada Anak Menurut Rasulullah


7. Menjadi Orang Tua Yang Bijaksana


Terkadang orng tua yang terlalu menggebu - gebu untuk menjadikan anaknya seperti apa yang mereka mau, akan melupakan keluhan terhadap anak tersebut. maka, bijaklah dalam menyikapi karakter anak. karena jika terlalu memaksakan kehendak terhadap anak, anak mengahasilkan sesuatu yang tidak memuaskan.

Demikianlah beberapa tip mendidik anak agar menjadi penghafal Al - qur'an yang mungkin dapat anda terapkan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar