Skip to main content

Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga Yang Baik

Jika dillihat sepintas, mengatur keuangan rumah tangga yang baik merupakan perkara yang gampang. Namun, hal tersebut tidak segampang yang kita pikirkan. Mengatur keauangan rumah tangga merupakan pekerjaan susah - susah gampang. Mengapa demikian? Ya selain kebutuhan hidup sehari - hari seorang ibu yang biasa mengatur keuangan, harus menyisihkan sebagian uang bulanan untuk ditabung. Uang tersebut dipersiapkan untuk keperluan mendadak atau untuk liburan.

Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Mengatur keuangan rumah tangga membutuhkan cara khusus agar supaya penghasilan yang diperoleh cukup untuk memenuhi kebutuhan selama 1 bulan, apa lagi jika gaji bulanan yang pas - pasan. Kondisi keuagan yang tidak stabil kerap terjadi, apa lagi pada pasangan yang baru menikah yang belum berpengalaman dalam memanage keauangan. Untuk itu kami disini akan memberikan beberapa tips mengatur keuangan yang dapat anda terapkan.

Baca Juga : 10 Tips Yang Bikin Kamu Sukses Di Usia Muda

Tips mengatur keuangan rumah tangga yang akan kami bahas pada kesempatan kali ini, bertujuan untuk membantu anda agar terhindar dari kondisi defisit keuangan. Kebutuhan rumah tangga sering kali mengalami naik turun. Jika kebutuhan turun, kondisi keuangan mungkin akan stabil, namun jika kebutuhan naik, kita akan berfikir lebih keras bagaimana cara mencukupi kebutuhan tanpa harus berhutang. Berikut tips mengatur keuangan  rumah tangga yang baik dan benar untuk anda ketahui.

Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga


1. Kalkulasi Seluruh Pendapatan


Terkadang dengan gaji 4 juta perbulan masih saja tidak cukup, apa lagi hanya dengan gaji 2 juta ke bawah. Kondisi tersebut disebabkan karena kebutuhan dan gaya hidup yang selalu meningkat. Jika berbicara tentang kebutuhan hidup, mungkin tak seberapa. Namun, yang jadi masalah tentang gaya hidup. Gaya hidup tidak bisa dibatasi, dan terus akan menjadi - jadi jika dari kita sendiri tidak berusaha untuk berubah. Untuk itu, mengkalkulasi seluruh pendapatan sangat penting untuk dilakukan. Tujuannya adalah untuk mengetahui seberapa besar dana yang dapat dialokasikan untuk memenuhi masing - masing kebutuhan.

2. Membuat Daftar Pos Pengeluaran


Rahasia mengatur keuangan yang paling tepat dengan penghasilan minim adalah dengan cara membuat daftar pos pengeluaran. Dengan demikian, kita akan mengetahui berapa jumlah uang yang kita keluarkan untuk kebutuhan keluarga. Misalkan ada uang lebih, dapat anda tabung untuk keperluan lainnya.

3. Memabatasi Jajan Di Luar Dan Usahakan Memasak Sendiri.


Kebiasaan jajan di luar membutuhkan biaya yang lebih besar, dari pada memasak sendiri di rumah. Kondisi keuangan akan terus membengkak jika jajan dan makan diluar terus dibiasakan. Pertanyaannya siapa yang tidak suka cara yang simpel, yang hanya dengan memesan langsung tersedia dihadapan kita. Namun, lain halnya dengan gaji  3 juta perbulan, terlebih jika sudah berkeluarga dan mempunyai anak. Selain lebih hemat, memasak sendiri akan lebih mengajarkan terhadap sifat mandiri dan reativitas.

Baca Juga : 10 Rahasia Sukses Jualan Pulsa Meski Hanya Dengan Modal Minim

4. Belajar Untuk Menabung


Menaabung merupakan salah satu cara agar tidak boros, baik itu dalam mengatur keuangan pribadi maupun keuangan rumah tangga. Menyisihkan sedikit uang dari pendapatan kita setiap bulannya, bukanlah perkara yang sulit. Menabung tidak harus dengan jumlah uang yang besar, namun dapat dimulai dengan jumlah kecil. Uang hasil menabung tersebut dapat anda gunakan di masa sulit, sehingga terhidar dari berhutang.

5. Mencari Penghasilan Tambahan


Terkadang dengan naiknya harga sembako, gaji bulanan suami tidak lagi cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Nah, untuk menstabilakan kondisi keuangan, anda dapat mencari penghasilan tambahan, misalkan menjual pulsa, jualan online, membuka usaha londre. Yang terpenting pekerjaan tersebut tidak mengganggu pekerjaan utama sebagai ibu rumah tangga.

6. Membedakan Antara Kebutuhan Dan Keinginan


Kunci sukses dalam mengatur keuangan selanjutnya adalah membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan harus dikedepankan dari pada keinginan. Jika memang kondisi keuangan kita sedang membengkak, maka keinginan untuk membeli baju baru, kosmetik, jalan - jalan jangan dulu dilakukan.

Itulah 6 tips penting dalam mgelola keuangan rumah tangga. Ingat kondisi keuangan juga mempunyai peran penting untuk mewujudkan keharmonisan rumah tangga. Jadi, aturlah keuangan sebaik mungkin, agar kehidupan keluarga kita menjadi bahagia.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar