Skip to main content

Yuk Cari Tau Kenapa Telinga Sering Berdengung Dan Cara Mengatasinya

Telinga berdengung atau secara medis disebut dengan tinnitus. Menurut kejawen adalah suatu kondisi dimana terasa adanya dengungan yang berbunyi di telinga secara terus menerus. Kondisi seperti ini membuat penderitanya sangat tidak nyaman sehingga dapat mengganggu aktivitas sehari - hari. Dengungan yang terasa di telinga dikhawatirkan dapat membuat penderitanya cemas, stres hingga frustasi.



Kondisi kuping berdengung dapat dialami oleh siapa saja dan tidak memandang usia. Namun, biasanya kondisi seperti ini banyak terjadi pada lansia yang kesehatan dan fungsi organ pendengarannya mengalami penurunan. Oleh sebab itu, sangat penting mengetahui apa penyebab serta mengatasi kuping berdengung, agar kita dapat mengantisipasinya.

Yuk cari tahu kenapa telinga sering berdengung dan cara mengatasinya. Sebelum kita membahas lebih luas bagaimana cara mengatasi kuping berdengung, kita kenali dulu apa yang menjadi penyebabnya.

Baca Juga : 7 Bahaya Yang Akan Terjadi Jika Terlalu Sering Menggunakan Headset Saat Sedang Tidur

Penyebab Telinga Berdengung


Ada banyak faktor yang menjadi penyebab telinga berdengung, diantaranya gangguan gendang telinga, infeksi pada telinga, penumpukan cairan dalam telinga, adanya kotoran di telinga, kelainan telingan dan adanya pertumbuhan tulang abnormal pada telinga. Berikut dibawah ini kami akan menjelaskan lebih lanjut penyebab telinga berdengung.

1. Penyumbatan akibat kotoran di telinga


Adanya penyumbatan di telinga yang disebabkan oleh penumpukan kotoran, dapat menyebabkan iritasi pada gendang telinga. Kondisi deperti ini akan memicu terjadinya kuping berdengung.

2. Adanya paparan lama terhadap suara kencang


Pernahkah anda mengalami telinga berdengung seperti kemasukan air? Salah satu penyebabnya adalah terlalu lamanya telinga terkena paparan suara yang kencang. Paparan suara kencang terus menerus dapat menyebabkan kerusakan pada organ telinga dalam.

3. Infeksi pada telinga


Kuping berdengung juga disebabkan oleh infeksi pada telinga. Dalam kasus ini, anda harus berkonsultasi langsung dengan dokter. Agar keluhan anda dapat teratasi dengan baik.

4. Menderita penyakit tertentu


Selain karena kotoran dan ifeksi di telinga, timbulnya bunyi dengungan di telinga juga diakibatkan oleh beberapa penyakit tertentu dan cukup membahayakan. Diantaranya, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, tumor jinak pada saraf pendengaran, gangguan pada leher atau rahang serta penyakit meniere.

Baca Juga : Mengenal Kanker Nasofaring Kanker Yang Diderita Ustadz Arifin Ilham

5. karena usia lanjut


Umumnya seseorang akan merasakan dengungan pada kuping pada usia kurang lebih 60 tahun. Kondisi seperti ini dikenal dengan sebutan presbikusis yaitu kepekaan saraf pendengaran yang berkurang.

Cara Mengatasi Telinga Berdengung


Adanya suara dengungan pada kuping sebelah kanan atau sebelah kiri, tentu membuat kita gelisah dan terganggu disetiap waktu. Oleh sebab itu, kami di sini akan membagikan beberapa tips cara mengatasi dengungan pada telinga dari menggunakan obat tradisional sampai obat telinga berdenging di apotik.

1. Membersihkan kotoran di telinga


Jika telinga disebabkan karena penumpukan kotoran, maka rutinlah membersihkan telinga. Membersihkan telinga dapat anda lakukan dengan cara menggunakan alat khusus untuk membuang kotoran di telinga dan mengusap telingan secara perlahan dengan menggunakan air hangat.

2. Melindungi telinga dari suara keras


Telinga akan terasa seperti berdengung dan menurunnya kemampuan pendengaran dapat disebabkan karena terlalu seringnya telinga mendengar suara keras. Suara tersebut bisa berasal dari musik, mesin dll. Jika anda bekerja pada lingkungan yang selalu menciptakan suara keras, maka sebaiknya anda menggunakan pelindung telinga. Dan jika anda seorang yanhg gemar mendengarkan musik, sebaiknya jangan memutar musik pada volume yang keras.

3. Usahakan telinga dalam kondisi kering


Salah satu penyebab terjadinya infeksi pada telinga adalah karena telinga mengalami kelembaban berlebih. Kondisi telingan yang lembab dapat menyebabkan bakteri masuk ke dalam saluran telinga. Oleh sebab itu, pastikan telinga anda selalu kering. Jika anda seorang yang hobi berenang, sebaiknya menggunakan alat khusus menyumbat telinga ketika berenang. Dengan demikian air tidak bisa masuk ke dalam telinga. Setiap usai mandi jangan lupa keringkan telinga dengan menggunakan handuk kering.

4. Menjaga kesehatan pembuluh darah


pembuluh darah yang terganggu kesehatannya juga merupakan salah satu penyebab telinga berdengung. Menjaga kesehatan pembuluh darah dapat dilakukan dengan cara rutin berolah raga dan mengatur pola makan.

5. Periksa telinga ke dokter


Memeriksakan kondisi telinga ke dokter sangat penting untuk dilakukan, apa lagi saat usia sudah lanjut. Dengan konsultasi langsung dengan dokter, anda akan mengetahui penyebab mengapa telinga terus berdengung. Dokter akan memberikan beberapa rangkaian pengobatan sesuai dengan penyababnya. Misalkan dengan melakukan terapi pendengaran, obat tetes, vitamin dll.

Untuk mencegah terjadinya telinga berdengung, sebaiknya jalani pola hidup sehat. Misalkan dengan rutin berolah raga, istirahat cukup dan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar