Skip to main content

10 Cara Menghemat Kertas Di Sekolah Dan Di Kantor

Hampir setiap hari kita akan membutuhkan banyak kertas untuk berbagai kebutuhan utamanya dibidang administrasi. Namun sayangnya banyak yang belum paham bagaimana cara menghemat. Banyak sekali kertas yang terbuang percuma bahkan diantaranya masih keadaan kosong tidak ada tulisan. 

Hadirnya teknologi telah mengubah dunia dalam banyak hal, salah satunya adalah penggunaan kertas, kebutuhan akan kertas di dunia setiap tahunnya dalam data statistik disebutkan sekitar 394 ton dan diperkirakan pada tahun 2020 nanti akan meningkat menjadi 440 ton. Dan Yang paling banyak menyerap kebutuhan kertas adalah perkantoran dan dunia pendidikan/sekolah.

10 Cara Menghemat Kertas Di Sekolah Dan Di Kantor

Begitu besarnya kebutuhan akan kertas secara tidak langsung akan mengancam lingkungan kita, karena bahan utama dalam pembuatan kertas adalah kayu jadi otomatis akan banyak menebang pohon pohon di hutan. Bayangkan dalam 1 tonnya akan mengkonsumsi sekitar 20 pohon bagaimana jika yang dibutuhkan adalah ratusan ton? berapa ratus atau ribu pohon yang dibutuhkan?. Oleh karena itu sangat perlu kita belajar cara menghemat kertas dimana saja baik disekolah maupun di tempat kerja.

Baca Juga : 10 Contoh Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbaharui

Cara Menghemat Kertas Di Sekolah Dan Di Kantor


1. Simpanlah Di Tempat Yang Benar


Kertas sangat mudah lecek, kebanyakan kertas yang lecek akan di buang karena sudah tidak bisa dipergunakan untuk mencetak. Kertas yang lecek disebabkan karena cara menyimpan yang tidak benar, belilah rak kertas dan taruhlah di samping meja kerja anda.  Dengan menggunakan penyimpan kertas maka kertas akan terjaga dengan baik dari lecek.


2. Teliti Sebelum Mencetak


Ketelitian ternyata bisa membantu anda dari banyaknya kertas yang akan di buang percuma. Anda perlu mengoreksi hasil ketikan anda dengan cermat sebelum mencetak agar tidak terjadi kesalahan. Pastinya anda akan mencetak ulang jika terjadi kesalahan dan hasil cetakan yang salah rata rata akan di buang begitu saja.

3. Gunakan Kertas Sesuai Keperluan


Pernahkan anda setelah makan atau melihat sesuatu dan anda tidak menemukan bahan kain atau tisu lalu anda menggunakan kertas untuk menghilangkannya. Stop menggunakan kertas yang bukan pada keperluannya dan hematlah dengan membeli kain lap atau yang sejenisnya untuk membersihkan kotoran. Terkadang aja juga yang menggunakannya sebagai bungkus makanan. Mulai sekarang belajarlah untuk menghemat kertas gantilah dengan bahan daun maupun yang lainnya.

4. Daur Ulang


Jika dirumah anda memiliki kertas kertas yang sudah tidak terpakai seperti koran, majalah, atau buku pelajaran maka sebaiknya anda jual untuk di daur ulang kembali. Jika budaya ini tertanam di masyarakat tentunya akan banyak penghematan terhadap penggunaan kayu. Buatlah ajakan dan gerakan menghemat kertas dan berilah imbalan untuk setiap kertas tidak terpakai yang mereka kumpulkan.

5. Gunakan Untuk Kerajinan


Salah satu langkan kreatif untuk gerakan menghemat kertas ini adalah dengan cara mengubah sampah kertas yang tidak terpakai menjadi kerajinan. Jika anda seorang guru maka anda bisa mengajarkan siswa siswa anda membuat berbagai kerajinan dengan menggunakan kertas berkas. Beberapa kerajinan yang bisa ada buat dari kertas bekas adalah kado, miniatur, wadah pulpen dan masih banyak yang lainnya.

6. Cetak Dua Sisi dan Mengatur Margin


Salah satu langkah hemat yang bisa anda terapkan adalah dengan mencetak dengan menggunakan dua sisi utamanya untuk dokumen yang tidak penting  atau keperluan bacaan pribadi dan sebagainya, anda juga bisa mengatur margin pada kertas agar lebih banyak memuat text. Dengan cara ini ada akan bisa menghemat hampir 50 persen kertas yang anda gunakan.

Baca Juga : 5 Cara Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah

7. Gunakan Papan Yang Bisa Dihapus 


Terkadang masih banyak yang menggunakan catatan di kantor maupun di sekolah dengan membuat pengumuman berupa kertas yang di tempel. Padahal cara tersebut  bisa diganti dengan  dengan menggunakan papan yang bisa dihapus, anda bisa menulis pengumannya  dan hapus setelah pengunguman itu dianggap sudah kadaluarsa.

8. Ganti Dengan File


Jika semua kebutuhan andministrasi anda cetak maka akan banyak menghabiskan banyak kertas. Jika administrasi tersebut tidak perlu untuk dicetak maka anda cukup menyimpannya dalam bentuk file. Agar anda tidak khawatir filenya hilang jika suatu saat laptop yang anda gunakan rusak maka anda bisa menyipannya dalam bentuk kepingan CD.

9. Gunakan Teknologi


Beberapa teknologi bisa ana manfaatkan untuk mengirim dan mengedit berbagai surat, saya kira memang harus meresmikan pengiriman surat dengan teknologi. Beberapa aplikasi internet yang bisa digunakan adalah Email dan Instan Messeger. Namun kami melihat sudah banyak kantor dan sekolah yang memanfaatkan ini sudah banyak yang mengirim surat hanya melalui email saja. Beberapa kantor dan sekolah telah melakukan pendaftaran online dengan hanya mengirim file saja. Dengan menggunakan teknologi akan banyak menghemat kertas.

10. Manfaatkan Kertas Bekas


Jika anda memiliki kertas yang sudah tidak terpakai dan tidak ingin menjualnya maka simpanlah di tempat yang aman dari rayap. Pada suatu saat jika anda membutuhkan untuk berbagai kepentingan anda bisa menggunakannya kembali dengan cara begitu anda tidak hanya akan menghemat biaya tapi juga akan menjadi bagian orang yang akan menyelamatkan bumi.

Nah itulah 10 cara yang bisa anda lakukan untuk menghemat kertas, ini hanya sebagian dari tindakan kecil yang sangat bermanfaat dan menguntungkan tidak hanya kepada anda pribadi namun kepada dunia. Hal hal seperti ini perlu diajarkan sejak usia dini kepada anak kita. Semoga bermanfaat
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar