Skip to main content

10 Manfaat Minum Air Hangat Di Pagi Hari Saat Perut Kosong


Kebanyakan orang Indonesia terbiasa dengan menyeduh kopi atau teh saat bangun di pagi hari, atau memilih minum air putih dengin, namun tahukah anda bahwa minum air hangat itu lebih kaya akan manfaat? Dalam banyak penelitian mengungkapkan bahwa mengkonsumsi air hangat di pagi saat bangun tidur atau dalam keadaan perut masih kosong dapat membantu mengeluarkan toksin atau racun dalam tubuh manusia.

Khasiat minum air hangat di pagi hari juga telah banyak dirasakan oleh wanita jepang dimana mereka terbiasa minum air hangat putih sebelum mengisi perutnya dengan makanan apapun, oleh karena anda bisa melihat tubuh orang jepang ramping sehat dan panjang umur. Jika anda menginginkan hal yang sama sebaiknya lakukan dengan rutin tidak hanya setelah bangun tidur namun juga sebelum tidur.

10 Manfaat Minum Air Hangat Di Pagi Hari Saat Perut Kosong

Memperbanyak konsumsi air dalam tubuh sangat dianjurkan oleh dokter karena hampir 75 persen tubuh manusia terdiri dari air. Apalagi saat musim panas seperti sekarang ini memperbanyak mengkonsumsi air akan membantu anda kekurangan cairan saat melakukan aktifitas di bawah terik matahari.

10 Manfaat Minum Air Hangat Di Pagi Hari Saat Perut Kosong


1. Mencegah Penuaan Dini


Hasiat minum air hangat dipagi hari untuk kecantikan adalah mencegah penuaan dini, sebagaimana yang telah diulas sebelumnya bahwa air hangat ini dapat membantu anda untuk menghilangkan racun dalam tubuh dan dapat memperbaiki sel sel yang mati dan menjaga kelembaban dan elastisitas kulit. Racun yang menumpuk dalam tubuh menjadi penyebab seseorang rentan terhadap penyakit dan inilah yang menyebabkan penuaan lebih cepat.

2. Menyembuhkan Sembelit


Sembelit merupakan penyakit yang umum diderita oleh siapa saja, banyak yang mengatakan sembelit karena disebabkan kekurangan serat. Dalam dunia medis sembelit disebabkan karena tidak adanya pergerakan usus karena kurangnya air dalam tubuh. Nah jika anda mengalaminya saat ini rutinkan minum air hangat saat perut kosong karena dapat membantu anda meningkatkan buang air besar dan mengurangi sembelit yang anda derita. 

3. Membantu Menurunkan Berat Badan


Banyak dokter mengatakan bahwa untuk menurunkan berat badan anda tidak perlu melakukan hal hal seperti diet yang berat apalagi hingga yang berbahaya. Gunakan cara yang sederhana yaitu dengan meminum air hangat di pagi hari. Bagaimana bisa ? Iya air hangat yang anda konsumsi saat bangun tidur akan menghangatkan tubuh anda sehingga metobalisme tubuh juga akan meningkat. Peningkatan metobolisme tubuh inilah yang nantinya akan membakar lemak yang bersarang pada tubuh anda.

Baca Juga :


4. Memperlancar Peredaran Darah


Mereka yang terbiasa minum air hangat di pagi hari terlihat lebih segar karena sirkulasi darah dalam dirinya berjalan dengan lancar. Urat urat dan otot yang ada dalam tubuh mereka mengendur  dan terasa lebih rileks. Tidak hanya dikomsusi saja tapi berendam dalam air hangat saat tubuh merasakan lelalah juga sangat manjur menghilangkan rasa lelah dan tubuh akan terasa lebih segar.

5. Mengurangi Nyeri Haid


Bagi perempuan haid merupakan rutinitas yang tidak bisa dihindarkan, banyak diantara mereka yang merasakan nyeri saat haid datang dan yang paling parah biasanya sampai terjadi kram pada perut. Nah cobalah rutin untuk mengkonsumsi air hangat utamanya saat mengalami haid. Air hangat dapat membantu anda melemaskan otot perut dan mengurangi rasa nyeri yang anda derita. Tidak hanya bagi mereka menderita kram karena haid saja, kram apapun juga bisa disembuhkan karena air hangat dapat membantu memperlebar pembuluh kapiler dan melemaskan otot otot.

6. Menghilangkan Racun.


Makanan dan minuman yang kita konsumsi dalam sehari hari terkadang membawa racun ke dalam tubuh kita. terlebih zaman saat ini banyak para penjual makanan yang menggunakan bahan bahan yang tidak layak dikonsumsi bagi tubuh. Racun makanan ini jika ini dibiarkan terlalu lama dalam tubuh dapat berakit fatal bagi kesehatan anda utamanya organ organ dalam. Saat minum air hangat suhu tubuh anda akan naik dan tubuh akan berkeringat, ini bertanda bahwa endokrin dalam tubuh anda mulai aktif dan sudah bekerja untuk membuang racun melalui keringat yang dikeluarkan.

7. Untuk Kesehatan jantung 


Jantung merupakan komponen yang paling penting dalam tubuh karena jantunglah yang berfungsi memompa darah. Namun jika anda lihat akhir akhir ini banyak sekali yang menderita penyakit jantung. Mulailah dari saat ini menyangi jantungmu dengan mengkonsumsi air hangat setiap bagi karena air hangat dapat meningkatkan sirkulasi kapiler dalam tubuh dan mengendurkan otot otot yang berada disekitar jantung sehingga aliran darah ke jantung lancar. 

 8. Meredakan Hidung tersumbat


Saat musim panas banyak sekali penderita flu hingga hidung mampet sepanjang hari. Jika anda ingin bebas darinya minumlah air hangat saat pagi hari setelah bangun tidur. Uap air hangat yang anda minum bisa melegakan hidung anda yang tersumbat. Sedangkan untuk yang anda minum akan bermanfaat untuk menghangatkan daerah sekiar hidung.

9. Membantu Melancarkan Pencernaan


Radang tenggorokan, amandel sering sekali mengganggu pencernaan, nah cobalah mengkomsumsi air hangat setiap pagi 2 gelas dan rasakanlah manfaatnya otot otot pada saluran pencernaan akan kendor dan akan melegakan saluran pencernaan anda. Saluran pencernaan yang baik akan mempercepat mengeliminasi sampah sampah sisa pengelolaan makanan dan sekaligus membantu mencerna makanan yang susah dicerna oleh usus.

10. Sangat Baik Untuk Kesehatan Gigi


Gigi anda akan berterima kasih jika anda beralih dari mengkonsumsi air dingin ke air hangat. Menurut Sanda Moldovan, MS, DDS air hangat lebih baik untuk kesehatan gigi. Kebersihan gigi anda juga terjaga karena air hangat dapat meningkatkan produksi air ludah. Tapi satikan air yang anda minum tidak terlalu panas karena suhu extrim apapun dapat merusak gigi anda.

Namun dalam mengkonsumsi air hangat sebaiknya tidak melampui batas, karena terlalu banyak mengkonsumsi air justru akan menambah berat kerja ginjal yang berfungsi sebagai penyaring. Untuk jangka panjangnyapun juga tidak baik untuk kesehatan ginjal karena akan mempengaruhi fungsi ginjal. Jadi konsumsilah dengan benar sesuai dengan standar yang disarankan oleh kesehatan yaitu 8 gelas atau 1500-2500ml per hari.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar