Skip to main content

15 Ciri Fisik Orang Yang Sedang Hamil Muda Yang Mudah Terlihat

Hamil merupakan salah satu tujuan dari pernikahan. Tentu hal tersebut merupakan momen yang sangat ditunggu - tunggu oleh setiap pasangan, baik itu pasangan yang baru menikah ataupun yang sudah lama menikah. Namun, terkadang banyak para perempuan tidak mengetahui jika dirinya sedang hamil. Nah, sangat penting kiranya mengetahui ciri - ciri hamil muda, agar lebih introspeksi diri.

Ada banyak perubahan fisik yang akan terjadi pada wanita yang sedang hamil, apa lagi usia kandungannya masih 1 minggu pertama. Dengan terlambatnya menstruasi saja, tidak cukup untuk membuktikan kehamilan. Memang tidak dapat dipungkiri jika terlambatnya datang bulan merupakan salah satu ciri kehamilan, namun terlambat datang bulan juga dapat disebabkan oleh stres, adanya gangguan hormonal, terlalu lelah dll. Oleh karenanya kita harus juga melihat dari sisi lainnya.

15 Ciri Fisik Orang Yang Sedang Hamil Muda Yang Mudah Terlihat

Ciri - ciri fisik orang yang sedang hamil muda sangat dikaitkan dengan keadaan fisik yang lebih cepat lelah dan lemas dari biasanya. Pada saat kondisi itu terjadi mungkin bagi anda yang belum mengetahui tanda kehamilan akan kebingungan. Nah, diartikel kali ini kami akan membahas ciri - ciri fisik apa saja yang biasa terjadi pada ibu yang sedang hamil muda.


1. Mual dan Muntah


Pada saat usia kehamilan masih 1 minggu sampai 2 minggu, akan mengalami mual hingga muntah. Hal tersebut disebabkan karena meningkatnya hormon secara tiba - tiba dalam aliran darah dan saluran kencing.

Baca Juga : Penyebab Mual Pada Ibu Hamil Serta Cara Efektif Mengatasinya

2. Mudah Lelah dan Ngantuk


Selain merasakan mual dan muntah, saat usia kandungan berusia 1 minggu pertama kali, tubuh akan mudah lelah dan juga ngantuk. Rasa ngantuk dan lelah disebabkan oleh kinerja organ vital seperti paru - paru dan ginjal yang semakin meningkat. Selain itu, juga disebabkan oleh perubahan hormonal.

3. Perubahan Pada Payudar*


Tanda hamil selanjutnya adalah terjadi perubahan pada payudar*. Umumnya payudara wanita hamil akan membesar, payudar* semakin lembut dan puting susu juga membesar. Kondisi tersebut disebabkan oleh meningkatnya hormon esterogen dan progesteron.

4. Munculnya Bercak Darah


Awal tanda - tanda kehamilan biasanya ditandai dengan munculnya bercak - bercak darah yang keluar dari vagina. Keluarnya bercak darah tersebut menjadi tanda menempelnya sel telur yang sudah dibuahi pada dinding rahim

5. Keputihan


Tanda - tanda hamil selanjutnya adalah keputihan. Keputihan terjadi disebabkan karena meningkatnuya level hormon estrogen dalam tubuh, sehingga kelembaban vagina meningkat. Seseorang yang positif hamil biasanya akan mengalami 1 minggu keputihan setelah pembuahan.

6. Indera Penciuman Lebih Sensitif


Saat seseorang hamil muda biasanya indera penciumannya lebih tajam dan sensitif. Karena itulah mereka sering mengalami mual dan muntah. Kondisi tersebut disebabkan oleh perubahan hormon estrogen di dalam tubuh.

7. Kram Pada Perut


Kram pada perut tidak hanya terjadi pada saat mengalami mentruasi saja. Namun hal ini juga dapat terjadi pada seseorang yang sedang hamil muda. Umumnya, kram yang terjadi merupakan kram perut yang ringan. Untuk mengatasi kondisi seperti ini dapat anda lakukan dengan mengompres perut dengan bantal penghangat.

8. Lebih Sering Buang Air Kecil


Adanya pertumbuhan janin dapat menekan bagian kandung kemih, sehingga perempuan yang hamil muda menjadi lebih sering buang air kecil. Kondisi seperti akan terus terjadi sampai usia kandungan 3 minggu atau lebih. Keadaan seperti memang sangat melelahkan, apa lagi keadaan tubuh yang tidak stabil. Akan tetapi ibu hamil tidak boleh menahan - nahan untuk buang air kencing, karena dapat menyebabkan keracunan terhadap janin.

Baca Juga : 8 Cara Cepat Hamil Lagi Setelah Mengalami Keguguran Yang Bisa Anda Coba

9. Bentuk Tubuh Berubah


Perempuan yang positif hamil biasanya merasa jika tubuhnya mengalami pembengkakan. Kondisi ini memang wajar dialami oleh perempuan hamil, karena fisik perempuan hamil akan mengalami perubahan. Misalnya, seperti keadaan perut yang agak membesar, bagian dada mengalami perubahan dan bokong yang membesar. Perubahan tersebut juga dapat dilihat dari raut wajah yang berubah dari biasanya.

10. Pusing dan Sakit Kepala


Pusing dan sakit kepala sering dirasakan oleh permpuan diawal kehamilannya. Rasa pusing tersebut diakibatkan oleh tekanan darah rendah, mual dan mudah lelah. Selain itu, perempuan hamil juga mudah emosianal dan depresi. Kondisi seperti itu dapat mengakibatkan peningkatan pasokan darah ke seluruh tubuh, sehingga dapat mengakibatkan pusing.

11. Detak Jantung Meningkat


Detak jantung perempuan hamil biasanya lebih meningkat dari orang biasa. Hal ini disebabkan karena jantung lebih banyak memompa darah yang dialirkan ke bayi melalui plasenta.

12. Sakit Pinggang


Perempuan hamil tidak hanya merasakan kram pada perut saja, namun juga sakit pinggang tepatnya dibagian bawah. Sakit pinggang ini tidak hanya dirasakan pada awal kehamilan saja, akan tetapi dirasan selama masa kehamilan.

13. Perubahan Pada Kulit


Ciri perempuan hamil juga dapat dilihat dari berubahnya bentuk fisik, salah satunya perubahan pada kulit. Volume darah dan hormon pada ibu hamil akan meningkat, sehingga darah lebih banyak mengalir dipembuluh darah. Akibatnya kulit akan tampak merah dan bercahaya, dan bahkan rentan terhadap munculnya jerawat.

14. Naikknya Suhu Basal


Suhu basal adalah suhu pada saat tubuh beristirahat. Kehamilan dapat meningkatkan suhu basal ini. Suhu basal tubuh dapat diukur dengan termometer yang digunakan di mulut, vagina dan dubur dan ditempatkan pada lokasi serta waktu yang sama, yakni 5 menit.

15. Mood Yang Mudah Berubah


Mood seseorang yang sedang hamil mudah sekali berubah. Tiba - tiba merasa bahagia dan riang, namun seketika itu mood berubah ingin menonton film dan menagis terseduh - seduh. Hal ini disebabkan karena perubahan kadar hormon yang belum stabil.

Beberapa tanda yag telah kami sebutkan diatas merupakan tanda pasti hamil. Setelah beberapa tanda kehamilan terjadi pada diri anda, segera lakukan test pack atau memeriksakan langsung pada dokter. Dengan demikian anda lebih mengetahui bagaimana kondisi tubuh anda.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar