Skip to main content

5 Tips Membeli Laptop Baru Bagi Orang Awam

Saat membeli laptop baru pertama kali memang membuat anda kawatir terutama bagi orang awam, saat ini memang mencari orang yang jujur sangatlah sulit. Masalah penipuan seringkali terjadi tidak hanya terjadi dalam dunia offline saja tapi membeli online. Jadi anda harus tetap waspada karena harga laptop saat ini masilah sangat mahal jika anda  tertipu tentulah akan membuat anda kecewa apalagi anggaran anda pas pasan tentulah ini akan sangat memukul anda.


Orang awam maksudnya disini adalah orang tidak memahami sama sekali tentang laptop. Orang awam tidak hanya identik dengan orang yang tidak berpendidikan saja namun terkadang mahasiswa juga ada yang gaptek sama sekali akan dunia laptop. Padahal kebutuhan mereka akan laptop sangat tinggi seperti menulis makalah, dan tugas tugas kuliah lainnya. Dan mereka inilah terkadang dimanfaatkan para penjual nakal untuk menipu mereka.

Baca Juga : 



Nah jika anda termasuk bagian dari mereka, sebaiknya anda perhatikan ulasan berikut agar dalam membeli laptop baru nanti tidak dibohongi. Ini tidak hanya berlaku saat membeli laptop baru saja tapi membeli laptop yang second/bekas, malah jika membeli laptop bekas anda lebih harus lebih ektra hati hati karena banyak barang rebuild yang diperkirakan hanya sampai masa garansi sudah rusak lagi.

Tips Membeli Laptop Baru Bagi Orang Awam Agar Tidak Tertipu


1. Beli Di Tempat Yang Sudah Terpercaya


Salah satu yang bisa menghilangkan rasa was was anda saat ingin membeli laptop datanglah langsung ketempat yang sudah terpercaya. Biasanya beberapa brand seperti Toshiba, Acer,Asus dan lain sebagainya akan membuka toko di mall yang memang ramai pengunjungnya.

Nah kami menyarankan untuk langsung membeli disana. Jika anda tidak memahami spesifikasi anda tinggal bertanya tentang laptop yang anda butuhkan, misalkan anda pelajar maka tanyakanlah kebutuhan anda maka para petugasnya akan merekomdasikan beberapa laptop yang bisa anda pilih, anda tinggal menyusaikan dengan bajet anda.

2. Ajak Teman Anda Yang Memahami Dunia laptop


Lebih amannya lagi jika anda sudah berniat ingin membeli laptop baru maka cari rekan atau teman anda yang bisa dipercaya yang memahami dunia laptop paling tidak teman anda sudah memahami spesifikasi tentang laptop. Nah berilah informasi kepada teman anda tentang laptop yang anda butuhkan dan anggaran anda.

3. Cek Harga Ditempat Lain


Jika anda ragu dengan masalah harga, tipsnya adalah anda bisa bertanya harga laptop yang anda inginkan ditempat lainnya, jika selisihnya tidak jauh berbeda jadi memang harganya kisarannya segitu. Yang perlu menjadi catatan masalah garansi, jangan tergiur dengan harga yang murah namun tidak memiliki garansi resmi. Lebih baik anda memilih harga yang agak lebih mahal dengan garansi resmi jadi jika terjadi apa apa dengan laptop yang baru anda beli maka anda bisa menunjukkan garansinya agar laptop anda diperbaiki dengan gratis.

4. Pastikan Semua Baik


Pada saat membeli sebaiknya anda meminta penjaga toko untuk mencoba laptop yang baru anda beli dan anda bisa melakukan pengecekan seperti keybord, touchpad pastikan semua bekerja dengan baik. Jika anda tidak bisa memastikan anda bisa meminta penjaga toko atau teman anda untuk mencobanya dan anda bisa mengajukan beberapa pertanyaan seperti oprtaing system apa yang digunakan, berapa kapasitas ramnya, apa prosesornya dan sebagainya. Jika semua sudah bekerja dengan normal anda bisa menjatuhkan pilihan.

5. Periksa Kelengkapan Laptop


Jika sudah positif untuk membeli maka sebelum meninggalkan lokasi anda membeli maka periksa terlebih dahulu kelengkapan seperti charger, baterai, CD Driver dan kartu garansi jangan sampai setelah anda sampai rumah kelengkapan yang tidak terbawa. Jika anda sudah yakin laptop yang anda beli sudah lengkap barulah anda bisa meninggalkan toko tersebut.

Pada intinya jika anda  ingin membeli perangkat laptop baru lakukan pemeriksaan terlebih dahulu jangan terburu buru. Ini penting untuk mencegah berbagai macam hal yang tidak kita inginkan jika anda sudah yakin akan semua kondisi laptop yang ingin anda beli baik dan bagus selanjutnya anda bisa melakukan transaksi.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar