Skip to main content

8 Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Amandel

Amandel adalah salah satu gangguan kesehatan pada bagian tenggorokan yang banyak orang mengalaminya. Radang amandel atau yang disebut dengan tonsilitas adalah peradangan pada kalenjar tonsil yang berada dikedua pangkal tenggorokan. Tonsilitas ini disebabkan ini oleh infeksi virus dan bakteri.

Kondisi seperti ini sering kali menghambat aktivitas kita sehari - hari. Bagaimana tidak? Radang amandel membuat penderitanya mengalami beberapa gangguan kesehatan, seperti nyeri ditenggorokan saat menelan sesuatu, nafas berbau, suara serak, sakit kepala, lemas dan gangguan pada lambung.

Tanpa disadari, salah satu penyebab atau bertambah parahnya amandel disebabkan karena pola makan yang tidak tepat dan tidak teratur. Untuk itu, sangat penting mengetahui makanan apa saja yang dapat menyebabkan amandel. Hal yang perlu kita ingat, jika semua gangguan kesehatan akan berakibat fatal walaupun kelihannya sepele, apa bila kita tidak segera melakukan suatu tindakan. Dengan anda mengabaikan penyakit amandel, bukan tidak mungkin penyakit ini akan menjadi gangguan kesehatan yang lebih serius lagi.

8 Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Amandel

Makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita amandel adalah makanan yang bertekstur keras dan bersifat asam. Sedangkan resep makanan sehat untuk penderita amandel disarankan untuk mengkonsumsi makanan asupan padat nutrisi yang mudah ditelan, guna untuk meredahkan infeksi dan mempercepat penyembuhan. Lalu makanan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita amande? Berikut beberapa makanan yang merupakan pantangan bagi penderita amandel.

Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Amandel


1. Makanan Pedas


Anjuran pertama bagi penderita amandel adalah tidak boleh mengkonsumsi makanan pedas. Makanan pedas akan memperparah bahkan samapai melukai amandel. Beberapa jenis makanan pedas, seperti saus, merica, cabai dan beberapa jenis sambal, sebaiknya jauhi dulu dan menahan hasrat untuk mengkonsumsinya. Memang sangat sulit untuk menghindari makanan pedas, apalagi kita hidup di indonesia, yang terkenal akan bumbu makanan yang bercita rasa pedas. Namun, hal tersebut harus kita lakukan, agar penyakit amandel tidak bertambah parah dabn lebih cepat dalam penyembuhannya.

Baca Juga : 7 Cara Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami Paling Ampuh


2. Hindari Konsumsi Durian


Tidak hanya makanan pedas saja yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita mandel, melainkan buah - buahan juga. Salah satu buah yang tidak boleh dimakan oleh penderita amandel adalah durian. Durian adalah buah yang mempunyai aroma tajam dan rasa yang lezat. Namun, bagi penderita amandel sebaiknya jangan dulu mengkonsusmi buah ini, karena dapat meninggalkan rasa sebab. Apalagi saat amandel mulai membengkak dan meradang. Sedangkan buah untuk mengecilkan amandel bahkan dapat menyembuhkan yaitu buah pisang. Selain teksturnya yang lembut, buah ini mengandung kandungan alami yang baik untuk penyembuhan amandel.

3. Hindari Minuman Keras


Hampir tidak ada manfaat yang dapat kita peroleh dari mengkonsumsi dari minuman keras, selain merugikan kesehatan tubuh. Minum keras juga dapat merusak jaringan pada amandel, karena amandel akan terinfeksi dan tidak dapat bekerja untuk menahan senyawa dan zat yang masuk ke dalam tubuh melalui meinuman tersebut. Mengkonsumsinya juga dapat menghilangkan kedasaran seseorang.


4. Makanan Yang Banyak Mengandung Micin


Makanan yang banyak mengandung micin harus juga dihindari oleh penderita amandel. Makanan tersebut biasanya terdapat pada cemilan pada anak atau beberapa jenis masakan. Dampak buruk lain dari makanan yang banyak mengandung micin adalah berpengaruh pada sistem pencernaan. Untuk itu, bagi penderita amandel sebaiknya tidak terlalu banyak mencampurkan micin pada masakan.

5. Mie Instan


Siapa sih yang tidak menyukai mie instan? Selain rasanya yang bervarian, cara memasaknya pun sangat instan sesui dengan namanya dan tidak perlu repot - repot untuk menunggu lama. Akan tetapi bagi penderita amandel jangan dulu mengkonsumsi mie instan. Karena kandungan perasa dan zat pengawet pada mie instan dapat memperparah amandel.

6. Minuman Dingin


Bagi penderita sebaiknya hindari dulu minuman atau makanan yang bersifat dingin. Misalnya. es krim, jus dll. Temperatur pada minuman dingin di bawah suhu tubuh manusia, sehingga kondisi ini dapat menyebabkan radang amandel semakin parah.

7. Makanan Bersifat Asam


Makanan atau buah yang mengandung asam tinggi merupakan jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita amandel. Kandungan asam pada makanan tersebut dapat menyebabkan gatal saat sakit tenggorokan. Dianatara makanan tersebut, seperti saus tomat, acar, buah kalengan, jeruk, lemon dan permen karet.

8. Makanan Bertekstur Keras


Makanan yang bertekstur keras akan rentan melukai amandel dan kerongkongan. Jika amandel mengalami luka, maka akan mengakibatkan nyeri dan bertambah parahnya terhadap penyakit tersebut. Oleh sebab itu, hindari dulu makanan yang bertekstur keras, seperti roti kering, kacang - kacangan dan gorengan yang terlalu garing. Dan berubahlah pada makanan bertekstur lembut, seperti bubur, pisang, kentang tunbuk dll.

Baca Juga : 10 Cara Menghilangkan Gatal di Tenggorokan Dengan Obat Tradisional

Lalu bolehkah penderita amandel minum susu? Hal tersebut sering dipertanyakan dikalangan masyarakat, mengingat susu menjadi sumber nutrisi. Untuk penderita amandel, tergantung produk susunya, karena ada produk susu yang memberikan efek baik dan juga efek buruk bagi penderita amandel. Jika mencari susu untuk penderita amandel, konsumsilah susu kambing etawa.

Selain beberapa gejala lainnya radang amandel juga dapat menghambat asupan makanan serta cairan yang akan masuk ke dalam tubuh. Karenanya jangan dulu mengkonsumsi makanan yang mempunyai efek buruk bagi amandel. Untuk kesembuhan tidak ada salahnya kan menghindari dulu beberapa makanan tersebut.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar