Skip to main content

Cara Mengatasi Keracunan Makanan Dengan Bahan Alami

Keracunan makanan adalah kondisi yang muncul akibat mengkonsumsi makanan yang telah terkontaminasi oleh organisme menular seperti, virus, bakteri, parasit dan zat beracun. Gejala keracunan makanan biasanya tidak langsung dirasakan setelah makan, namun setelah beberapa jam setelah mengkonsumsi makanan tersebut.



Karena kuman yang menjadi penyebab keracunan makanan butuh waktu yang cukup lama untuk berkembang biak dalam tubuh. Sehingga gejalanya tidak langsung muncul. Hal seperti ini membuat banyak orang tidak menyadari jika mereka telah sakit.

Keracunan makanan dapat terjadi pada siapa saja, baik itu pada bayi, pada anak bahkan pada orang dewasa. Keracunan makanan terhadap anak, umumnya disebabkan karena sering jajan sembarangan tanpa kontrol dari orang tua.

Makanan dan minuman yang pengolahan dan penyimpanan yang tidak higienis, sehingga dapat terkontaminasi oleh kuman, juga menjadi salah satu penyebab mengapa makanan dan minuman tersebut mengandung racun.

Adapun gejala akibat keracunan makanan diantaranya, diare, mual, muntah, demam, lemas dan nyeri pada perut. Jika kondisi tersebut tidak segera teratasi maka akan menimbulkan gejala yang lebih parah lagi, bahkan sampai merenggut jiwa.

Baca Juga : 5 Resep Minuman Alami Penghilang Racun Dalam Tubuh, Bisa Membersihkan Ginjal Juga

Penanganan terhadap korban keracunan makanan sangat penting untuk diketahui, karena hal tersebut akan meminimalkan kondisi korban tersebut, sampai akhirnya harus dibawah ke rumah sakit.

Cara mengatasi keracunan makanan salah satunya adalah dengan cara memberikan makanan yang mudah dicerna yang rendah akan kandungan lemak, rendah serat dan tanpa banyak tambahan bumbu, seperti bubur, pisang dll.

Cara Mengatasi Keracunan Makanan Dengan Bahan Alami

Dan berikut dibawah ini kami akan menjelaskan lebih lanjut langkah apa saja atau bagaiman cara mengatasi keracunan makanan yang cepat dan tepat.

1. Menunudukkan Kepala


Pertolongan pada pada keracunan makanan adalah dengan menunudukkan kepalanya. Cara tersebut dilakukan jika si penderita mengalami muntah. Hal ini bertujuan agar cairan muntah tidak masuk ke dalam saluran pernapasan.

2. Minum Banyak Air Putih


Dari papa harus sibuk mencari obat di apotik, lebih baik kenali dulu gejalanya. Jika penderita keracunan makanan mengalami muntah dan diare, yang harus anda lakukan adalah memberikan cairan yang cukup. Cairan tersebut bisa berupa air putih, air kelapa, oralit atau anda dapat mencampurkan air putih dengan gula 2 sendok setengah sendok teh garam dan teh bubuk, jika semuanya sudah larut anda dapat meminumnya.

3. Dengan Susu


Jika penderita keracunan makanan tidak mengalami diare, sebaiknya mengkonsumsi susu. Hal tersebut bertujuan mengikat racub dalam saluran pencernaan serta merangsang si penderita untuk muntah. Dengan muntah maka racun yang ada di dalam tubuh akan keluar. Untuk memilih jenis susu, anda dapat memilih susu beruang untuk masalah keracunan makanan.

4. Konsumsi Air Jahe


Seperti yang kita ketahui, jika jahe dapat memberikan sensasi hangat terhadap tubuh. Untuk mengatasi mual dan dan rasa tidak nyaman pada perut akibat keracunan makanan, cobalah minum air jahe hangat. Jahe memiliki efek menenangkan bagi saluran cerna.

5. Pisang


Pisang adalah salah satu buah yang bisa mengobati keracunan makanan. Pisang adalah buah yang mempunyai tekstur yang sangat lembut, sehingga dapat melancarkan sistem pencernaan dan mampu mengembalikan energi yang hilang. Selain itu, buah ini juga kaya akan kalium dan dapat meredahkan mual dan muntah.

6. Parutan Kulit Delima


Parutan kulit delima merupakan obat mujarab untuk keracunan makanan. Obat alami ini sangat ampuh mengatasi muntah yang diakibatkan oleh keracunan makanan.

7. Gula Cokelat


Selain muntah dan diare, gejala lain dari keracunan makanan adalah sakit perut dan tubuh menjadi lemah. Untuk mengatasi kondisi seperti ini, konsumsilah air dengan dicampur empat sendok teh gula cokelat.

8. Lemon


Lemon mengandung asam yang cukup tinggi. kandungan asam pada lemon menjadi obat efektif untuk mengatasi keracunan makanan. Untuk pengobatan, minumlah 3 - 4 gelas jus lemon dan tambahkan sedikit garam.

9. Yogurt


Selain susu, yogurt juga ampuh atasi keracunan makanan. Mikroorganisme yang terkandung dalam yogurt bisa membantu menyembuhkan sakit perut dan muntah yang disebabkan oleh keracunan makanan.

Baca Juga : 10 Penyakit Yang Dapat Disembuhkan Dengan Meminum Air Kelapa

10. Bawa Ke Rumah Sakit


Jika semua upaya atau pertolongan sudah dilakukan, namun tidak menunjukkan hasil. Sebaiknya bawa korban ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan yang intensif. Dengan demikian kita akan lebih mengetahui tingkat keparahan terhadap racun tersebut.

Selain beberapa cara diatas korban keracunan makanan juga harus perbanyak istirahat. Dengan istirahat yang cukup maka daya tahan tubuh akan bekerja dengan optimal. Kondisi tersebut sangat baik untuk melawan kuman yang menjadi penyebab keracunan. Istirahat juga dapat mengembalikan energi yang hilang yang diakibatkan oleh lemas dan muntah.

Demikianlah langkah yang harus anda lakukan jika ada keluarga atau teman yang keracunan makanan. Pertolongan pertama sangat penting untuk dilakukan, karena hal tersebut akan meringankan kondisi tubuh si korban. Dan semoga artikel ini memberikan manfaat untuk semua.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar