Skip to main content

Cara Menghubungkan Komputer Ke Internet Menggunakan Kabel Dan Tanpa Kabel


Menghubungkan komputer ke internet tergantung pada jenis akses internet yang kita gunakan. Namun sebagian besar pengguna rata rata menggunakan perangkat keras modem sebagai penghubung dari perusahaan yang menyediakan layanan jasa internet.

Memang modem adalah perangkat yang wajib karena modemlah yang mengubah signal analog menjadi signal digital. Modem ini akan dihubungkan model saluran telepon (DSL), Kabel Internet, Serat Optic atau antena nirkabel. Namun sarat mutlaknya adalah di komputer anda sudah terpasang adapter wifi dan lancard.

Nah dari modem inilah kita akan menggunakan perangkat media lainnnya untuk menghubungkan ke komputer. Ada 2 jenis perangkat yang bisa kita gunakan untuk menghubungkan internet  yaitu dengan menggunakan kabel dan tanpa kabel (Nirkabel). Saat penggunaan kedua perangkan ini lebih kepada lokasi tetap sedangkan untuk penggunaan  akses internet yang mudah dibawah kemana mana mengunakan jaringan seluler.

Cara Menghubungkan Komputer Ke Internet Menggunakan Kabel Dan Tanpa Kabel

Handphone saat ini sudah sudah bisa digunakan sebagai internet broadbrand dengan koneksi yang canggih yaitu dengan teathering hotspot atau dengan hanya menggunakan kabel data saja.
Nah untuk lebih jelasnya kami akan menjelaskan tentang cara menghubungkan komputer ke internet dengan semua media yang ada.


Menghubungkan Komputer Ke Internet Menggunakan Kabel


Menggunakan  Kabel LAN


Kabel LAN merupakan salah satu perangkat yang digunakan untuk menghubungkan computer ke jaringan, ada banyak jenis model kabel LAN namun yang digunakan adalah yang jenis UTP. Setelah anda melakukan setting di modem maka tinggal anda colokkan kabel LAN ke Port yang ada di belakang komputer atau bagian samping pada laptop.

Menggunkan Kabel USB


Kabel USB saat ini sudah banyak digunakan sebagai pengganti LAN terutama pada perangkat broadband dan HP yang dikenal dengan USB Tethering. Bisa saja semua modem akan mendukung teknologi penggunaan USB ini. Untuk menghungkan dengan komputer tinggal anda setting broadband/atau handphone anda untuk bisa teathering menggunakan USB ini. Jika perangkat anda sudah memiliki akses internet maka komputer anda juga akan terhubungke internet. Cara settingnyapun tidak serumit penggunaan kabel LAN.

Menghubungkan Komputer Ke Internet Menggunakan Tanpa Kabel
 

Wifi


Wifi merupakan satu satunya perangkat nirkabel yang bisa menghubungkan komputer ke internet. Hampir semua perangkat sudah dilengkapi dengan perangkat ini. Memindah datapun sudah banyak yang memanfaatkan wifi dan kecepatan transferpun berlipat lipat disbanding dengan perangkat nirkabel lainnya yang sudah memanfaatkan teknlogi ini adalah ShareIt.


Cara menghubungkan komputer dengan wifi adalah dengan melakukan setting pada modem/wireless routher terlebih dahulu, setelah melakukan penyettingan selanjutnya tinggal anda aktifkan wifi di komputer atau laptop anda dan pilihlah lalu klik connect




Semua cara diatas sudah support dengan semua versi windows baik itu windows 7,8 maupun 10. Caranyapun tidak ada yang berbeda. Jika komputer anda belum terhubung ke internet mungkin terjadi kesalahan dalam melakukan konfigurasi biasanya ditandai dengan  pentung kuning atau tidak ada koneksi sama sekali masalah ini disebakan karena kesalahan dalam mengkonfigurasi.

Jika anda benar benar tidak memahami ini anda bisa bantuan dengan menghubungi penyedia layanan internet yang anda gunakan. Untuk langganan pertama kali biasanya pihak penyedia akan melakukan settingan awal nah pada saat itu anda bisa bertanya bagaimana mengatasi masalah masalah kecil yang terjadi.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar