Skip to main content

Doa Masuk Dan Keluar WC Beserta Latin Dan Artinya

Rasulullah SAW ketika keluar dan masuk WC selalu membaca doa dan beliaupun menganjurkan kepada umatnya, mengapa kita dianjurkan berdoa? dalam sebuah hadist yang di riwayatkan oleh Ibnu Majah menjelaskan bahwa tempat membuang air merupakan salah satu tempat yang dihuni oleh setan, walaupun mereka  tidak terlihat oleh kita namun kita harus tetap memohon perlindungan kepada Allah dari kejahatan yang akan dilakukan mereka.

إِنَّ هَذِهِ الْحُشُوشَ مُحْتَضَرَةٌ فَإِذَا دَخَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَقُلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ

Artinya : Sesungguhnya tempat buang air (WC/Kamar mandi) ini dikerumuni  setan. Oleh karena itu, ketika kalian hendak memasukinya, maka bacalah, Allahumma inni a-udzu bika minal khubutsi wal khabaits. (HR. Ibn Majah 312).

Allah menempatkan jin dan setan di WC/kamar mandi karena permintaan mereka yang ingin memiliki tempat seperti Nabi Adam AS. Akhirnya Allah memberikan tempat tinggal mereka kamar mandi/WC Sebagaimana yang termaktub dalam hadist :

‘‘Ya Allah, Adam dan keturunannya Engkau beri tempat tinggal di bumi, maka berilah pula aku tempat tinggal,’’ kata iblis.

Allah SWT berfirman; ‘‘Tempat tinggalmu adalah WC (kamar mandi atau jamban),’’ (HR. Bukhari).

Doa Masuk Dan Keluar WC Beserta Latin Dan Artinya

Oleh karena itu dianjurkan agar tidak berlama lama WC, jika selesai buang hajat maka segeralah beranjak dan keluar. Beberapa adab lainnya yang dianjurkan untuk memasuki tempat membuang kotoran ini adalah :

1. Dahulukan kaki kiri saat akan memasukinya dan sebaliknya gunakan kaki kanan ketika akan keluar.
2. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihannya walaupun wc merupakan tempat membuang hajat karena setan sangat menyukai tempat yang kotor dan kumuh.
3. Tidak berbicara dan bernyanyi saat tengah membuang hajat.
4. Dilarang membawa mushaf atau mengaji.
5. Tidak menghadap atau membelakangi kiblat
6. Gunakan kamar mandi/WC yang tertutup akar tidak menampakkan aurat
7. Mengucap salam atau menjawab salam

Mengenai tentang aturannya, jika kita akan buang hajar di tempat buang air yang tertutup maka membaca doanya dilakukan saat akan memasuki kamar mandi tersebut, sedangkan jika kita akan membuang hajat di tempat yang terbuka seperti sungai maka membaca doanya dilakukan saat membuang hajatnya.

Baca Juga : Doa Masuk Rumah Dan Keluar Rumah Lengkap Sesuai Sunnah

Doa Masuk WC / Kamar Mandi


Nah beriku ini adalah doa berdasarkan sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah ketika akan memasuki WC atau kamar mandi yang kami buat dalam bentur gambar png, gambar ini bisa anda dowload dan di cetak agar nantinya bisa anda tempel di depan kamar pandi anda setiap anda akan buang hajat gambar tersebut akan mengingatkan anda untuk membaca doa. Doa dalam gambar ini lengkap dari mulai arab latin dan artinya.

Doa Masuk WC


Doa Keluar WC / Kamar Mandi



Baca Juga : Doa Masuk Dan Keluar Masjid Sesuai Sunnah

Bagaimana Jika Lupa Membacanya ?


Mungkin diantara anda yang lupa membaca doa saat akan memasukinya lantara karena lupa atau karena keburu buru memasukinya maka disunnahkan untuk membaca dalam hati karena tidak boleh melafadzkan dzikir maupun doa saat anda sedang berada tengah membuang hajat.

Ajarkanlah doa doa yang demikian ini kepada anak anak anda, biasakan mereka membacanya karena jika ini sudah menjadi kebiasaan sejak kecil maka nanti hingga besarpun dia akan terbiasa membacanya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar