Skip to main content

Ketahui Khasiat Teh Hitam untuk Kesehatan

Teh dikenal sebagai minuman yang mampu memberikan efek relaksasi. Teh juga memiliki berbagai khasiat dan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Ada berbagai jenis teh yang dijadikan sebagai minuman kesehatan salah satunya adalah teh hitam. Mungkin sebagian orang lebih familiar dengan khasiat teh hijau. Akan tetapi khasiat teh hitam pun tidak boleh diremehkan.

Ketahui Khasiat Teh Hitam untuk Kesehatan

Teh hitam pada dasarnya adalah jenis teh yang mudah ditemui di Indonesia. Teh ini merupakan produk dari tanaman Camelia sinesis. Selain daunnya yang dimanfaatkan untuk membuat teh, daun tua dan batangnya bisa digunakan untuk membuat obat. Dibandingkan dengan teh lainnya, teh hitam memiliki kandungan kafein yang rendah sehingga aman bagi orang-orang yang memiliki masalah lambung.

Selain baik untuk lambung, teh hitam juga memiliki berbagai khasiat lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Adapun beberapa khasiat teh hitam yang perlu diketahui di antaranya adalah sebagai berikut.

Meningkatkan Kewaspadaan


Biasanya, kopi dijadikan sebagai minuman untuk menangkal kantuk dan untuk menjaga kewaspadaan. Sayangnya, kopi mengandung kafein yang cukup tinggi dan tidak ramah kepada orang-orang yang memiliki riwayat penyakit lambung. Sebagai solusinya, teh hitam bisa dijadikan sebagai minuman alternatif. Teh hitam mengandung zat teofilin yang mampu merangsang kerja otak dan meningkatkan denyut jantung. Dengan keadaan seperti ini maka kewaspadaan akan tetap terjaga.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh


Khasiat teh hitam yang bagus untuk kesehatan tubuh selanjutnya adalah meningkatkan sistem imunitas. Minuman teh hitam mengandung antigen alkylamines yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu teh ini juga mengandung senyawa yang bernama tannin yang mampu mencegah berbagai penyakit ringan yang disebabkan oleh virus.

Menjaga Kesehatan Mulut


Bau mulut sering menjadi kendala ketika berinteraksi dengan orang lain. Untuk mengatasi masalah bau ini bisa dengan mengkonsumsi teh hitam. Teh hitam mampu menjaga kesegaran dalam mulut karena mengandung antioksidan yang mampu membunuh bakteri. Selain itu, dengan mengkonsumsi teh hitam juga bisa membantu mencegah timbulnya plak dan gigi berlubang.

Mengurangi Potensi Terkena Penyakit Jantung


Bagi sebagian besar orang, terutama yang berusia lanjut, kesehatan jantung menjadi perhatian. Untuk menjaga kesehatannya bisa dengan mengkonsumsi teh hitam. Senyawa flavonoid yang terkandung dalam teh ini mampu mencegah penyumbatan pada pembuluh darah. Khasiat teh hitam ini terbukti mampu mengurangi resiko terkena penyakit jantung hingga dua puluh persen bahkan penyakit struk yang sama-sama ditimbulkan akibat penyumpatan pembuluh darah.

Mencegah Penyakit Kanker


Penyakit kanker merupakan jenis penyakit yang ganas apabila tidak ditangani dengan tepat. Sebelum munculnya penyakit ini ada baiknya untuk melakukan pencegahan. Teh hitam yang mengandung polifenol catechin bisa membantu pencegahan penyakit ini. Salah satu jenis penyakit kanker yang bisa dicegah dengan meminum teh hitam ini adalah kanker ovarium yang biasa menyerang kaum hawa.

Menurunkan Resiko Diabetes


Diabetes dikenal sebagai penyakit yang bisa diturunkan. Bagi yang memiliki keluarga dengan riwayat diabetes biasanya akan lebih berhati-hati dalam memilih makanan dan minuman. Untuk membantu menurunkan resiko terkena diabetes bisa dengan meminum teh hitam. Tentu saja, teh hitam yang diseduh ada baiknya tidak menggunakan pemanis, terutama gula.

Itulah beberapa khasiat teh hitam yang bermanfaat bagi kesehatan. Semua khasiat yang terkandung di dalamnya akan bekerja lebih efektif jika dibarengi dengan gaya hidup yang sehat. Seimbangi konnsumsi makanan dan minuman sehat dengan melakukan olahraga rutin.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar