Skip to main content

Kewajiban Istri Terhadap Suami Menurut Agama Islam

Setiap manusia memiki kewajiban yang harus dipertanggung jawabkan dipengadilan Allah kelak termasuk seorang istri yang bertanggung jawab terhadap kehidupan keluarga suami dan anak nakanya. Istri memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan berkelurga, dalam pepatah mengatakan suksesnya suami ada istri yang hebat dibelakangnya dan hancurnya suami juga ada seorang istri yang tidak baik dibelakangnya.

Islam telah mengatur kehidupan manusia sedemikian rupa termasuk dalam kehidupan berumah tangga. Rasulullah SAW telah banyak mengajarkan tentang tatanan dalam kehidupan berumah tangga yang baik yang perlu dicontoh oleh umat umatnya. Suami dan istri sama sama memiliki kewajiban yang harus sama sama dijalankan agar keluarganya menjadi keluarga yang penuh kasih sayang, kedamaian dan harmonis. Keduanya harus sama sadar untuk melaksanakan kewajibannya masing masing.

Kewajiban Istri Terhadap Suami Menurut Agama Islam


Banyak wanita yang mengaku memperjuangkan hak hak wanita mengatakan bahwa ajaran Islam sangat merendahkan wanita. Ketahuilah bahwa ajaran Islam bukan merendahkan malah justru mengagungkan seorang wanita. Islam mengajarkan untuk selalu taat kepada suami agar istri itu mengetahui hakikat keindahan bagaimana melayani suami yang menjadi pemimpinnya yang memberi nafkah kepadanya.

Kewajiban Istri Terhadap Suami Menurut Agama Islam


1. Taat kepada suami 


Taat kepada suami merupakan kewajiban yang utama sebagai seorang istri, dan ketaatan seorang istri kepada suami merupakan modal keharmonisan dalam kehidupan berkeluarga. Apapun perintahnya selagi tidak bertentangan dengan perintah Allah maka wajib ditaati.

Apalagi jika perintah suami tersebut selaras dengan perintah yang disyariatkan oleh Allah seperti diperintah shalat tepat waktu dan sebagainya maka harus lebih diaati. Tinggalkan semua kesibukan yang ada selain mendapatkan pahala shalat di awal waktu maka juga mendapatkan pahala mentaati suami.

Bayangkan bagaimana jika istri sudah tidak taat kepada suami maka biduk rumah tangga akan retak bahkan hancur. Suami akan merasa tidak nyaman berada dirumahnya, yang seharusnya rumah menjadi penyejuk baginya justru terasa sesak lantaran karena istri selalu melawan kepada suaminya.

Dalam sabdanya Rasulullah SAW bersabda jika seorang istri sudah melaksanakan ibadah shalatnya dengan baik, puasanya juga demikian dan dia taat kepada suaminya maka diakhirat kelak akan di suruh masuk dari pintu mana saja.

إِذَا صَلَّتِ الْمَرْأَةُ خَمْسَهَا وَصَامَتْ شَهْرَهَا وَحَفِظَتْ فَرْجَهَا وَأَطَاعَتْ زَوْجَهَا قِيلَ لَهَا ادْخُلِى الْجَنَّةَ مِنْ أَىِّ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ شِئْتِ

Artinya : “Apabila seorang wanita selalu menjaga shalat lima waktu, juga berpuasa sebulan (di bulan Ramadhan), kemudian benar menjaga kemaluannya (dari perbuatan zina) dan benar-benar taat pada suaminya, maka dikatakan pada wanita yang memiliki sifat mulia ini, “Masuklah dalam surga melalui pintu mana saja yang engkau suka.” (HR. Ahmad 1: 191 dan Ibnu Hibban 9: 471. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Baca Juga :



2. Menjaga Kehormatan Dirinya


Termasuk menjaga kehormatan dirinya adalah dengan tidak melakukan yang bisa membuat namanya tercoreng atau nama keluarga dirinya dan keluarga besarnya tercoreng termasuk menjaga kemaluannya selain kehormatan dirinya juga wajib menjaga kehormatan suaminya dan anak anaknya. Wanita yang selalu menjaga kehormatan dirinya dan keluarganya merupakan ciri ciri wanita shalehan sebagaimana yang termaktub dalam firman Allah dalam Al-Qur'an

فَالصَّالِحَاتُ قَانِتَاتٌ حَافِظَاتٌ لِلْغَيْبِ بِمَا حَفِظ اللَّهُ
Artinya : “ Maka wanita yang shalih ialah yang taat kepada Allâh, lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allâh telah memelihara mereka…”.
(Surah An-Nisâ’ (4):34).

3. Menjaga Perasaan Suaminya


Kewajiban seorang istri tidak hanya mentaati suaminya saja namun juga menjaga perasaanya. Harus menjaga tingkah dan perkataannya agar tidak menyinggung perasaannya. Justru kita harus selalu menyenangkan hatinya, menjadi penyejuk hatinya. Dalam sabdanya Rasulullah SAW mengatakan bahwasanya ciri ciri wanita yang terbaik adalah mereka yang selalu menyenangkan suami saat dipandang olehnya. Lakukanlah apa apa yang disukainya dan tinggalkanlah apa apa yang tidak disukai oleh suaminya walaupun anda menyukainya.

Wahai para istri lakukanlah tanggung jawab diatas dengan penuh keikhlasan karena jika anda melakukannya maka surga akan menanti anda. Dan ingatlah syetan akan selalu berusaha untuk memalingkan anda dari tanggung jawab anda sebagai seorang istri. hadistnya teknologi banyak membuat istri terlena sehingga melupakan kewajibannya sebagai seorang istri. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk mengingatkan kembali akan tugas tugas dan tanggung jawab yang mulia ini.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar