Skip to main content

Makanan Dan Minuman Untuk Kesehatan Hati (Liver) Yang Murah Dan Mudah Didapat

Hati merupakan salah satu organ tubuh pada manusia yang mempunyai peran penting untuk menyerap nutrisi. Tidak hanya itu saja, organ hati juga sangat berperan sebagai pemecah karbohidrat, membuat glukosa, memproduksi protein, menyimpan vitamin, menetralisir racun, serta berperan penting dalam produksi empedu sekaligus membantu pencernan lemak. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan organ hati, agar tetap bekerja dengan maksimal.

Racun dalam tubuh berasal dari pola makan yang tidak sehat, kebiasaan gaya hidup dan polutan dari lingkungan. Jika kesehatan hati tidak dijaga dengan baik, maka akan mengalami disfungsi hati, yang mengakibatkan penyakit hati, gangguan metabolisme dan diabetes tipe 2.

Mengingat makanan yang kita konsumsi sangat penting untuk menjaga kesehatan hati, maka mulailah untuk lebih menjaga pola makan, agar hati tetap terjaga kesehatannya. Selain itu, kita harus mulai berhenti dan menjauhi rokok, tidak mengkonsumsi alkohol dan jangan terlalu banyak mengkonsumsi obat - obatan.

Makanan Dan Minuman Untuk Kesehatan Hati (Liver) Yang Murah Dan Mudah Diidapat


Makanan dan minuman untuk kesehatan hati (liver) yang murah dan juga mudah didapatkan adalah makanan yang berasal dari buah dan sayur. Meski tidak semua dari buah dan sayur baik untuk kesehatan hati, namun ada beberapa jenis buah, seperti buah naga, alpukat, anggur dan lemon yang baik untuk menjaga kesehatan organ hati. Berikut ini merupakan kumpulan makanan yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan hati.

Makanan Dan Minuman Untuk Kesehatan Hati (Liver) Yang Murah Dan Mudah Diidapat


1. Alpukat


Alpukat adalah buah yang dapat membantu tubuh dalam memproduksi sejenis antioksidan. Proses ini sangat diperlukan bagi organ hati untuk menyaring bahan berbahaya. Karenanya, buah ini sering disebut sebagai buah penyembuh  liver. Untuk mengkonsumsi alpukat, anda dapat mengkonsumsinya langsung, atau mengolahnya menjadi jus buah.

2. Sayuran Cruciferous



Sayuran cruciferous terdiri dari, brokoli, kubis brussel, kembang kol, bok choy, kubis dan beberapa sayuran berdaun hijau. Sayuran cruciferous kaya akan kandungan vitamin, nutrisi dan serat. Beberapa kandungan tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan organ hati.

3. Kunyit


Khasiat kunyit untuk menjaga kesehatan tubuh manusia memang sudah tidak diragukan lagi. kunyit merupakan bahan alami sebagai pembersih atau mengeluarkan racun dalam tubuh. Tidak hanya itu saja, kunyit juga berfungsi meregenerasi sel hati yang rusak, menjaga kesehatan kantong empedu serta meningkatkan produksi empedu.

4. Bawang Putih


Bagi penderita liver sebaiknya lebih ditingkatkan lagi dalam mengkonsumsi bawang putih. Pasalnya, rempah yang mempunyai aroma menyengat ini memiliki senyawa yang mengandung sulfur yang dapat mengaktifkan enzim liver, yang mana kondisi tersebut dapat mengeluarkan toksin dalam tubuh. Kandungan alisin dan selenium pada bawang putih juga dapat melindungi hati dari kerusakan yang disebabkan oleh toksin.

Baca Juga :



5. Anggur


Selain alpukat, anggur juga merupakan buah yang baik untuk menjaga kesehatan organ hati. Mengkonsumsi anggur terbukti dapat membantu mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan hati. Nah, jika anda mencari minuman yang baik untuk hati, sebaiknya konsumsilah jus anggur, selain sehat juga sangat menyehatkan.

6. Teh Hijau


Selain untuk diet sehat, teh hijau juga berfungsi meningkatkan fungsi liver dan membantu penyimpanan lemak pada liver. Teh hijau mengandung katekin yang cukup tinggi. Katekin sejenis antioksidan tanaman yang sangat baik untuk menjaga kesehatan organ hati.

7. Kacang Kenari


Kacang kenari merupakan jenis kacang yang tinggi akan kandungan asam lemak omega - 3 dan glutathione. Selain itu, kacang kenari juga memiliki sejumlah besar arginine dan asam amino. Beberapa kandungan tersebut berfungsi untuk mendetoksifikasi hati.

8. Lemon


Penyebab lain dari rusaknya organ hati disebabkan oleh polusi yang kita hirup setiap hari. Nah, untuk membersihkan organ hati dari polusi, disarankan untuk mengkonsumsi perasan lemon. Lemon kaya akan kandungan vitamin C, sehingga tidak hanya berfungsi mendorong toksi keluar, namun juga berfungsi untuk merangsang produksi empedu serta mencegah akan penumpukan batu empedu.


9. Buah Beet


Buah beet merupakan buah yang mempunyai warna yang sangat mencolok, sehingga buah ini sering dijadikan sebagai pewarna alami untuk makanan. Buah beet juga mengnadung berbagai nutrisi yang tidak kalah dengan kandungan buah lainnya. kandungan nutrisi pada buah beet berfungsi untuk detoksifikasi organ dalam tubuh, seperti hati, ginjal dan sistem pencernaan.

10. Air putih


Kadar air dalam tubuh manusia adalah kadar air dalam sirkulasi, artinya tersimpan di sel tubuh. Jika tubuh anda tidak memiliki cairan yang cukup, maka kesehatan hati akan terganggu. Oleh sebab itu, konsumsilah air pada jumalah yang ideal yakni 2 liter atau setara 8 gelas setiap hari. Racun akan keluar dari tubuh melalui air seni dan keringat.

Agar hati tidak mengalami kerusakan pada hati dan terus bekerja secara maksimal, selain mengkonsumsi makanan seperti yang telah kami sebutkan di atas, anda juga harus menjauhi makanan yang buruk untuk kesehatan organ hati. Dengan anda selalu menjaga pola makan dan merubah gaya hidup lebih sehat, maka kesehatan tubuh akan tetap terjaga.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar