Skip to main content

Obat Alami Untuk Puting Yang Luka Karena Menyusui

Puting lecet dan gatal saat menyusui merupakan salah satu masalah yang paling umum yang sering terjadi pada ibu yang sedang menyusui. Selain menyebabkan rasa sakit pada buda yang menyusui, puting luka juga dapat menyebabkan bercampurnya ASI dengan darah karena luka tersebut. Akibatnya bayi minum darah saat menyusui.

Obat Alami Untuk Puting Yang Luka Karena Menyusui

meski puting lecet dapat sembuh dengan sendirinya setelah beberapa hari, namun ada juga yang mengalami kondisi ini sampai bermingu - mingu bahkan sampai satu bulan. Kondisi puting lecet biasanya terjadi pada minggu pertama setelah melahirkan atau di awal menyusui.

Penyebab paling umum mengapa puting lecet adalah posisi perlekatan saat menyusui yang tidak tepat. Jika bayi tidak dapat memasukkan bagian areola puting susu secara penuh ke dalam mulut bayi ketika menyusui, puting ibu akan terjepit antara lidah dan langit - langit bayi. Hal tersebut yang akan mengakibatkan puting lecet. Selain itu, puting luka juga dapat disebabkan akibat gigitan bayi dan infeksi jamur. Puting yang lecet tidak hanya membuat si bunda kesakitan, namun juga berdampak buruk terhadap kesehatan si kecil. oleh sebab itu, kondisi seperti ini harus mendapatkan penanganan tepat dan cepat.

Obat alami untuk puting yang luka karena menyusui dapat memudahkan anda untuk mempercepat penyembuhannya. Karena dengan demikian, anda tidak perlu lagi mencari obat atau salep di apotek. Lantas bahan alami apa saja yang dapat kita gunakan untuk mengobati puting yang luka? Berikut 8 bahan alami yang wajib anda katahui.

Obat Alami Untuk Puting Yang Luka Karena Menyusui


1. Daun Kemangi


Luka atau lecet pada puting pada saat menyusui merupakan hal sangat menyakitkan untuk si ibu, apalagi jika puting luka mengalami bolong, tentu tidak bisa dibayangkan betapa perihnya. Untuk mengobati luka tersebut, anda dapat memanfaatkan daun kemangi. Daun kemangi tidak hanya dapat mengurangi bau badan dan bahan lalapan saja, akan tetapi kandungan alami dalam daun ini juga memiliki manfaat untuk menyembuhkan luka.

Caranya, siapkan daun kemangi yang sudah dibersihkan, setelah itu campurkan sedikt minyak goreng pada daun tersebut dan gosokkan pada puting yang luka secara rutin.

Baca Juga : Kenali, Ini Ciri - Ciri Bayi Yang Tidak Cocok Dengan Susu Formula

2. ASI


Asi memiliki sifat anti bakteri yang cukup besar, sehingga dapat mengobati puting luka dengan cara membasuhkannya terhadap puting susu. Setelah puting di basuh dengan ASI, pastikan dalam keadaan terbuka dan mendapatkan udara segar.

3. Kantong Teh


Kantong teh chamomile mengandung anti mikroba dan anti inflamasi. Kedua kandungan tersebut sangat ampuh untuk mengobati puting luka akibat gigitan bayi atau karena infeksi jamur.
Caranya, ambil bekas kantong teh chamomile yang sudah dicelupakan, lalu tempelkan pada puting yang luka selama beberapa menit, kemudian cuci bersih peting dengan air hangat. Untuk hasil yang maksimal gunakan kantong teh yang masih dalam keadaan hangat.

4. Madu


Manfaat madu untuk kesehatan, memang sudah tidak diragukan lagi. Selain untuk kesehatan kulit dan beberapa penyakit lainnya, madu juga memiliki manfaat untuk mengobati puting luka. Oleskan madu alami pada puting yang lecet secara rutin, dan bersihkan terlebih dahulu sebeblum menyusui. Madu juga dapat anda gunakan sebagai cara menghilangkan rasa nyeri setelah menyusui.

5. Minyak Kelapa


Selain digunakan sebagai bahan memasak, minyak kelapa juga dapat melelmbabkan rambut dan mengobati puting yang luka atau lecet. Cara pengobatannya pun sangat mudah, cukup anda oleskan minyak kelapa pada puting yang luka secara rutin.


6. Lidah Buaya


Mungkin selama ini kita hanya mengenal lidah huaya sebagai bahan alami yang berkhasiat untuk menyuburkan rambut dan alis saja. Namun manfaat lain dari lidah buaya adalah dapat menyembuhkan luka pada puting susu. Dengan anda mengoleskan puting susu dengan daging lidah buaya secara rutin, maka luka akan menghilang dan sembuh total.

7. Handuk Hangat


Untuk menyembuhkan puting susu luka membutuhkan sensasi hangat untuk ditempelkannya. Rasa hangat tersebut akan mengurangi rasa sakit sekaligus dapat mengobati puting yang luka.
Caranya, sediakan handuk lembut dan bersih, lalu celupkan pada air hangat, kemudian tempelkan handuk tersebut pada puting yang lecet.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Kerak Pada Kepala Bayi Baru Lahir Hanya Dalam Waktu Semalam

8. Es Batu


Tidak hanya sensasi hangat saja yang dapat mengobati rasa sakit pada puting, namun sensasi dingin yang hasilkan oleh es batu ternyata juga ampuh menyembuhkan luka pada puting.
Carnya, letakkan es batu disekitar puting susu atau menaruhnya di kantong terlebih dahulu. Dengan rutin menggunakan perwatan menggunakan es batu maka rasa nyeri akan hilang dan luka segera sembuh.

Menggunakan bahan alami untuk menyembuhkan puting luka sering menjadi pilihan bagi ibu yang menyusui dari pada menggunakan salep lanolin yang sudah tersedia di apotik. Bayi lecet juga disebabkan oleh infeksi jamur. Yang mana jamur tersebut akan menempel pada puting dan akan timbul gejala seperti, puting lecet, gatal, kemerahan dll, Untuk itu sangat penting menjaga kebersihan , agar hal - hal yang tidak diinginkan tidak terjadi.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar