Skip to main content

Pengertian Word Processing Lengkap Beserta Contohnya

Adapun yang dimaksud dengan word processing adalah proses membuat atau mengedit dokumen dengan menggunakan aplikasi pengelolah kata. Ada banyak yang bisa dilakukan dalam word processing ini dari mulai membuat, mengedit, memodifikasi, sampai nantinya dokumen itu tercetak pada kertas atau menyimpannya dalam bentuk file.

Pengertian Word Processing Lengkap Beserta Contohnya

Sedangkan fungsi dari mengelolah kata dala sehari hari adalah kita bisa mengelolah berbagai dokumen dalam sehari hari seperti membuat surat, artikel, laporan, karya tulis, dan masih banyak yang lainnya. Aplikasi yang digunakan memang dirancang khusus hanya untuk melakukan berbagai proses mengelolah dokumen yang disebut dengan Word Processor (Aplikasi Pengelolah kata).

Sedangkan cara kerja dari word processor ini adalah menungakan atau memproses semua yang kita inputkan atau kita intruksikan melalui alat alat input pada komputer seperti keybord, mouse dan sebagainya. Dulu hampir semua dokumen di tulis dengan menggunakan tangan atau mesin ketik. Dengan hadirnya komputer maka semua jenis dokumen semua diselesaikan menggunakan komputer.

Contoh Aplikasi Pengelolah Kata


Saat ini banyak sekali banyak sekali aplikasi/software pengelola kata yang beredar dari mulai yang berbayar hingga yang gratis. Berikut daftarnya :

1. Microsoft Office


Microsoft Office merupakan word processing yang paling banyak digunakan saat ini. Walaupun aplikasi berbayar namun kemudahan dan kelengkapan fiturnya membuat pengguna komputer enggan beralih kepada aplikasi sejenis yang gratis. Aplikasi ini di ciptakan Bill Gates pendiri Microsoft yang merupakan perusahaan raksasa teknologi dunia.

Baca Juga : 5 Cara Mengubah Ukuran (Rezise) File PDF Sesuai Dengan Keinginan

2. Open Office


Aplikasi pengelolah kata lain yang tidak kalah populer adalah Open Office, aplikasi ini banyak digunakan di negara negara dengan penghargaan hak cipta yang tinggi sehingga bagi mereka yang tidak mampu membeli lisensi dari MS Office mereka banyak menggunakan Open Office. Secara fiturpun tidak kalah lengkapnya dengan yang berbayar.

3. TextMaker From FreeOffice


Jika anda menginginkan aplikasi lainnya yang gratis anda bisa mencoba TextMaker From FreeOffice. Walaupun gratis namun fiturnya tidak kalah hebat, untuk menyimpannyapun sudah support dengan berbagai file dokumen seperti DOCX, DOTX, HTML, dan TXT, serta format file khusus untuk program ini (mis., TMDX dan TMD). Aplikasi ini juga telah support dengan berbagai platform operating system termasuk windows.

Baca Juga : Cara Menghapus Halaman Kosong Di Microsoft Word Dengan Mudah

4. WPS Office Writer


Sebelumnya aplikasi ini disebut dengan King Office, dan juga termasuk salah satu word processor yang populer. Tampilannya mudah, clean dengan menu yang tesususun rapi dan tidak berantakan. Mampu mendeteksi kesalahan pengetikan dan masih banyak faslitas mewah lainnya. Support berbagai platform windows dan linux.

5. Able Word


AbleWord mampu membuka dokumen dengan cepat, memiliki desain atau tampilan antar muka yang sederhana, mendukung berbagai pengelolahan serta bisa penyimpanan hasil pengelolahan dokumen dengan berbagai jenis file yang populer termasuk ke dalam format PDF secara langsung. Aplikasi inipun sangat ringan digunakan cocok dengan spesifikasi laptop yang minim.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar