Skip to main content

10 Cara Mengatasi Ngantuk Di Pagi Hari Saat Bekerja

Jadwal yang padat akibat tuntutan pekerjaan, menyebabkan seseorang tidak tercukupi kebutuhan tidur malamnya. Akibatnya orang tersebut merasakan ngantuk pada pagi hari dan menurunkan produktivitas. Terlebih saat orang tersebut sedang menjalankan puasa atau dalam kondisi hamil.

Ngantuk memang bagian dari sifat manusia, dan hal itu merupakan sesuatu yang sangat wajar. Tetapi rasa ngantuk juga pada waktu yang wajar, misalkan di malam hari atau di siang hari saat tubuh merasakan letih sesudah melakukan aktivitas. Namun rasa ngantuk di pagi hari tidaklah wajar, dan itu dapat mengganggu rutunitas kita. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi penyebabnya sekaligus solusinya.

Cara Mengatasi Ngantuk Di Pagi Hari Saat Bekerja


Penyebab Ngantuk Saat Bekerja Di Pagi Hari


Ngantuk di pagi hari dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya

1. Tidak Cukup Atau Terlalu Banyak Tidur


Ketika anda bangun tidur dan tubuh terasa lelah ini mengindikasikan kalau anda kurang istirahat. Kekurangan istirahat sama buruknya dengan mengkonsumsi makanan yang tidak baik karena akan mempengaruhi kesehatan, mental dan membuat anda tidak bersemangat dalam bekerja. Lelah saat bangun tidur juga bisa diakibatkan oleh kebanyakan tidur. Untuk standar kebutuhan tubuh untuk tidur adalah 8 jam sehari dan yang terbaik dilakukan di malam hari.

2. Kelebihan Karbohidrat dan Gula


Kadar karbohidrat dan gula yang berlebih juga akan membuat anda sering ngantuk di pagi hari karena akan membuat tubuh menjadi lemas, dan lebih parahnya orang yang memiliki kadar karbohidrat dan gula yang berlebih akan terjangkit diabetes. Cobalah untuk menguranginya dengan mengkonsumsi sayur dan buah buahan.

3. Kurangnya Aktifitas Fisik


Kurangnya orang raga atau aktiftas fisik lainnya bisa meyebabkan tubuh kurang bergairah di pagi hari disebabkan kurangnya asupan oksigen ke otak. Olah raga juga akan menjadikan jantung anda akan lebih sehat karena aliran darah dalam tubuh akan lebih lancar, cobalah dengan rutin berolah raga di pagi hari maka hari harimu akan lebih bersemangat.

Itulah beberapa penyebabnya yang paling utama menjadi penyebab orang ngantuk di pagi hari, namun beberapa penyab lain juga bisa menjadi penyebab kurangnya bergairah saat bekerja karena rasa ngantuk dinataranya setress, kurang asupan air, kebiasaan yang makanan yang buruk dan sebagainya.

Cara Mengatasi Ngantuk Di Pagi Hari Saat Bekerja 


Cara mengatasi ngantuk di pagi hari saat bekerja memang salah satunya adalah mengatur jam tidur di malam hari. Tapi jika melihat penyebabnya, ngantuk di pagi hari tidak hanya disebabkan oleh kurangnya tidur saja, melainkan masih banyak faktor lain yang menjadi penyebabnya. Oleh sebab itu kenali dulu penyebabnya dan lakukan suatu tindakan yang menjadi solusinya. Berikut adalah cara yang dapat anda coba untuk menghilangkan ngantuk di pagi hari.

1. Mengatur Jam Tidur


Mengatur jam tidur merupakan awal untuk menghilangkan kebiasaan ngantuk di pagi hari. Tidur yang berkualitas adalah tidur yang dilakukan 7-9 jam per hari. jadi, jika kita tidur kurang dari jumlah jam tersebut, sangat dimungkinkan anda akan merasa ngantuk pada pagi hari.

Baca Juga : Penyebab Serta Cara Menghilangkan Kebiasaan Ngiler Saat Tidur Yang Terbukti Ampuh

2. Memperbanyak Minum Air Putih


Mengusir ngantuk agar tidak mengganggu pekerjaan dan proses belajar memang suatu keharusan. Ada seseorang yang sudah mengatur jam tidur yang baik, namun tetap saja sering mersa ngantuk di pagi hari. Hal tersebut mungkin disebabkan faktor lain. Jika anda tidak dalam mengkonsumsi obat - obatan atau minum alkohol, besar kemungkinan disebabkan karena dehidrasi. Untuk itu, mengkonsumsilah air putih dengan jumlah yang lebih banyak, terutama pada saat bangun tidur. Minum air putih yang dianjurkan adalah 2 liter atau setara 8 gelas dalam setiap harinya.


3. Bergerak


Jika merasakan ngantuk berat saat bekerja, untuk menghilangkannya coba beranjak dari tempat duduk dan berjalan kaki, misalkan berjalan - jalan di halaman. Cara tersebut merupakan cara yang sangat efektif, karena selain menghilangkan rasa ngantuk, juga dapat memicu jantung memompa lebih banyak darahmenuju pembulu darah, otak dan otot.

4. Melakukan Tekhnik Pernapasan


Cara mengusir ngantuk selanjutnya adalah melakukan tekhnik pernapasan. Salah satu manfaat tekhnik pernapasan selain menghilangkan rasa ngantuk adalah dapat meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh, menurunkan tekanan darah, meningkatkan aliran darah, dan memperlambat detak jantung.

Cara melakukan tekhnik pernapasan adalah sebagai berikut:

a. Duduklah tegas, dan fokus bernapas dengan perut
b. Letakkan tangan kanan pada bagian perut di bawah rusuk, dan tangan kiri pada dada
c. Tarik napas dala - dalam melalui hidung dan biarkan perut mendorong tangan anda
d. Hembuskan napas melalui bibir yang mengerucut
e. Ulangi pernapasan sebanyak 10 kali.

5. Melakukan Aktivitas Favorit Di Pagi Hari


Merasa ngantuk sebelum berangkat kerja, tidak salahnya dong melakukan suatu aktivitas yang menjadi hobi. Misalkan berolah raga, memasak, menyiram tanaman dll. Dengan melakukan aktivitas yang disukai biasanya dapat meningkatkan gairah unuk melakukan aktivitas lainnya dan ngantuk perlahan menghilang.

6. Melakukan Peregangan Tubuh


Saat tubuh mulai merasa ngantuk saat jam kerja, cobalah melakukan pergangan tubuh. Peregangan tubuh berfungsi untuk meningkatkan hormon endorfin sekaligus juga dapat membuat aliran darah menjadi lancar. Kondisi tersebut akan membuat tubuh menjadi lebih bertenaga dan dapat menghilangkan rasa ngantuk.

Baca Juga : 7 Bahaya Yang Akan Terjadi Jika Terlalu Sering Menggunakan Headset Saat Sedang Tidur

7. Bilas Wajah Dengan Air


Jika pada saat pagi hari atau anda baru memulai kerja, sudah mersakan ngantuk. Cobalah untuk membilas wajah anda dengan air. Tindakan yang demikian akan memberikan sinyal yang fresh pada suhu tubuh, sehingga rasa ngantuk akan menghilang.

8. Hilangkan Kebiasaan Begadang Malam Hari


Begadang pada malam hari yang seharusnya anda gunakan untuk beristirahat, dapat menimbulkan rasa ngantuk di pagi hari bahkan rasa lemas dan pucat. Untuk hilangkan kebiasaan yang kiranya dapat menimbulkan sesuatu yang buruk terhadap tubuh anda

9. Mendengarkan Musik


Mendengarkan musik pada saat mulai mengantuk, adalah cara yang harus anda coba. Untuk mengatasi ngantuk, putralah musik upbet atau remix untuk mengembalikan semngat kerja. Dan hindari musik yang mellow, karena dapat memungkinkan meningkatkan rasa ngantuk.

10. Jangan Lupa Sarapan


Sarapan tiap pagi hari merupakan suatu kewajiban. Dengan bersarapan perut berisi dan otomatis tubuh lebih bertenaga. Konsumsilah makanan sehat saat sarapan, misalkan buah - buahan, susu, sereal, roti gandum dll. Dan hindari makanan yang terlalu berat.

Jika berbicara tentang bahaya mengantuk di pagi hari, memang sangat besar resikonya. Karena itu, kita harus melakukan banyak cara untngan demikian, uk menghilangkannya. Meski demikian kita harus melakukan suatu upaya yang tidak dapat merusak kesehatan tubuh. Dan kami sarankan untuk melakukan cara - cara yang telah kami jelaskan di atas.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar