Skip to main content

10 Gejala Kalau Anda Sedang Terkena Asam Urat

Pengertian asam urat adalah penyakit yang menyerang persendian, dan akan menyebabkan kemerahan, pembengkakan, rasa sakit secara tiba - tiba. Sedangkan organ tubuh yang sering kali terserang asam urat adalah pergelangan pada kaki, persendian tangan, lutut, dan jari kaki. Alasan mengapa bgian tubuh tersebut yang sering terkena asam urat, karena bagian tersebut tempat menumpuknya kandungan asam urat berlebih, yang banyak berasal dari makanan yang kita konsumsi.

 10 Gejala Kalau Anda Sedang Terkena Asam Urat

Asam urat merupakan salah satu penyakit tertua dan sudah dikenal manusia lebih dari 2.000 tahun. Umumnya penderita asam urat berumur 40 tahun ke atas. Memang tidak bisa dipungkiri lagi, penyebab utama dari asam urat berasal dari makanan yang biasa kita konsumsi dalam setiap hari. Diantara makanan penyebab asam urat dan harus dijauhi oleh penderitanya karena mengandung purin tinggi adalah daging unggas, ikan sarden, udang, kepiting, kerang, jeroan, alkohol, dan ikan makerel. Nah, lalu apa sajakah gejala asam urat?

Baca Juga : 10 Pantangan Bagi Penderita Asam Urat Yang Tidak Boleh Diabaikan

Gejala kalau anda sedang terkena asam urat, biasanya sendi menjadi keras dan susah bergerak. Kondisi tersebut jika terus dibiarkan akan mengakibatkan lumpuh dalam jangka panjang. Selain itu, masih banyak gejala lain yang akan terjadi, jika anda sedang terserang asam urat. Gejala asam urat baru akan dirasakan ketika penderita sudah mengalami kondisi yang akut atau kronis. Nah, berikut beberapa gejala asam urat yang paling umum terjadi.

10 Gejala Asam Urat


1. Demam


Awal mula gejala penderita asam urat adalah demam, mual, flu, hingga merasakan kelelahan. Pada masa awal asam urat hanya memengaruhu sendi di jari kaki. Namun jika kondisi ini terus dibiarkan asam urat dalam darah terus meningkat, maka akan mengakibatkanm, maka akan menyebabkan penyebabaran ke seluruh tubuh.


2. Radang dan Kemerahan


Gejala pertama yang dirasakan oleh penderita asam urat adalah sendi menjadi merah dan terasa panas. Rasa panas tersebut biasanya terjadi pada sendi bagian kaki, saat kondisi itu terjadi, kaki akan terasa nyeri saat berjalan. Hal ini disebabkan karena kristal asam urat menetap di di sendi, akibatnya terjadi pembengkakan dan peradangan.

3. Nyeri Hebat Pada Persendian


Selain rasa, panas gejala lain dari asam urat adalah terasa nyeri pada bagian persendian. Nyeri tersebut akan terasa pada bagian sendi, seperti lutut, siku, pergelangan di tangan, dan jempol kaki. Jika kondisi tersebut terus terasa bahkan sampai setiap hari, sebaiknya periksakan diri anda ke dokter.

4. Benjolan


Benjolan akan terjadi jika asam urat menupuk banyak dan dalam jangka waktu yang lama. Benjolan akan terlihat dibawah lapisan kulit disekitar sendi. Jika kristal sudah menumpuk disaluran kemih, maka dapat membentuk batu ginjal.

5. Sendi Menjadi Kaku


Penumpukan asam urat pada persendiaan yang dibiarkan terlalu lama  dapat menyebabkan terbatasnya gerak sendi tersebut. Seiring berjalannya waktu, sendi tersebut akan menjadi kaku dan lebih sulit untuk digerakkan.

6. Perubahan Pada Sendi


Mengkonsumsi makanan untuk untuk penderita asam urat atau obat alami sangat penting untuk dilakukan. Karena jika penyakit tersebut sudah bertambah parah akan lebih sulit untuk disembuhkan. Gejala selanjutnya adalah perubahan pada sendi. Perubahan ini akan berakit fatal bagi kesehatan sendi. Pasalnya, kondisi ini dapat mengakibatkan gangguan fungsi pada sendi, dan juga dapat merusak aspek estetika.

7. Nyeri Sendi Pada Pagi Dan Malam Hari


Nyeri sendi, bengkak yang diselingi dengan rasa kesemutan dan radang sendi yang tampak merah, biasanya terjadi saat pagi hari saat bangun tidur. Hal tersebut juga dirasakan pada malam hari saat menjelang tidur.


8. Sakit Di Jempol Kaki


Jempol kaki merupakan tempat dimana asam urat menumpuk, itulah mengapa penderita asam urat sering mengalami nyeri pada sendi jempol kaki. Pada orang normal asam urat akan larut dalam darah, lalu berjalan ke ginjal dan dikeluarkan melalui urine. Namun bagi penderita asam urat, karena terlalu banyaknya asam urat dalam tubuh, maka akan kesulitan untuk menghilangkannya. Akibatnya asam urat tersebut akan menumpuk dalam darah dan menyebabkan hiperurisemia.

Baca Juga : Mengenal Asam Urat, Penyebab, Dan Cara Pengobatannya

9. Serangan Nyeri Mendadak


Penderita asam urat biasanya akan merasakan nyeri secara tiba - tiba atau mendadak. Rasa nyeri ini akan terasa di jari - jari kaki, telapak, dan betis. Pada saat kondisi ini terjadi, penderitanya akan kesulitan untuk menggerakkan kaki, apalagi untuk digunakan berjalan.

10. Kulit Terkelupas


Kulit terkelupas akan terjadi pada area kulit yang terkena asam urat. Kondisi ini disebabkan karena rasa gatal, iritasi, kering, hingga terkelupas di area tersebut. Dalam kasus ini harus ada segera ditangani, setidaknya dengan membersihkan luka dengan antiseptik dan membalutnya dengan perban  agar tidak mengeluarkan darah dan tidak infeksi.

Ketika anda mengalami gejalam asam urat dan kolestrol tinggi sebaiknya periksakan diri anda ke dokter. Selain itu, anda juga harus mengkonsumsi obat tradisoinal dan pantangannya untuk penyakit tersebut tidak lagi dilakukan. Untuk itu, penting sekali untuk memulai hidup sehat yang diawali dari makanan yang kita konsumsi.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar