Skip to main content

Berbagai Manfaat Toge Untuk Kesehatan Dan Kesuburan

Toge adalah sayuran yang terbuat dari kacang ijo. cara pembuatannya harus menggunakan technik khusus dan tidak boleh sembarangan, agar hasil yang yang diperoleh sesuai yang diharapkan. Proses pembuatan toge yakni tahapan perkecambahan yang diambil sebelum menjadi tanaman kecil berdaun. Sayuran ini sangat populer di indonesia.

Berbagai Manfaat Toge Untuk Kesehatan Dan Kesuburan

Umumnya toge dicampurkan terhadap aneka masakan, seperti pecel, tahu gejot, rawon, tahu telor, soto, urab dll. Dibalik aromanya yang khas dan rasanya agak crunchy, ternyata toge mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Sayuran toge kaya akan kandungan vitamin E, folat, dan fitosferol (alkohol yang berasal dari tanaman). Jadi, toge tidak hanya berfungsi untuk menjaga kesuburan saja, melainkan masih banyak manfaat lainnya.

Berbagai manfaat toge bagi kesehatan, memang masih banyak orang yang belum mengetahuinya secara pasati. Kebanyakan dari mereka hanya mengkonsumsi toge sebatas selera makan saja. Oleh sebab itu, kami di sini akan menjelaskan apa saja manfaat toge bagi kesehatan. Berikut di bawah ini adalah manfaat toge yang tidak boleh diabaikan.

Manfaat Toge Untuk Kesehatan


1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh


Toge adalah sayuran yang dapat meningkatkan aktivitas sel - sel pembuluh darah alami, terutama pada limfosit T-sel dan interferon. Selain itu, toge juga dapat membantu dalam meningkatkan ekebalan tubuh. Hal ini disebabkan karena toge mengandung saponim yang baik untuk kesehatan.

Baca Juga : 5 Manfaat Ketumbar Untuk Kesehatan Dan Cara Mengelolahnya

2. Memperbaiki Sirkulasi Darah Dan Mengatasi Anemia


Efek makan toge selanjutnya adalah dapat memperbaiki sirkulasi darah sekaligus mengatasi anemia. Kekurangan asupan zat besi dapat mengakibatkan anemia. Penderita anemia biasanya memiliki sirkulasi darah yang buruk. Hal ini disebabkan karena tidak memiliki  pasokan sel darah merah yang cukupu untuk diedarkan ke seluruh tubuh. Dengan mengkonsumsi sayuran toge secara rutin, pasokan homoglobin akan meningkat. Sehingga jumlah sel darah merah dan peredarannya di dalam tubuh juga akan lebih optimal.

3. Menjaga Kesehatan Mata


Selain wortel, ternyata toge juga mempunyai manfaat untuk menjaga kesehatan mata. Dengan rutin mengkonsumsi toge, dapat menghindarkan dari segala gangguan syaraf mata.

4. Meningkatkan Kesuburan


Toge mengandung antioksidan alami, salah satunya vitamin E-alpha. kandungan tersebut berfungsi untuk sel darah dari pengaruh atau dampak dari radikal bebas yang sangat mempengaruhi terhadap kesuburan. Denganrutin mengkonsumsi sperma dan sel telur dapat terlindungi oleh kerusakan akibat pengaruh radikal bebas. Untuk menjaga kesuburan, baik itu pria maupun wanita disarankan untuk rutin mengkonsumsi toge. Toge juga baik dikonsumsi untuk promil dan cara mengkonsumsi sayuran bisa dalam bentuk mentah maupun yang sudah dimasak.

5. Mencegah Kanker


Toge mengandung antioksidan dari senyawa organik serta vitamin C,A, asam amino dan protein. Berbagai kandungan tersebut sangat baik untuk mencegah terhadap munculnya kanker dalam tubuh. manfaat lain dari berbagai kandungan tersebut yaitu dapat menjaga ksehatan jantung serta penuaan dini.

6. Menurunkan Berat Badan


Selain obat alami untuk menjaga kesehatan tubuh, tage juga dapat menurunkan berat badan. Toge adalah sayuran yang tinggi nutrisi namun rendah kalori. Sayuran ini juga mengandung serat, sehingga sangat membantu anda untuk merasa kenyang lebih lama. Kondisi tersebut dapat menghindarkan dari keinginan untuk mengemil dan makan berlebihan, yang mana kedua faktor tersebut yang menjadi penyebab berat badan terus bertambah. Nah, bagi anda yang ingin menjalankan diet alami sebaiknya rutinlah mengkonsumsi toge.

Baca Juga : Manfaat Masker Pepaya Untuk Kecantikan Wajah Dan Caranya

7. Memelihara Kesehatan Rambut


Banyak yang bertanya apakah obat alami untuk menajaga kesehatan rambut? Perlu anda ketahui jika kandungan vitamin E dan C dalam toge  dapat melindungi rambut dari gangguan radikal bebas. Sehingga rambut terjaga kesehatannya. Selain itu, toge juga bermanfaat untuk mencegah terhadap munculnya ketombe pada kulit kepala.

8. Melancarkan Pencernaan


Memiliki masalah dalam pencernaan, memang merupakan mimpi buruk bagi setiap orang. Oleh sebab itu kita harus mengkonsumsi makanan yang memang baik untuk pecernaan, salah satunya adalah toge. Toge mengandung enzim yang cukup tinggi. Kandungan enzim tersebut dapat melancarkan pencernaan, sehingga terhindar dari simbelit dan konstipasi.

9. Mencegah Penyakit Mag


Apakah anda termasuk orang yang menderita penyakit mag? Jika ia, sebaiknya rutinlah mengkonsumsi toge. Sayuran yang satu ini dapat menetralkan asam lambung, sehingga rasa sakit yang diakibatkan oleh penyakit mag tidak lagi durasakan.

10. Sangat Baik Untuk Menutrisi Kulit


Sayuran toge juga sangat baik untuk menjaga kecantikan, salah satunya pada kesehatan kulit. Kandungan vitamin E yang terdapat pada toge dapat membantu peremajaan kulit. Tidak hanya itu. toge juga dipercaya dapat menghaluskan kulit.

Toge dapat dikonsumsi langsung (toge mentah), atau juga melalui perebusan terlebih dahulu, yang air rebusan toge dibuang. Agar tidak bosan mengkonsumsi toge anda juga dapat memadukan antara toge dan bayam dan dijadikannya sebagai pecel. Namun sebelum dikonsumsi atau di masak toge harus dibunag dulu akarnya, agar lebih bersih. Satu hal yang harus anda ingat, dalam mengkonsumso toge janganlah sampai berlebihan, karena sesuatu yang berlebihan akan memberikan efek yang kurang baik.

Demikianlah beberapa manfaat sayuran toge untuk kesehatan yang wajib anda ketahui. dan semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar