Skip to main content

Cara Melihat Mac Address Laptop Dengan Mudah

Apa sih yang dimaksud dengan MAC Address dan apa manfaat mengetahuinya? Oke kami akan ulas pada postingan kali ini dari mulai pengertian hingga bagaimana cara melihatnya. Secara pengertian MAC address atau yang biasa juga disebut dengan Phsical Address adalah merupakan identitas perangkat keras jaringan yang terdapat pada sebuah device baik itu laptop, PC, android dan sebagainya yang terdiri dari 12 digit bilangan Heksadesimal contohnya  ‎40-F0-2F-25-A1-EE. Setiap perangkat yang dilengkapi dengan perangkat keras jaringan seperti Wifi atau LAN di dalamnya pasti memiliki identitas ini.

Sebenarnya apa manfaatnya kita mengetahuinya?, Ada banyak ! utamanya berkaitan dalam jaringan. Kami sering menggunakannya untuk membatasi akses user pada router antara yang diperbolehkan mengakses wifi kita dengan yang tidak. Dalam melakukan filter penggunakan semua router memberlakukan MAC addres sebagai identitas sebuah perangkat. Kita juga bisa mengetahui sebuah perangkat yang terhubung dengan jaringan kita melalui alamat MAC Address ini.

Cara Melihat Mac Address Laptop Dengan Mudah


Untuk perangkat laptop ada dua cara mengetahui MAC Address ini yaitu dengan melalui Network And Sharing Center.

Melihat MAC Address Dengan CMD


1. Silahkan anda tekan Win + R
2. Kemudian Ketik CMD
3. Lalu Ketik ipconfig /all


4. Maka pada hasil yang di tampilkan silahkan anda cari Physical Address maka itulah MAC adressnya.

Cara yang kedua dengan melalui Network And Sharing Center


Caranya :

1. Klik kanan pada icon jaringan di laptop anda di bagian pojok kanan bawah lalu pilih Network And Sharing Center


2. Kemudian klik pada jaringan yang terkoneksi lalu pilih details maka anda lihat bagian Physical Address itu adalah alamat MAC addressnya.



Melihat MAC Address pada Android

Tidak hanya laptop dan PC android juga memiliki MAC address karena smartphone saat ini sudah dilengkapi dengan jaringan wifi semua. Pada panduan ini kami menggunakan handphone Samsung untuk melihat MAC Address. Namun untuk handphone android lainnya seperti Xiaomi, Oppo atau lainnya bisa anda lihat di tentang posel atau di bagian jaringan .

1. Silahkan aktifkan wifi lalu pilih advanced pada bagian atas


2. Maka pada tampilan Advanced akan mucul MAC Address.




Nah itulah cara melihat Mac Address di laptop dengan mudah, cara ini berlaku untuk semua merk laptop entah itu Toshiba, Acer, Lenovo, Asus dan sebagainya dan juga berlaku untuk semua versi windows yang digunakan baik itu windows 7, 8 maupun 10. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar