Skip to main content

Cara Membuat Titik Pada Daftar Isi Agar Rapi Dengan Microsoft Word

Daftar isi merupakan salah satu bagian terpenting dalam berbagai karya ilmiah seperti buku, makalah, jurnal skripsi maupun dalam laporan. Dengan adanya daftar isi kita bisa mengetahui poin apa saja yang di bahas dalam karya ilmiah atau laporan tersebut. Biasanya daftar isi yang dibuat menggunakan microsoft word disertai dengan nomer halaman agar dimana point tersebut di bahas. Agar terlihat rapi biasanya akan diberi garis berupa titik yang panjang dan lurus sebelum penomeran.

Cara Membuat Titik Pada Daftar Isi Agar Rapi Dengan Microsoft Word


Pada microsoft word pemberian garis berupa titik tersebut sudah disediakan otomatis, dan caranya akan kami kupas dalam tulisan kali ini. Masih banyak orang yang belum peham dan memberinya dengan secara manusia dengan menekan touch titik. Padahal jika dilakukan secara manual bisa dipastikan hasilnya tidak akan rapi, tidak akan lurus dan pengerjaanpun akan lebih lambat dibanding dengan yang otomatis.

Baca Juga : Pengertian Word Processing Lengkap Beserta Contohnya

Pembuatan titik ini tidak hanya berlaku pada pembuatan daftar isi saja, namun pada dokumen yang membutuhkan isian juga cocok menggunakannya karena hasilnya akan rapi. Contohnya pembuatan formulir pendaftaran atau isian lainnya. Jadi penerima formulir akan memberikan isian diatas titik tersebut. Cara membuat titik tidak mengalami perubahan walaupun sudah beberapa MS word mengalami perkembangan dari mulai word 2007, 2010, 2013 dan 2016.


Cara Membuat Titik Pada Daftar Isi Dengan Mudah


Yang perlu diketahui bahwa pada tutorial ini kami menggunakan MS Word 2016 versi terbaru namun walaupun anda menggunakan versi di bawahnya tetap sama tidak ada perbedaan yang mencolok. Beriku caranya :

1. Silahkan buka daftar isinya, kemudian blok semua teks yang ada. Mengapa ini harus dilakukan agar nanti anda tidak perlu mengulang kembali dalam membuat titik titiknya. Jadi hanya cukup membuat satu kali selanjutnya anda tinggal menekan tab saja setiap point maka garis titiknya akan muncul secara otomatis karena sudah di setting sebelumnya.

Baca Juga : Cara Menghapus Halaman Kosong Di Microsoft Word Dengan Mudah



2. Setelah anda blog lalu buka paragraph settings, pada dialog yang muncul silahkan klik tabs pada yang dilingkari merah, maka akan muncul dialog tabs. Pada Tab stop position silahkan anda isi 13-15 cm, pada alignment silahkan anda pilih Left dan dan pada Leader silahkan pilih no 2 yang berupa titik lalu klik Set dan Ok.



3. Setelah selesai melakukan penyetingan silahkan anda letakkan kursor pada bagian akhir setiap point dan anda tinggal menekan tab pada keyboard laptop anda.


Demikianlah cara membuat titik pada daftar isi yang mudah dan cepat hanya dengan beberapa langkah saja anda sudah bisa membuatnya. Dipastikan dengan menggunakan tabs seperti diatas daftar isi dalam karya ilmiah atau laporan anda akan rapi. Namun jika tidak ingin menggunakannya pilih non saja pada dialog tabs.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar