Skip to main content

Cara Memilih Jenis Font Dan Ukurannya Di Microsoft Office Word Lengkap

Font merupakan salah satu menu yang sangat penting yang ada di word. Pada menu inilah kita bisa memilih jenis font yang telah di sediakan dalam sistem operasi windows. Secara otomatisjuga akan di gunakan joleh semua aplikasi yang menyediakan edit teks. Beberapa aturan penulisan juga telah menentukan jenis font yang harus di gunakan. Oleh karenanya mengetahui cara memilih adalah sebuah keharusan.

Cara Memilih Jenis Font Dan Ukurannya Di Microsoft Office Word Lengkap


Kami telah menyediakan panduan untuk anda. Jika anda pemula maka dengan melihat panduan disini anda langsung bisa memperaktekkan secara langsung. Tidak memandang versi berapa yang anda gunakan entah itu word 2007, 2010, 2013 atau 2016 karena hingga saat ini letak dan posisi ini tidak berubah yaitu ada pada menu Home. Menu Home secara globalnya adalah menyediakan semua menu untuk melakukan editing terhadap teks.

Baca Juga : Cara Memunculkan Ruler Di Microsoft Office 2007

Secara default jenis font yang digunakan pada Microsoft Office adalah Arial tapi itu bukanlah masalah anda bisa merubahnya menjadi kalibri, atau Times New Roman. Tidak hanya memilih jenisnya saja namun mengatur ukurannya juga hal yang penting bagaimana anda harus memberi ukuran pada judul, sub judul dan sebagainya. Dan semuanya akan kami bahas disini dengan jelas.

Mengatur Default Font Di Microsoft Word.

Materi ini penting kami sampaikan agar setiap anda membuat dokumen sudah tidak perlu mengganti font yang anda inginkan secara otomatis akan berubah saat pertama keli ketik sebuah huruf. Berikut caranya :

1. Silahkan anda buka tab Home, pada pada group font dan klik kotak dialog pada pojok bawah atau bisa anda akses dengan keybord melalui CTRL + D


2. Pada dialog yang tampil silahkan pilih pada Latin Text Font menjadi font yang anda inginkan
3. Klik Set As Default lalu pada dialog yang muncul pilih All Document Based On The Normal Template dan klik OK


Memilih Jenis Font Dan Ukurannya


Nah selanjutnya yang akan kita bahas tentang cara memilih jenis font dan ukurannya sekaligus. Dua menu ini saling berdekatan langkah langkah melakukannya adalah sebagai berikut.

1. Silahkan buka tab home
2. Pilih jenis font misal Times New Roman
3. Dan aturlah ukurannya, secara normal ukuran font adalah 12 namun untuk judul biasanya antara 14 dan 16.



Baca Juga : Cara Membuat Titik Pada Daftar Isi Agar Rapi Dengan Microsoft Word

Bagaimana jika font yang kita inginkan tidak ada dan bagaimana cara menambahkannya. Ya memang font bawaan windows yang terload ke semua palikasi termasuk MS word memang terbatas dan fontnya juga standar. Jika anda ingin mendesain tentunya font yang tersedia kurang begitu bagus maka anda bisa memilih font yang bagus dengan cara mendownload di internet. Banyak sekali website penyedia font gratis salah satunya adalah dafont.com



Silahkan anda  donwload terlebih dahulu font yang anda kehendaki kemudian setelah di download tinggal anda ekstrak silahkan anda jalankan file fontnya dengan type file TrueType Font File, klik dua kali lalu klik instal pada bagian atas, Setelah terinstal maka fontnya akan masuk ke dalam komputer, silahkan anda restart MS word anda dan font sudah siap digunakan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar