Skip to main content

Cara Memunculkan Ruler Di Microsoft Office 2007

Ruler merupakan salah satu fitur yang tersedia dalam Microsoft Office Word fungsinya adalah untuk membantu pengguna dalam banyak hal diantaranya mengatur indentasi, paragraf, tabulasi, tabel dan masih banyak yang lainya. Namun saat pertama kali mengintal MS Word anda tidak akan menemukan fitur ini aktif pada tampilan awal dokumen karena secara default Ruler tidak diaktifkan . Oleh karena itu anda perlu membaca artikel ini jika ingin memunculkannya.

Bagi beberapa pengguna terkadang fitur rules sangat menggangu utamanya bagi mereka yang sudah mahir mengatur dokumen jadi sudah tidak perlu bantuan ruler. Namun bagi pengguna baru fitur ini sangatlah penting sehingga perlu untuk ditampilkan. Fitur ini tersedia disemua versi word baik itu 2007, 2010, 2013 dan 2016 namun pada panduan ini kami akan menjelaskan bagaimana cara memunculkan ruler pada MS Word 2007.

Baca Juga : Cara Membuat Titik Pada Daftar Isi Agar Rapi Dengan Microsoft Word

Walaupun sudah hadir Office Word versi terbaru, namun masih banyak juga pengguna yang masih setia menggunakan versi yang 2007 alasannya adalah karena sudah terbiasa. Jika menggunakan versi yang baru akan merasa bingung dengan letak posisi yang berbeda walaupun secara umum menu dan fiturnya tidak jauh beda hanya beberapa bagian saja yang berubah misal seperti Button Office di versi terbarunya tidak ada di ganti dengan file. Jadi semua menu yang ada di Button Office semua ada pada menu file.

Cara memunculkan Ruler Di Office Word 2007


Oke kita langsung saja kepada caranya, jika ada saat ini sudah membuka MS Word silahkan anda klik tab menu VIEW, pada menu Ribbon silahkan anda centang pada menu Ruler maka secara otomatis Ruler pada bagian atas dan samping akan muncul.

Baca Juga : Cara Menghapus Halaman Kosong Di Microsoft Word Dengan Mudah



Mengubah Satuan Ruler Dari Inci Ke Cm

Hal yang penting lainnya yang mesti anda rubah adalah satuan ukuran yang di gunakan pada ruler, secara default satuan yang digunakan adalah inci, banyak orang yang tidak terbiasa dengan ukuran ini jika anda ingin mengubahnya menjadi cm anda bisa merubahnya dengan melakukan setting pada Button Office > Word Option > Advanced pada bagian Display silahkan anda mengganti menjadi inci sebagai mana pada gambar 



Demikianlah cara menampilkan ruler di MS Word 2007, Dengan mengaktifkan ruler bisa lebih mudah mengatur indentasi dan garis pembatas (Text Border) pada bagian tepi kertas anda tinggal menggeser Left Margin dan Right Marginnya. Semoga postingan ini bisa membantu anda.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar