Skip to main content

Deretan Tempat Wisata Di Solo Yang Wajib Anda Kunjungi

Solo bisa dikatakan sebagai kota yang memiliki beragam destinasi wisata, mulai dari wisata alam, wisata modern, religi, budaya, dan sejarah. Kota yang terletak di provinsi jawa tengah ini, juga terkenal akan kulinernya yang begitu khas, seperti soto solo, bakso, dan mie ayam. Jadi, tidak heran jika banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang banyak mengunjungi kota ini.

Untuk berkunjung ke kota solo, anda bisa menempuh beberapa rute, seperti via bandara adi sumarno dan untuk ketengah kota anda dapat menaiki bus trans solo atau terminal tirtonadi. Jika tidak ingin menggunakan bus, anda juga bisa menaiki kereta yang ada 3 satasiun, yakni purwosari, solobalapan, dan jebres. Ketiga stasiun tersebut terletak di tengah di tengah kota dan tentunya sangat strategis, sehingga mudah dijangkau oleh para wisatawan.

Deretan Tempat Wisata Di Solo Yang Wajib Anda Kunjungi


Jika anda tertarik untuk mengunjungi beberapa tempat wisata yang ada di solo, berikut kami akan memberikan banyak informasi tempat wisata mana yang lagi hits di tahun 2019 ini dan tentunya akan menjadi liburan paling berkesan.

Deretan tempat wisata di solo yang wajib anda kunjungi, salah satunya adalah air terjun Grojogan sewu tawangmangu yang begitu menyejukkan mata. Tempat wisata di solo juga tidak kalah menariknya dengan wisata di jogja. Nah, jika anda penasaran berikut adalah 10 tempat wisata di kota solo yang paling terkenal dan sangat populer.

Deretan Tempat Wisata Di Solo Yang Wajib Anda Kunjungi


1. Keraton Surakarta


Keraton surakarta didirikan untuk menggantikan keraton kartasura yang hancur lebur akibat peristiwa geger pacinan tahun 1743 silam. Keraton Surakarta didirikan oleh susuhunan pakubuwana II pada tahun 1744. Keraton ini menjadi tempat wisata sejarah yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Di keraton ini terdapat berbagai koleksi peninggalan susunan, seperti gamelan, replika pusaka keraton dan benda - benda yang merupakan pemberian dari raja -  raja eropa. Nah, jika anda tertarik untuk mempelajari sejarah solo, sebaiknya kunjungi keraton surakarta.

2. Grojogan Sewu Tawangmangu


Grojogan sewu tawangmangu merupakan tempat wisata yang menyajikan air terjun yang masih terjaga kealamiannya. Di sana para pengunjung tidak hanya dapat menikmati dingin dan segarnya air terjun saja, melainkan juga dapat menikmati pemandangan hijau dan angin segar yang pastinya dapat membuat pikiran menjadi fresh kembali. Lokasi wisata ini berada dikabupaten Karanganyar, dan tiket masuk setiap orang seharga 18.000.

3. Taman Balekambang


Nah jika anda mencari tempat wisata yang hits di tahun 2018 - 2019 Taman balekambang jawabannya. Taman ini memiliki luas sekitar 10 Ha. taman ini dibagi menjadi dua bagian yaitu taman air partini yang dugunakan untuk bermain perahu dan hutan partinah yang mempunyai berbagai koleksi tanaman langkah yang mungkin belum anda lihat sebelumnya. Di tempat ini anda akan disajikan oleh suasana yang sejuk, asri, hijau, dan bersih.

Baca Juga : 6 Tempat Wisata Di Probolinggo Yang Lagi Hits

4. Taman Sriwedari


Taman Sriwendari Solo merupakan salah satu tempat wisata bersejarah yang sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu yaitu dibangun sejak Paku Buwono X.  Taman ini terletak di Kecamatan Lawiyan, Kota Surakarta Dulu taman ini dijadikan sebagai taman hiburan malam Selikuran. Sampai saat ini ketika malam tanggal 21 tiba maka orang yang disekitar akan melakukan selamatan dengan mengadakan doa bersama. Di dalam area taman ini juga terdapat gedung untuk menayangkan pagelaran wayang yang bernama GWO ( Gedung Wayang Orang ).Di dalam taman ini juga banyak wahana permainan jadi cocok jika anda mengajak keluarga utamanya anak anak ke taman ini. Pada tahun 1948 taman ini pernah digunakan sebagai tempat berlangsungnya PON pertama kali.

5. Ngarsopuro Night Market


Mau berwisata sambil belanja ria, tempat wisata ini bisa menjadi pilihan anda saat berkunjung ke Solo, jika di Jogja terkenal dengan Malioboronya, kalau di Solo ada Ngarsopuro Night Market. Tempat wisata ini berada di Jalan Diponegoro, Keprabon, Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah Jika anda mau berkunjung maka bisa datang di sore hari karena Ngarsopuro Night Market buka mulai jam 16.00 WIB hingga jam 23.00 WIB. Anda tidak hanya dimanjakan dengan berbagai barang dengan harga yang sangat murah namun anda juga bisa menikmati kuliner khas Solo.

6. Pandawa Water World Solo Baru


Kalau sebelumnya banyak terdapat tempat wisata yang bernuansah sejarah kali ini ada Pandawa Water World Solo Baru merupakan salah satu tempat wisata modern yang ada di Solo. Sangat cocok untuk tempat berlibur bagi keluarga. Tempat wisata ini berada di Kompleks Pandawa Solo Baru, Sukoharjo, Jawa Tengah. Namun walau mengusung tempat wisata modern namun tempat ini tetap bernunsa kisah kisah kerajaan dan pewayangan zaman dulu yang identik dengan kota Solo. Hal ini terlihat patung ukuran besar yang ada di tempat wisata ini. Ada sekitar 27 wahana wisata yang ada di tempat ini dari mulai permainan hingga spot foto.

Baca Juga : 10 Wisata Tanggerang Selatan Yang Menarik Untuk Dikunjungi

7. Telaga Madirda


Jika anda mencari tempat wisata air yang ada di Solo anda bisa berkunjung ke Telaga Madirda. Telaga ini tidak hanya menyajikan indahnya pemandangan danau namun anda juga disuguhkan dengan sejuknya pemandangan yang anda disekitar. Objek ini berada di sekitar Candi Sukuh yang meruapakan salah satu tempat bersejarah. Tempat wisata ini sangat cocok untuk melepas penat dari padatnya pekerjaan anda. Jika anda ingin berkunjung maka silahkan anda datang ke Dusun Tlogo, Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Propinsi Jawa Tengah.

8. Candi Sukuh


Indonesia merupakan salah satu negara yang banyak ditemui candi peninggalan zaman dahulu termasuk di Solo ada candi Sukuh. Walaupun tidak sebesar candi brobudur atau candi perambanan Candi Sukuh juga harus menjadi perhatian karena mengandung nilai sejarah yang tinggi apalagi jika melihat bentuk candi ini sangat mirip dengan candi Suku Maya. Candi Sukuh sempat menjadi sorotan karena di candi ini banyak terdapat relief yang vulgar.Sehingga banyak yang mengkaitkan bahwa candi ini ada kaitannya dengan permasalahan jodoh.


9. Agrowisata Sondokoro


Tempat wisata ini terletak di daerah Kenyamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar. Tempat wisata ini termasuk dalam ketagori agrowisata, apa sih agrowisata ? yaitu tempat wisata yang melibatkan lahan pertanian dan beberapa fasilitasnya. Memang Agrowisata Sondokoro pada awalnya adalah tempat industri gula namun sejak tahun 2005 tempat ini di rubah menjadi tempat Agrowisata dengan berbagai wahana wisata menarik yang ada di dalamnya seperti wahana permainan, terapi ikan, pemandian dan sebagainya pokoknya seru abis deh !

10. Edupark Intan Pari


Jika ingin mengajak buah hati anda ketempat rekreasi yang mengandung unsur pendidikan Edupark Intan Pari bisa menjadi tujuan wisata anda. Tempat rekreasi ini berada Jalan Gatot Subroto, Gaum, Tasikmadu, Kranganyar, Jawa Tengah. Para pengunjung akan di suguhkan dengan pengalaman menaikii transportasi udara berupa pesawat terbang dan helikopter. Memang di Edupark Intan Pari kita bisa belajar banyak tentang kedigantaraan. Selain itu tempat wisata ini juga menyediakan kolam renang, anda juga bisa belajar renang dengan instruktur namun ada biaya tambahan yang sudah ditentukan. Penasaran ? langsung saja berkunjung kesana biaya masuknya sangat murah kisaran di bawah 10 ribu saja.

Nah itulah deretan tempat wisata yang bisa anda kunjungi saat berkunjung ke Solo. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda. Namun informasi ini bisa saja berubah sejalan inovasi masing masing tempat wisata.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar