Skip to main content

Kebugaran Jasmani Materi Penjas Kelas 10 Semester 1

Kebugaran jasmani merupakan merupakan materi penjas kelas 10 selacara lengkap akan kami bahas disini. Kebugaran jasmani kondisi yang di dambakan setiap manusia. Dengan memiliki tubuh yang bugar maka semua aktifitas akan lancar. Selain itu dengan memiliki tubuh yang bugar maka tubuh kita tidak akan mudah terserang penyakit. Sebaliknya, jika konsisi tubuh tidak bugar maka akan rentan sekali terkena penyakit.

Kebugaran Jasmani Materi Penjas Kelas 10 Semester 1


Untuk memiliki tubuh yang bugar tidak bisa hanya diperoleh dengan hanya diam saja. Kebugaran hanya akan diperoleh dengan melaksanakan berbagai kegiatan dan aktifitas dan latihan latihan. Namun latihan latihan tersebut haruslah diikuti dengan aturan yang telah distandarkan atau bisa juga dengan didampingi pelatih atau instruktur yang sudah berpengalaman di bidangnya.

Latihan latihan tersebut juga harus dilakukan dengan rutin dan teratur, nah pada materi ini akan dijelaskan latihan khusus apa saja yang harus dilakukan untuk memperolehnya. Namun sebelum penjelasan tentang latihan yang akan dilakukan maka perlu kami jelaskan terleih dahulu tentang pengertian dari kebugaran jasmani itu sendiri.

Baca Juga : 20 Contoh Soal Penjas Kelas 10 Tentang Kebugaran Jasmani Beserta Jawabannya


Definisi Kebugaran Jasmani


Yang dimaksud dengan kebugaran jasmani adalah kemampuan atau daya tahan tubuh dalam melakukan berbagai aktfitas dalam kehidupan sehari hari. Namun ada juga para ahli yang mengartikan dengan adaptasi tubuh dengan berbagai kegiatan dan aktifitas sehari hari. Jadi dari sini bisa kita simpulkan bahwa kebugaran jasmani diperlukan orang untuk melakukan aktiftas dalam sehari hari.

Komponen Komponen Kebugaran Jasmani


1. Kelenturan yang merupakan kemampuan sendi untuk melakukan berbagai kegiatan secara maksimal
2. Keseimbangan merupakan kemampuan sikap dan posisi tubuh pada saat tertentu
3. Kecepatan merupakan kemampuan untuk berpindah dari tempat satu ketempat yang lain dengan waktu yang relatif singkat
4. Kelincahan merupakan kemampuan untuk merubah arah dalam waktu yang cepat
5. Kekuatan merupakan kemampuan otot dalam menahan beban atau tahanan

Sifat dari Kebugaran jasmani adalah relatif, baik itu secara anatomis maupun secara fisiologis. Kebugaran jasmani seseorang bisa dipertahan dan ditingkatkan dengan tetap melakukan latihan latihan. Ada 3 gerak dasar dalam latihan kebugaran yang dapat dilakukan yaitu :

1. Bergerak (Move)


Bergerak (Move) adalah rangkain gerak dinamis yang dilakukan secara berulang ulang dalam jangka waktu yang sudah ditentukan contohnya seperti jongging, bersepeda, jongging dan orang raga lainnya.

Baca Juga : Contoh Soal Penjas Kelas 10 Semeseter 1 Atletik Dan Jawabannya

2. Mengangkat (Lift).


Merupakan rangkaian gerakan untuk melawan beban, seperti contoh mengangkat, mendorong menarik beban baik itu terhadap tubuh sendiri atau berat benda lainnya seperti barbel dan sejenisnya. Contoh dari mengangkat ini adalah Weight Trainig, Gerakan Kalestenik contohnya seperti push up, back up, sit up, back up dan lain sebagainya.

3. Meregang (Stretch)


Yang dimaksud dengan meregang adalah rangkaian gerak dengan mengulur otot dan meregangkan persendian. Jenis latihan seperti ini sangat cocok utuk meningkatkan kelenturan persendian dan kelenturan otot.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar