Skip to main content

Cara Membuat Oralit Untuk Diare Yang Benar Dan Sehat

Oralit merupakan minuman yang terbuat dari campuran gula, garam, dan air. Larutan ini dapat mencegah terhadap dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh. Biasanya cairan ini dibuat oleh orang terkena diare? Apa yang dimaksud dengan diare? yaitu kondisi dimana buang air besar (BAB) secara terus menerus dalam waktu yang cukup lama, dan ditandai dengan feses yang lebih encer dari biasanya. Seseorang yang mengalami diare akan banyak kehilangan cairan tubuh, akibatnya tubuh menjadi lemas, pucat dan gemetar.

Cara Membuat Oralit Untuk Diare Yang Benar Dan Sehat


Diare sendiri disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah mengkonsumsi makanan dan minuman yang terkontaminasi dengan virus, bakteri dan kuman. Atau juga dapat disebabkan oleh makanan yang terlalu pedas. Meski biasanya diare akan sembuh dengan sendirinya, namun kondisi ini harus segera diatasi agar tidak menyebabkan hal - hal yang lebih serius lagi.

Untuk mengembalikan cairan tubuh pada kondisi yang normal, tidak hanya cukup dengan mengkonsumsi air putih saja, namun disarankan untuk mengkonsumsi oralit.
Fungsi oralit tidak hanya menggantikan cairan tubuh yang hilang, namun juga menjaga keseimbangan elektrolit tubuh. Selain membeli di apotek, anda juga dapat membuat oralit sendiri di rumah dengan bahan yang telah ditentukan. Namun tahukah anda bagaimana cara membuatnya yang benar dan sehat?

Baca Juga : Obat Alami Ampuh Untuk Mengobati Batuk Yang Tidak Kunjung Sembuh

Nah pada artikel ini kami akan mengajari anda bagaimana membuat oralit untuk diare yang benar. Untuk membuat oralit sendiri di rumah sebenarnya tidak ribet dan bahan yang digunakan merupakan bahan - bahan kebutuhan setiap hari dan tentunya sudah tersedia di rumah. Berikut merupakan cara membuat oralit alodokter yang sangat mudah dan aman.

Cara Membuat Oralit Untuk Diare Yang Benar Dan Sehat

1. Mencuci tangan


langkah awal untuk membuat oralit adalah dengan mencuci tangan dengan benar. Hal ini bertujuan agar oralit yang dibuat terhindar dari kontaminasi kuman, bakteri, virus yang berasal dari tangan. Oleh sebab itu, lakukanlah pencucian tangan dengan menggunakan sabun pada air mengalir.

2. Masak air


Setelah anda melakukan pencucian tangan dengan sempurna, lalu siapkan 1 gelas air atau berukuran 200 cc air. Kemudian tuangkan air ke dalam panci dan masak hingga matang. Namun jika di rumah sudah tersedia air yang matang, maka sediakanlah 1 gelas air hangat

3. Campurkan garam elektrolit


Setelah tersedia ukuran 1 gelas air hangat, tahap selanjutnya adalah mencampurkan garam dan gula ke dalam air hangat tersebut. Untuk ukuran garam, anda dapat memasukkannya seperempat sendok teh garam. Sedangkan gula, masukkan satu sendok teh gula pasir.

4. Larutkan


Setelah semua bahan tercampurkan, pastikan gula dan garam larut ke dalam air panas. Larutan gula dan garam dapat anda aduk dengan menggunakan sendok. Setelah itu pastikan tidak ada partikel gula dan garam yang masih terlihat. Nah, jika semuanya sidah larut dengan sempurna, itu menandakan jika air tersebut sudah menjadi oralit. Kemudian anda dapat langsung meminumnya dan secara perlahan diare akan sembuh.

Nah, Lalu Bagaimana Dengan Pembuatan Oralit Sachet?


Jika di rumah sudah tersedia oralit sachet, maka ada beberapa cara untuk menyiapkannya sehingga menjadi larutan yang siap untuk dikonsumsi.
Berikut cara membuat oralit sachetan dengan mudah dan tepat:

1. Siapkan air hangat 1 gelas atau 200 cc
2. Lalu buka kemasan oralit
3. Kemudian tuang bubuk oralit ke dalam air hangat yang telah disediakan
4. Aduk hingga merata
5. Terakhir minum sesuai dosis

Waktu Yang Tepat Mengkonsumsi Oralit


Larutan gula dan garam pengganti oralit atau oralit yang kita buat sendiri sangat untuk dikonsumsi untuk siapa saja, baik itu ibu hamil, bayi 8 bulam atau lebih, orang dewasa, maupun bagi hewan peliharaan seperti kucing. Cara tepat untuk mengkonsumsi oralit adalah setelah anda selesai buang air. Namun jika anda mengalami diare yang diiringi dengan muntah - muntah maka konsumsilah oralit 10 menit setelah muntah. Oralit disaran kan untuk terus dikonsumsi sampai diare benar - benar sembuh.

Dosis Oralit Untuk Penderita Diare


Agar oralit dapat bekerja dengan optimal, oralit harus dikonsumsi sesuai dengan dosisnya. Karena oralit sama halnya dengan obat, oralit memiliki dosis untuk semua tingkatan usia. Berikut kami akan menjelaskan dosis oralit bagi penderita diare.

1. Penderita diare usia lebih dari 12 tahun adalah dengan mengkonsumsi 200 cc oralit (2 gelas) setiap kali mencret
2. Penderita diare usia 5 - 11 tahun adalah dengan mengkonsumsi 200 - 300 cc oralit (1- setengah gelas) setiap kali mencret
3. Penderita diare usia 1 - 4 tahun adalah dengan mengkonsumsi 100 - 200 cc oralit (setengah - 1 gelas) setiap kali mencret
4. Penderita diare kurang dari 1 tahun adalah dengan mengkonsumsi 50 - 100 cc oralit (seperempat sampai setengah gelas) setiap kali mencret.

Baca Juga : 10 Gejala Kalau Anda Sedang Terkena Asam Urat

Manfaat oralit untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat diare sudah tidak diragukan lagi. Namun jika kita merasa kesulitan untuk mendapat oralit apa lagi untuk membuatnya sendiri karena kondisi tertentu. Anda dapat menggantinya dengan mengkonsumsi kuah sup, air teh tawar, sari buah, dan kuah sayur.

Sejatinya larutan oralit bukanlah obat untuk menyembuhkan diare, hanya saja untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang yang diakibatkan oleh diare. Nah, untuk benar - benar sembuh dari diare sebaiknya hindari beberapa hal yang menjadi penyebabnya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar