Skip to main content

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil Muda Dengan Alami

Keluhan paling umum yang dirasakan saat hamil muda adalah sakit pinggang. Banyak yang bertanya sebenarnya sakit pada pinggang saat hamil berbahaya atau tidak? Kondisi ini disebabkan karena adanya perubahan pusat grativitasi tubuh karena perkembangan kandungan, sehingga orang hamil perlu menyesuaikan postur tubuhnya saat berdiri dan berjalan. Pada orang hamil juga akan terjadi perubahan hormon dan peregangan ligamen, sebagai proses alami tubuh dalam mempersiapkan persalinan. Terjadinya peregangan tersebut juga dapat memicu timbulnya rasa sakit pada pinggang dan punggung bawah.

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil Muda Dengan  Alami


Meski sakit pinggang merupakan suatu keluhan yang banyak dirasakan oleh ibu hamil, tapi bukan berarti kondisi tersebut tidak dapat dihindari. Karena rasa sakit pada pinggang tidak hanya dirasakan pada ibu hamil yang usia kandungannya baru 2 bulan atau 3 bulan saja, namun kondisi tersebut terus berlanjut pada saat usia kehamilan sudah mencapai 7 bulan bahkan sampai 8 bulan. Jadi, harus adanya tindakan yang tepat.

Cara mengatasi sakit pinggang saat hamil muda dengan alami salah salah satunya adalah dengan rutin berolah raga. Jadi, meski dalam keadaan mengandung, jangan lantas hanya menghabiskan waktu di dalam kamar dan bersantai saja. Namun ibu hamil tetap bisa melakukan aktivitas lainnya. Nah, untuk mengurangi sakit pinggang pada saat hamil, yuk atasi dengan beberapa langkah di bawah ini.

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil Muda Dengan  Alami


1. Mengkonsumsi Makanan Berkalsium


Pada usia kandungan sudah mulai memasuki 4 bulan sampai 5 bulan, biasanya rasa sakit pinggag akan semakin terasa. Nah, salah satu cara untuk menguranginya adalah dengan memperbanyak mengkonsumsi makanan berkalsium, seperti ikan salmon, kacang almond, kacang merah, brokoli dan susu. Makanan tersebut akan menjaga kekuatan serta menyehatkan tulang. Dengan demikian sakit pinggang dapat teratasi.

Baca Juga : Penyebab Mual Pada Ibu Hamil Serta Cara Efektif Mengatasinya

2. Banyak Minum Air Putih


Air putih mempunyai peranan penting untuk menjaga kesehatan otot, sendi dan tulang. Jadi, selain menjaga pola makan, ibu hamil harus juga memperbanyak minum air putih. Agar ibunya sehat, dan si bayi juga sehat.

3. Olah Raga


Cara menghilangkan nyeri pinggang selanjutnya adalah dengan rutin berolah raga. Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa ibu hamil tidak boleh melakukan olah raga, karena dapat membahayakan. Pendapat demikian tidaklah benar, ibu hamil tetap boleh melakukan olah raga, bahkan itu suatu keharusan, hanya saja olah raga yang dilakukannya harus sesuai dengan kondisi tubuh. Melakukan olah raga seperti yoga, jalan kaki, bersepeda, berenang, dapat membantu melancarkan aliran darah, merilekskan otot - otot dan mengatasi sakit pinggang sebelah kanan.

4. Pemijatan


Pemijatan juga sangat penting untuk dilakukan, guna untuk meringankan sakit pinggang dan merilekskan otot - otot. Untuk pemijatan, anda dapat meminta bantuan suami, anak atau keluarga lainnya. Pemijatan dilakukan pada bagian punggung dan pinggang.

5. Tidur Dengan Posisi Menyamping


Menurut ilmu medis, seorang ibu hamil yang merasakan sakit pada pinggang disarankan untuk tidur dengan posisi menyamping. Selain itu, anda juga dapat meletakkan bantal yang empuk di bawah  lutut dan punggung untuk menambah kenyamanan anda saat tidur. Posisi tidur yang demikian juga dapat merilekskan otot - otot sehingga dapat meringankan sakit pinggang.

6. Hindari Kebiasaan Duduk Atau Berdiri Terlalu Lama


Bagi ibu hamil disarankan untuk tidak terlalu lama duduk atau berdiri. Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit pada pinggang semakin menjadi. Selain itu, hindari juga terlalu cepat berdiri dari posisi duduk dan berbaring

7. Hindari Pakaian Yang Terlalu Ketat


Saat hamil sebaiknya kenakan baju yang longgar, yang kiranya nyaman untuk digunakan terutama pada bagian perut. Menegnakan pakaian yang terlalalu ketat saat hamil dapat menambah tekanan pada bagian pinggang dan perut. Dan akan terasa nyeri pada kedua bagian tersebut.

8. Hindari Pemakaian Sepatu High-Heels


Kecenderungan untuk tampil elegan dan berkelas memang merupakan semua keinginan wanita. Namun, hal tersebut harus anda hindari pada saat hamil. Tampil fashionable sangat identik dengan penggunaan sepatu high-heels, sedangkan bagi ibu hamil, pemakaian sepatu jenis tersebut sangat dilarang. Hal tersebut karena dapat memicu terjadinya beberapa bahaya, seperti terjatuh, menimbulkan rasa tidak nyaman, dan meningkatkan resiko sakit pinggang.

9. Menjaga Berat Badan


Naiknya berat badan pada ibu hamil memang kerap kali terjadi. Namun sayang kondisi seperti ini akan dapat meningkatkan resiko sakit pinggang. Untuk itu, perlu melakukan olah raga rutin dan berkonsultasi langsun pada dokter kandungan tentang bagaimana berat badan yang ideal untuk ibu hamil.

Baca Juga :15 Ciri Fisik Orang Yang Sedang Hamil Muda Yang Mudah Terlihat

10. Tekhnik Akupuntur


Melakukan tekhnik akupuntur, juga sangat baik untuk mengurangi sakit pada pinggang. Tetapi harus diingat untuk melakukan tekhnik ini haruslah orang yang terpercaya dan seorang ahli profesional. Agar tidak terjadi hal - hal yang tidak diinginkan.

Pada dasarnya sakit pinggang saat hamil dapat diatasi dengan beberapa metode di atas. Namun jika sakit tersebut tak kunjung hilang setelah melakukan beberapa cara, sebaiknya periksakan diri anda ke dokter.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar