Skip to main content

Cara Mengatasi Tidak Enak Badan, Pusing dan Pegal pegal Secara Alami

Tidak enak badan bisa terjadi kepada siapa saja dengan bermacam sebab, bisa karena faktor cuaca, kelelahan, makanan atau faktor lainnya. Dan bila tidak segera anda atasi biasanya akan terbawa demam. Tanda awalnya biasaya badan terasa tidak enak dengan badan agak panas, lemas, pegal pegal dan sedikit merasakan pusing di kepala.

Cara Mengatasi Tidak Enak Badan, Pusing dan Pegal pegal Secara Alami


Jika anda sudah merasakan gejala ini sebaiknya segera obati, cobalah dengan bahan alami saja terlebih dahulu. Karena banyak juga bahan bahan tradisional yang sangat ampuh untuk menyembuhkan rasa tidak enak badan. Dan beberapa telah kami persiapkan untuk membantu anda menemukan obat alami apa saja yang bisa anda gunakan.

Bahan Alami Mengatasi Tidak Enak Badan, Pusing dan Pegal Pegal


Bawang Putih


Bawah putih memang merupakan tanaman obat yang banyak digunakan orang zaman dulu, banyak diantara mereka yang mengobati berbagai macam penyakit dengan bawah putih. Walaupun mereka tidak tahu apa saja kandungan yang ada di dalamnya namun mereka percaya bahwa bawang putih banyak mengandung khasiat.



Saat orang dulu merasakan kondisi bandannya sudah tidak enak dan merasakan  meriang biasanya mereka akan mengambil 1 siung bawang putih lalu menelannya mentah mentah dan terbukti perasaan badan terasa demam sembuh dengan berangsur angsur. Jika anda merasakan badan anda seperti terasa sakit maka segeralah obati dengan menelan 1 siuang bawang putih. Bisa anda potong kecil kecil dan sedikit sedikit anda telan. Jika tidak terbiasa anda juga bisa melakukannya dengan merebusnya dengan segelas air lalu sadu selagi hangat. Minum rutin 2 hari sekali.

Baca Juga : Gak Perlu Operasi ! Ini Obat Alami Atasi Radang Amandel

Daun Pandan Wangi


Kalua anda tidak terbiasa dengan bawang putih karena baunya yang bisa membuat anda muntah maka anda bisa mencoba bahan alami lainnya yaitu panda wangi. Baunya yang harum dengan tanpa rasa bisa menjadi pilihan anda. Orang tua zaman terdahulu sering menjadikan daun pandang wangi sebagai tambahan untuk dibubuhkan kepada air minum yang direbus. Selain memberikan keharuman pada air juga memiliki khasiat yang sangat baik untuk tubuh.



Tanaman ini sangat mudah anda temui di pekarangan rumah warga. Tanaman ini juga sering dijadikan pengharum alami makanan seperti kolak atau kue. Apa saja kandungan di dalam daun pandan wangi ini ? kandungannya yaitu polifenol, flavonoid, saponin, dan alkaloid yang berfungsi untuk membasmi bakteri yang masuk ke dalam tubuh kita.

Adapun cara menggunakannya yaitu ambillah 2 lembar daun pandan wangi, kemudian anda iris iris kecil lalu direbus dan tiriskan dengan mengambil airnya. Lalu minum setelah dingin. Ada banyak sekali manfaat jika anda minum rebusan daun yang memiliki keharuman yang khas ini diantaranya menghilangkan rasa sakit, meningkatkan nafsu makan, anti kanker, diabetes dan banyak yang lainnya.

Rebusan Daun Pepaya


Bahan lainnya yang juga memiliki khasiat untuk menyembuhkan rasa tidak enak badan adalah rebusan daun papaya. Daun papaya juga dikenal dengan dedaunan yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Namun sayangnya dedaunan ini banyak tidak disukai lantaran karena rasanya yang sangat pahit.

Namun jika anda ingin mencobanya mengobati pegal pegal dan badan meriang silahkan ambil satu lembar saja daun papaya kemudian rebus lalu ambil airnya dan minum setelah dingin. Adapun kandungan yang terdapat di daun papaya adalah untuk penyembuhan adalah papain dan carocain yang mampu meningkatkan trombosit darah yang mampu melawan berbagai macam virus yang masuk dalam tubuh seperti malaria, dan virus virus yang lainnya.

Baca Juga : Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Dengan Cepat Dan Aman Menggunakan Bahan Alami

Kunyit dan Madu


Obat tidak enak badan lainnya yang bisa menjadi alternatif adalah kunyit dan madu, kunyit juga dikenal dengan tanaman obat tradisional yang sangat terkenal dengan hasiat. Dalam beberapa penelitian mengungkapkan kalau tanaman tradisional ini mengandung antibakteri dan antibiotik yang tinggi. Apalagi jika anda tambahkan dengan madu yang juga mengandung banyak hasiat maka bisa membantu menyembuhkan badan anda yang kurang fit.Cara menggunakannya adalah, parut kunyit lalu sirami air hangat kemudian tambahkan satu sendok madu di dalamnya dan seduh selagi hangat dan rasakan manfaatnya.

Lemon dan Madu


Lemon juga merupakan buah buahan yang banyak digunakan untuk pengobatan termasuk jika badan anda terasa meriang disertai dengan flu. Kandungan yang terdapat di buah lemon dan madu akan berkalobarasi meningkatkan imun tubuh untuk mengusir berbagai penyakit dan bakteri penyebab penyakit yang menyerang anda. Caranya cukup mudah sediakan air hangat lalu peras lemon lalu tambahkan satu sendok madu, sedu selagi hangat.

Tambahan


Nah itulah beberapa bahan alami, namun selain itu beberapa hal lain yang perlu anda lakukan dalam pengobatan ini adalah istirahat yang cukup hindari bergadang terlalu malam dan konsumsilah makanan yang banyak mengandung gizi seperti sayuran dan buah buahan. Jika badan sudah mulai fit lakukan olah raga secara teratur. Namun jika terjadi hal yang tidak biasa, demam anda tidak sembuh sembuh bahkan terlihat semakin parah silahkan bawa ke dokter biar diperiksa lebih lanjut.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar