Skip to main content

Doa Minum Air Zamzam Latin Dan Arab Lengkap Dengan Artinya

Orang yang pergi ke Mekkah untuk melaksanakan ibadah Haji dan Umrah tidak lepas dengan air zam zam. Mereka berbondong bondong meminum air yang memiliki nilai sejarah yang tinggi ini. Air ini tidak hanya di minum di Mekkah saja namun biasanya  juga di bawa pulang sebagai oleh oleh untuk para kerabat dan tetangga. Mereka yang tidak berangkat ke Mekkah juga ingin keberkahan air ini.

Doa Minum Air Zamzam Latin Dan Arab Lengkap Dengan Artinya


Untuk mendapatkan lebih keberkahannya maka ketika akan meminum ini dianjurkan untuk membaca doa dan berniat untuk apa anda memimum air zam zam karena dijelaskan dalam hadist Rasulullah SAW air zam zam ini berhasiat sesuai dengan apa tujuan orang yang meminumnya, jika untuk berobat maka Allah akan sembuhkan dan ketika ingin mengenyangkan maka Allah aka kenyangkan, dan jika ingin menghilangkan rasa haus maka Allah akan hilangkan rasa hausnya.

Sejarah Air Zam Zam

Air zam zam ini bukanlah air biasa karena air zam zam adalah air yang keluar dari hentakan Malaikat Jibril untuk memberi Nabi Ismail AS dan ibunya Siti Hajar air setelah bingung mencari air antara bukit Shafa dan Marwa bolak balik sebanyak 7 kali yang kita kenal Sa'i dalam ibadah haji. Kemudian agar air yang keluar itu tidak mengalir maka Siti Hajar menggali tanah di sekitarnya yang akhirnya menjadi sumur zam zam. Sehingga dengan adanya sumur ini banyak sekali yang bermukim dan bertempat tinggal disekitarnya sehingga jadilah sekitar sumur zam zam kota yang ramai.

Menurut keterangan kedalaman sumur ini mencapai 42 M dan maha besar Allah air ini tidak pernah kering hingga saat ini padahal sudah diminum oleh miliaran hingga triliunan orang yang berhaji maupun yang umrah. Inilah mengapa air ini di namakanan dengan zam zam yang artinya berlimpah ruah. Air ini tidak tergantung kepada musim airnya tidak pernah surut walaupun di musim panas sekalipun.

Manfaat Air Zam zam


Para peneliti mengatakan bahwa air zam zam adalah air terbaik yang ada di muka bumi ini hal ini selaras dengan sabda Rasulullah SAW. Banyak dikalangan ilmuan yang terus meneliti manfaat air zam zam baik dari eropa maupun dari arab sendiri. Banyak diantara mereka yang penasaran dengan kandungan yang ada di dalam air zam zam.

Dalam beberapa penelitian menyebutkan bahwa air ini memiliki khasiat dan keutamaan. Air ini memiliki keseimbangan elektrolit yang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia untuk mengobati berbagai penyakit. Air zam zam ini sangat murni dan tidak terkontaminasi dengan zat apapun jadi sangat aman di konsumsi oleh siapapun. Di dalamnya juga nutrisi jadi tidak heran orang yang meminumnya akan merasa kenyang dan tidak merasa haus.

Baca Juga : Penyebab Doa Tidak Dikabulkan Allah SWT


Adab Meminum Air Zam zam


Berdoa


Pertama kali yang harus anda lakukan ketika akan meminum air zam zam adalah berdoa, ada doa khusus yag diajarkan oleh Ibnu Abbas dalam versi arab dan latinnya yaitu sebagai berikut :

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا وَاسِعًا وَشِفَاءً مِنْ كُلِّ دَاءٍ

Allahumma Inni As aluka 'Ilman Nafian Warizqan Wasi'an Wasyifaan Min Kulli Daain

Artinya : “Ya Allah aku memohon pada-Mu ilmu yang bermanfaat, rizqi yang luas, dan kesembuhan dari segala macam penyakit“.

Menghadap Kiblat


Hal ini sebagaimana yang di contohkan oleh Ibnul Mubarakat yag diceritakan oleh Imam Adz-Dzahabi, dalam (Siyar A’lam An-Nubala 8/393), bahwa Ibnul Mubarak ketika berada di Mekkah beliau mengambil air zam zam lalu menghadap kiblat sambil berdoa " Ya Allah sesungguhnya Ibnu Abil Mawwal memberikan hadits kepada kami, dari Muhammad bin Al-Munkadir dari Jabir, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, bahwa beliau bersabda :

مَاءُ زَمْزَمَ لِمَا شُرِبَ لَهُ

“Khasiat air zam-zam sesuai niat saat diminum”
Dan aku sekarang meminumnya dengan tujuan agar tidak kehausan ketika hari kiamat kelak, Lalu beliaupun meminumnya”. 

Minum Dengan Tangan Kanan 


Salah satu adab dalam makan dan minum adalah menggunakan tangan kanan. Dan Islam sangat melarang meminum atau makanan dengan tangan kiri karena hal tersebut merupakan perbuatan syetan. 

Ini juga berlaku ketika minum, berdasarkan hadits Ibnu Umar radhiallahu’anhuma:

إذا أَكَلَ أحدُكُم فليأكلْ بيمينِهِ . وإذا شرِبَ فليشربْ بيمينِهِ . فإنَّ الشَّيطانَ يأكلُ بشمالِهِ ويشربُ بشمالِهِ

Artinya : “jika seseorang dari kalian makan maka makanlah dengan tangan kanannya dan jika minum maka minumlah dengan tangan kanannya. Karena setan makan dan minum dengan tangan kirinya” (HR. Muslim no. 2020).


Duduk Ketika Minum


Salah satu sunnah Rasulullah ketika makan dan minum adalah duduk. Ternyata setelah di teliti duduk ketika makan dan minum sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan. Dalam sabdanya Rasulullah SAW menjelaskan sebagai berikut :

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, ia berkata,

أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- زَجَرَ عَنِ الشُّرْبِ قَائِمًا

Artinya : “ Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sungguh melarang dari minum sambil berdiri.” (HR. Muslim no. 2024).

Demikianlah penjelasan kami tentang doa minum air zam zam dan beberapa hal lain yang penting diketahui. Secara keseluruhan kita bisa menyimpulkan bahwa Air zam zam adalah anugrah yang diberikan Allah kepada manusia lewat sejarah keluarga Nabi Ismail yaitu Ismail dan Istrinya Siti Hajar. Air ini sangat bermanfaat sekali bagi manusia utamanya untuk kesehatan karena air zam zam adalah air yang terbaik yang ada di bumi ini. Semoga ulasan kami bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar