Skip to main content

Penyebab Doa Tidak Dikabulkan Allah SWT

Sejatinya semua doa yang dipanjatkan kepada Allah akan dikabulkan. Hal ini memang sudah termaktub dalam Al-Qur'an surat Al-Baqarah ayat 186 yang artinya kurang lebih demikian " Wahai Muhammad, jika ada dari hambaku yang bertanya tentang Aku maka katakanlah bahwa aku sangat dekat, Saya (Allah) akan mengabulkan. Namun doa akan dikabulkan oleh Allah dengan cara yang terbaik sesuai dengan kemaslahatan hamba tersebut.  Jadi doa dikabulkan tidak tentu waktunya bisa sekarang juga, bisa nanti, bisa juga di masa depan menyesuaikan kesiapan hambanya menerima doa tersebut.

Penyebab Doa Tidak Dikabulkan Allah SWT


Namun terkadang kita yang berdoa tidak begitu, kita selalu ingin dikabulkan saat ini juga padahal apa yang menurut kita baik belum tentu baik menurut Allah, bisa saja dengan pertiaan tersebut kita tersebut bisa menyebabkan kita lupa kepadaNya atau membahayakan kita. Inilah bukti cinta Allah kepada kita semua. Jika mereka tidak memahami hal ini maka akan kecewa jika doanya tidak diakbulkan.

Penyebab Doa Tidak Dikabulkan Allah SWT 


Namun bagaimana jika ada doa yang tidak terkabul kabul apa yang menjadi penyebab? Sebagaimana dalil diatas doa yang dipanjatkan pasti Allah kabulkan jadi jika ada doa yang tidak dikabulkan itu bukan Allah tidak berkenan mengabulkan permohonan hambanya, namun hamba tersebut tertutup dari menerima doa tersebut. Ibaratkan sebuah gelas akan bisa menampung apapun jika gelas itu terbuka lalu bagaimana jika gelas itu tertutup maka semua yang akan dimasukkan tidak akan masuk. Jadi bukan pemohonan itu tidak sampai namun ada sekat yang menyebabkan da tersebut tidak bisa sampai kepadanya.

Lalu apa yang menjadi penyebab sekat tersebut?

1. Dosa Dan Maksiat Yang Kita Kerjakan. 


Semakin banyak dosa dan maksiat yang kita kerjakan maka akan semakin tebal penghalang terkabulnya doa tersebut, makin sulit rahmat Allah turun kepadanya. Jadi jika ingin doa kita cepat dikabulkan oleh Allah maka hilangkan sekat tersebut hindari dosa dan maksiat maka Insya Allah doa akan segera dikabulkan oleh Allah menyesuaikan kapan kita siap menerimanya.

Lalu bagaimana jika terlalu banyak dosa dan maksiat? jalan satu satunya adalah memohonlah ampun kepadanya, bertaubatlah dengan Taubatan Nasuha. Karena Allah akan mengampuni dosa dan maksiat yang dilakukan oleh hambanya ketika hamba tersebut meminta ampun kepadanya. Allah berfirman dalam Al-Qur'an surat Azzumar ayat 53-53 yang artinya sebagai berikut.

“Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Dan kembalilah kamu kepada Tuhanmu, dan berserah dirilah kepada-Nya sebelum datang azab kepadamu kemudian kamu tidak dapat ditolong (lagi).”

Baca Juga : Doa Nabi Musa Ketika Dalam Kesulitan

2. Makanan Haram


Makanan yang haram juga menjadi penyebab timbunya sekat antara kita dengan terkabulkanya doa. Sebagian muslim mengacuhkan makanan yang masuk ke dalam perutnya padahal belum jelas apakah makanan itu bersumber atau di dapat dari cara yang halal atau tidak. Tidak hanya dari makanan saja tapi juga dari segi pakaian atau perangkat hidupnya juga harus jelas apakah halal atau haram. Makanan atau apapaun yang ada di dalam hidup anda semuanya halal maka doa anda akan cepat dikabulkan oleh Allah SWT.

Hal ini sebagaimana yang terjadi kepada sahabat Nabi Sa’ad bin Abi Waqash yang bertanya kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam (SAW), ”Ya Rasulullah, doakan saya kepada Allah agar doa saya terkabul.” Rasulullah menjawab, ”Wahai Sa’ad, perbaikilah makananmu, maka doamu akan terkabulkan.” (Riwayat At Thabrani).

Cara Berdoa Agar Cepat Terkabul



Selain memohon ampun kepada Allah dari semua dosa dan maksiat yang kita kerjakan, perlu juga mengetahui tatacara doa agar doa cepat dikabulkan.


1. Berdoalah di waktu waktu yang mustajabah


Beberapa waktu yang sangat mustajab untuk kita berdoa kepada Allah, : Sepertiga malam terahir saat melaksanakan shalat tahajud, Saat melaksanakan perjalanan yang jauh untuk kebaikan, ketika berbuka puasa, saat azan berkumandang, diantara azan dan iqamah, ketika sujud dalam shalat, sebelum salam saat shalat wajib, di hari jum'at, ketika turun  hujan, dan masih banyak yang lainnya.

2. Bedoalah dengan mengangkat Tangan

Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam juga bersabda:

إِنَّ اللَّهَ حَيِيٌّ كَرِيمٌ يَسْتَحْيِي إِذَا رَفَعَ الرَّجُلُ إِلَيْهِ يَدَيْهِ أَنْ يَرُدَّهُمَا صِفْرًا خَائِبَتَيْنِ

Artinya : “Sesungguhnya Allah itu sangat pemalu dan Maha Pemurah. Ia malu ketika ada seorang lelaki mengangkat kedua tangannya untuk berdoa kepada-Nya, lalu Ia mengembalikannya dalam keadaan kosong dan hampa” (HR. Abu Daud 1488, At Tirmidzi 3556, di shahihkan oleh Al Albani dalam Shahih Al Jaami’ 2070).

3. Berdoalah dengan Asmaul Husna

Asmaul Husna adalah nama nama Allah yang mulia yang jumlahnya ada 99. Allah sangat senang hati jika ada hambanya yang berdoa dengan menggunakan namaNya yang mulia. Kalau Allah senang otomatis doa anda akan dikabulkan oleh Allah. anjura ini sebagaimana yang termaktub di dalam Al-Qur'an  Surah al-A’raf 7:180 yang artinya sebagaimana berikut “Dan bagi Allah itu nama-nama yang Indah/Baik, berdoalah dengannya (dengan menyebut nama-nama yang baik itu – Asma ul-Husna).” 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar