Skip to main content

Perbedaan Antara Web Browser Dan Search Engine Lengkap

Sering banyak orang yang bingung dengan dua istilah ini yaitu web browser dan search engine. Memang istilah keduanya sering digunakan dalam berselancar di internet. Namun banyak yang menyangka tidak ada perbedaan diantara keduanya padahal keduanya sangat jauh sekali perbedaannya. Pada artikel ini kami akan mengupas perbedaan diantara keduanya.

Perbedaan Antara Web Browser Dan Search Engine Lengkap


Pengertian Web Browser Dan Contohnya


Yang di maksud dengan web browser adalah aplikasi yang di gunakan untuk berselancar di internet baik mengakses, mendownload, ataupun upload. Aplikasi web browser saat ini contohnya Firefox, Google Crome, Opera, Safari dan banyak yang lainnya. Tanpa adanya web browser ini seseorang tidak bisa mengakses situs atau website yang ada di internet termasuk search engine (mesin pencari).



Adapun cara untuk mengakses website dengan web browser ini adalah dengan mengakses alamat atau URL yang di miliki website yang ingin kita akses pada bagian adress yang biasanya terletak pada bagian atas broweser contohnya mengakses website berita bawean di alamat www.beritabawean.com maka jika ada sambungan internet web browser akan membuka website tersebut.



Baca Juga : Cara Melihat Mac Address Laptop Dengan Mudah

Pengertian Search Engine Dan Contohnya


Sedangkan yang dimaksud dengan search engine adalah program aplikasi yang berfungsi untuk melakukan pencarian situs di internet sesuai dengan kata kunci yang diinginkan oleh pengguna. Banyak orang yang mengira search engina hanyalah google saja pada banyak contoh yang lainnya, dnataranya yahoo, bing  dan masih banyak yang lainnya. Tapi memang Google lah yang paling populer diantara mesin pencari yang ada.



Adapun cara kerja dari serach engine adalah ketika seseorang mengetikkan kata kunci di mesin pencari dengan algoritma yang ada di dalamnya akan melakukan pencarian  dengan memilah diantara miliaran website  yang sesuai dengan kata kunci dalam urutan berdasarkan relevansi. Namun untuk bisa mencapai search engine anda harus menggunakan web browser.

Baca Juga : Cara Melihat Tampilan Website Atau Blog Versi Mobile Dengan Mudah Menggunakan Crome


Perbedaan Keduanya


Dari dua istilah diatas kita bisa menarik berbedaan diantara keduanya sebagai berikut :

1. Web browser merupakan aplikasi yang digunakan untuk mencari informasi diinternet dengan hanya mengakses situs atau website saja termasuk google.com sedangkan untuk bisa mendapatkan informasi yang akurat sesuai dengan kata kunci yang kita cari itu adalah tugas search engine.

2. Contoh dari web browser yang paling populer adalah Google crome, Firefox, Opera, Internet Explorer dan sebagainya sedangkan untuk situs search engine paling populer adalah Google, Yahoo dan Bing

3. Untuk bisa mengakses searc engine anda memerlukan web browser.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar