Skip to main content

10 Saleb Alami Penghilang Bekas Luka Bakar Yang Ampuh

Memiliki kulit dengan bekas luka bakar, tentu bukanlah hal yang menyenangkan. Terlebih jika luka tersebut berada pada area kulit yang sering terbuka, seperti di wajah, lengan, kaki, dan leher. Sekalipun hal tersebut bukanlah sesuatu yang membahayakan, namun dapat menurunkan rasa percaya diri dan merusak penampilan.

10 Saleb Alami Penghilang Bekas Luka Bakar Yang Ampuh


Penyebab luka bakar tidak hanya disebabkan oleh api saja,  melainkan juga dapat disebabkan oleh sengatan listrik, tumpahan minyak goreng yang masih panas, paparan bahan kimia tertentu, paparan sinar matahari yang terlalu lama. Sedangkan jenis luka bakar terbagi menjadi tiga tingkatan, diantaranya luka bakar ringan, luka bakar sedang, dan luka bakar berat.

Umumnya luka bakar ringan dan sedang dapat diatasi dengan menggunakan resep sendiri atau biasa kita kenal dengan saleb alami. Sedangkan bekas luka berat memerlukan penanganan medis, karena efek samping dari bekas luka bakar yang berat dapat mengganggu pergerakan maupun fungsi organ disekitarnya.

Saleb alami penghilang bekas luka bakar merupakan bahan - bahan yang sering kita temui. Pengobatan dengan bahan alami biasanya dilakukan pada saat kerusakan timbul pada kulit atas dan masuk pada kulit yang lebih dalam, yakni  ke bagian dermis kulit. Dan warna kulit akan memerah, kulit terasa nyeri dan muncul lepuhan. Namun jika terjadi kerusakan kulit dari bagian permukaan hingga kerusakan tembus ke bagian tulang dan tendon dan warna kulit yang memutih, harus melalui penangan dokter. Nah, berikut beberapa bahan alami yang dapat menghilangan bekas luka bakar.

10 Saleb Alami Penghilang Bekas Luka Bakar Yang Ampuh


1. Lidah Buaya


Lidah buaya merupakan obat alami untuk menumbuhkan dan menyuburkan rambut dan alis. Namun, khasiat lidah buaya tidak hanya itu saja. gel lidah buaya dapat menghilangkan atau mempercepat proses penyembuhan luka bakar sekaligus dapat menghilangkan rasa sakit dan bengkak.

2. Madu


Cara menghilangkan bekas luka bakar adalah dengan menggunakan madu. Beberapa penelitian telah membukatikan bahwa mengoleskan madu asli dapat menyambuhkan, mengurangi rasa sakit, serta menyamarkan bekas luka yang menghitam atau yang sudah lama. Hal tersebut karena madu memiliki sifat antiradang dan antibakteri.

3. Minyak Wijen


Untuk menghilangkan bekas luka bakar selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak wijen. Bahan alami yang satu ini dapat menyerap sisa panas pada luka bakar serta membantu melembabkan kulit, sehingga penyembuhan terhadap kulit berjalan lebih cepat. Selain itu, minyak wijen juga dapat mencegah timbulnya bekas luka.

Baca Juga : Berikut Merupakan Bahan Alami Yang Sangat Ampuh Sembuhkan Luka Akibat Tabrakan

4. Rimpang Coptidis


Rimpang coptidis merupakan bahan alami yang telah dipercaya dari dulu dapat mengatasi berbagai kondisi tubuh, salat satunya adalah kulit yang terbakar. Bahan ini juga dapat mempercepat perbaikan sel yang rusak akibat luka.

5. Minyak Lavender


Selain memiliki sifat antibakteri, minyak lavender juga memiliki efek penyembuhan pada kulit luka. Mungkin ada sebagian orang yang akan merasakan seperti terbakar saat menggunakan bahan ini, namun pada waktu lama efek tersebut akan semakin berkurang dan manfaatnya perlahan akan dirasakan.

6. Minyak Kelapa


Obat menghilang luka bakar selanjutnya adalah minyak kelapa. Minyak kelapa mengandung senyawa asam lemak rantai medium, khususnya asam palmitat yang mampu memicu pelepasan kolagen. Sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan bekas luka bakar serta menghaluskan bekas luka tersebut.

7. Green Tea


Selain sebagai minuman sehat untuk mereka yang sedang berdiet, green tea juga ampuh mempercepat proses pemudaran bekas luka. Aplikasikan teh hijau pada bekas luka, lalu pijat perlahan dan lembut. dengan teratur melakukan perawatan seperti ini, maka bekas luka menyamar secara perlahan.

8. Minyak Zaitun

Minyak zaitun kaya akan kandungan vitamin E. Kandungan tersebut dapat melembabkan, melembutkan, dan memperbaiki kulit. Sebelum diaplikasikan pada bekas luka, hangatkan dulu minyak zaitun, selanjutnya gunakan untuk memijat pada area kulit yang bermasalah, diamkan selam 30 menit, kemudian bersihkan dengan kain bersih.

Baca Juga : 10 Cara Menghilangkan Bekas Luka Di Kaki Akibat Gatal Gatal Dan Koreng

9. Lemon


Buah yang memiliki cita rasa asam tinggi ini dapat meregenarasi kulit dan memperbaiki kulit yang rusak, salah satunya kerusakan kulit karena bekas luka. Caranya, perasan lemon dibubuhkan pada kulit dan diamkan selama 10 menit. Untuk kulit sensitif campurkan air lemon dengan air tawar atau minyak vitamin E.

10. Cuka Apel


Salah satu manfaat cuka apel adalah dapat meregenerasi kulit dan mengikis sel kulit mati. Selain itu, cuka apel juga dapat menyeimbangkan pH kulit. Caranya, campurkan cuka apel pada air secukupnya, lalu celupkan kapas dan oleskan larutan cuka apel ke bekas luka, diamkan selama 5 menit kemudian oles dengan air bersih.

Jika berbicara tentang harga, tentu penggunaan bahan alami lebih ekonomis dibanding dengan obat - obat lainnya. Demikianlah beberapa bahan alami yang dapat dijadikan salep untuk menghilangkan bekas luka bakar.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar