Skip to main content

12 Cara Alami Atasi Masalah Mata Kering Dengan Cepat Dan Aman

Mata kering adalah kondisi dimana seseorang tidak memiliki cukup air mata yang berkualitas untuk melembabkan dan menutrisi matanya. Sedangkan air mata yang berkualitas merupakan faktor utama untuk menaga kesehatan mata dan menjernihkan penglihatan.

Mata kering memang kerap terjadi pada siapa saja, terlebih bagi mereka yang sudah berusia lanjut (lansia). Seseorang yang mengalami mata kering biasanya akan terjadi beberapa gejala, seperti perih, sensivitas pada cahaya, sensasi panas, menyengat, terasa gatal di dalam mata, penglihatan kabur, kemerahan, dan mata terasa lelah. Jika kondisi seperti ini tidak segera diatasi maka akan menyebabkan perdangan, nyeri, dan bekas luka di kornea.

 12 Cara Alami Atasi Masalah Mata Kering Dengan Cepat Dan Aman


Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab mata kering, diantaranya perubahan hormon, akibat kosmetik, lingkungan dan aktivitas, obat - obatan, kondisi medis, dan proses penuaan. Selain berkonsultasi dengan dokter dan mengobati mata dengan sesuai resep dokter, mata kering juga dapat diatasi dengan cara yang alami.

Cara alami atasi masalah mata kering salah satunya adalah dengan mencukupi kebutuhan air dalam tubuh. Para ahli menyarankan untuk mengkonsumsi air 2 liter atau setara 8 gelas setiap hari. Mengingat mata merupakan indera yang sangat berperan penting bagi kehidupan kita, sudah kewajiban kita untuk selalu menjaga kesehatan mata. Berikut merupakan cara mengatasi mata kering dengan bahan alami yang cepat dan aman

1. Kompres


Mengompres mata dengan air hangat dan mencuci kelopak mata dengan lembut sangat penting dilakukan pada saat mata kering. Pasalnya, cara ini dapat memicu kalenjer mata untuk mengeluarkan minyak, sehingga dapat meningkatkan produksi air mata.

2. Kurangi gula


Mata kering memang terkadang menimbulkan sakit kepala, sehingga aktivitas terganggu. Oleh sebab itu kondisi ini harus segera diatasi dan cara mengatasi selanjutnya adalah dengan mengurangi konsumsi gula. Dalam sebuah penelitian menunujukkan bahwa mengkonsumsi gula sangat mempengaruhi terhadap produksi air mata, dan mengurangi konsumsi gula dapat mencegah dari mata kering.

3. Pijat kelopak mata


Pemijatan pada kelopak mata sebaiknya menggunakan sampoo bayi, karena bertekstur lebih tebal dan berlumas, kemudian kompres dengan air hangat. Pijat untuk mata sangat membantu bagi anda yang memiliki masalah dengan kalenjar kelopak mata

Baca Juga : Mengenal Penyebab Mata Merah Dan Cara Mengatasinya

4. Menggunakan humidifier


Menggunaan humidifier atau alat menjaga kelembaban udara dapat anda gunakan saat cuaca dngin. Alat ini berfungsi untuk menjaga kualitas udara dan mengembalikan udara yang kering. Humidifier dapat anda dapat anda teempatkan di samping tempat tidur.

5. Jangan menggosok mata


Pengalaman sembuh dari mata kering, memang tidak sedikit orang yang mengalamnya. Hal tersebut disebabkan karena konsistensi dan keinginan yang kuat untuk sembuh dan tidak melakukan pantangan walaupun itu sekecil apa pun. Menggosok mata merupakan penyebab mata kering yang banyak orang mengabaikannya, karena dianggap suatu hal yang sepele. Menggosok mata dengan keras hanya akan memperburuk keadaan.

6. Istirahatkan mata


Sebagaimana indera lainnya, mata juga memerlukan istirahat. Sesibuk apa pun aktivitas anda, sempatkan untuk beristirahatkan dan bila perlu gunakan obat tetes mata. Pada saat berada di depan komputer atau layar monitor lainnya kedipkanlah mata sesering mungkin agar air mata menyebar ke seluruh permukaan mata. Selain itu, konsumsilah makanan untuk menjaga kesehatan mata, seperti wortel, tomat dll.

7. Air dan garam


Garam adalah antibakteri yang sangat efektif untuk membunuh bakteri. Mencampurkan garam dengan air merupakan obat yang paling ampuh untuk atasi mata kering. Caranya, campurkan satu sendok teh garam pada secangkir air mendidih, lalu aduk hingga larut, setelah campuran garam dan air dingin, gunakan untuk membasuh permukaan luar dengan perlahan, dan pastikan tidak masuk ke dalam mata.

8. Mentimun


Mentimun obat alami selanjutnya untuk mengatasi mata kering. Pada saat mata terasa kering irislah mentimun yang sudah dibersihkan dan masih segar di kelopak mata selama sepuluh menit. Lakukan cara ini 4 kali dalam sehari.


9. Teh hijau


Teh hijau tidak hanya ampuh dalam urusan melangsingkan badan. Teh hijau juga berkhasiat untuk mengurangi peradangan sekaligus mengatasi rasa gatal pada mata. Caranya, larutkan teh hijau pada air panas, lalu dinginkan dan bilas pada permukaan luar mata.

10. Air mawar


Dari dulu air mawar memang terkenal dalam menjaga kesehatan mata. Membilas mata dengan air mawar murni dapat mengatasi iritasi mata seakaligus membersihkan mata, sehingga mata terhindar dari kekeringan.

Baca Juga : 10 Tips Menjaga Kesehatan Mata Agar Selalu Sehat

11. Mengonsumsi asam lemak omega-3


Peningkatan konsumsi asam lemak omega-3 dapat meningkatkan produksi air mata dan menurunkan penguapan. Anda dapat mengonsumsi makanan asam lemak omega-3, baik berbentuk suplemen atau dengan melalui makanan, seperti sayuran berdaun hijau, kacang - kacangan, alpukat, minyak zaitun, dan telur.

12. Memakai kaca mata


Terkadang pemakaian kaca mata tidak hanya karena alasan fashion atau trend saja. Namun, penggunaan kaca mata hitam yang memiliki perisai samping dapat membantu penguapan air mata dari permukaan mata.

Banyak yang bertanya apakah cara alami bisa sembuhkan mata kering? Tentu saja, karena menggunakan bahan alami juga merupakan obat, bahkan tidak sedikit orang yang memilih menggunakan bahan alami karena dipercaya lebih aman dan ekonomis.

Yang terpenting, anda juga harus bisa merubah gaya hidup yang lebih sehat. Misalkan dengan menghindari paparan asap rokok, dan memabatasi penggunaan gadget atau sejenisnya yang dapat membuat mata lelah. Semoga beberapa tips dari kami bermanfaat untuk semua.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar