7 Cara Menanggulangi Pencemaran Air Laut

Menanggulangi pencemaran air laut adalah tugas kita bersama.Mengapa? karena Laut merupakan sumber makanan dan sumber mineral  yang sangat penting bagi keberlangsungan kehidupan makhluk hidup. Dengan demikian laut merupakan bagian dari bumi yang harus dijaga kelestariannya. Di antara bentuk kerusakan laut akan mengakibatkan pada kerugian terhadap kekayaan hayati, gangguan terhadap kegiatan dilaut, bahaya terhadap kesehatan manusia dll.

7 Cara Menanggulangi Pencemaran Air Laut


Pencemaran laut merupakan perubahan pada lingkungan laut pada kondisi yang lebih buruk yang diakibatkan oleh masuknya bahan - bahan atau energi ke dalam lingkungan laut baik itu secara langsung maupun tidak langsung. Salah satu contoh pencemaran laut adalah dengan mambuang limbah pelastik ke laut. Limbah plastik yang berasal dari bungkus makanan yang kita konsumsi setiap hari yang apabila dibuang ke laut atau dibuang sembarangan yang akhirnya akan bermuara ke laut, akan menyebabkan kematian terhadap makhluk laut.

Tidak hanya itu saja, pencemaran laut juga disebabkan oleh akibat tumpahan minyak. Penambangan minyak memiliki resiko pencemaran laut. Jika kilang minyak bocor atau kapal tangker pengangkut minyak karam, maka akan terjadi pencemaran laut secara besar - besaran. Oleh sebab itu upaya pemerintah dalam mengatasi pencemaran air laut harus selalu ditingkatkan.

Cara menanggulangi pencemaran air laut harus dimulai dari diri kita sendiri, misalkan dengan tidak membuang sampah sembarangan terutama di sungai atau pada sumber air lainnya. Karena laut merupakan bagian besar dari kehidupan kita, sudah menjadi keawajiban bersama untuk menjaga kelestariannya dan berikut cara menanggulanginya.

Baca Juga : 8 Ikan Terbesar Di Dunia Yang Bikin Anda Tercengang !


7 Cara Menanggulangi Pencemaran Air Laut


1. Melakukan Pengolahan Limbah Dengan Benar


Limbah memang tidak bisa kita hindari, baik itu limbah rumah tangga, limbah industri, limabah perdagangan maupun limbah di sektor pariwisata. Oleh sebab itu, kita harus mengolah limabah dengan benar, agar nantinya tidak merugikan bahkan memberikan manfaat. Limbah dapat diolah dengan cara tradisional maupun dengan menggunakan tekhnologi tertentu.

2. Hindari Penggunaan Racun dan Bahan Peledak Untuk Menangkap Ikan


Tidak sedikit manusia yang mengambil jalan pintas untuk meraih keuntungan yang besar. Namun, dibalik itu menimbulkan suatu kerugian yang luar biasa. Misalnya mengambil ikan dengan menggunakan racun dan bahan peledak. Sepintas memang keuntungannya cukup besar, namun akibatnya akan menimbulkan kerusakan lingkungan dan kelangsungan regenerasi ikan.

3. Menanam Pohon


Selain air, pohon juga mempunyai fungsi yang sangat besar bagi keberlangsungan hidup. Pohon merupakan penghasil oksigen sekaligus pembersih sungai. Dengan kita banyak menanam pohon, maka akan smakin banyak air dan udara yang bersih yang akan kita dapatkan.

4. Menggunakan Detergen Yang Ramah Lingkungan


Saat ini detergen termasuk pada kebutuhan pokok. Bagaimana tidak? hampir setiap hari kita mencuci dengan menggunakan detergen. Detergen yang biasa kita gunakan mengandung banyak bahan kimia yang ditandai dengan busa melimpah. Jika air bekas mencuci di buang ke sungai, maka akan menimbulkan efek yang kurang baik, misalkan saja dapat mematikan mikroorganisme. Oleh sebab itu kami menyarankan agar berlaih pada detergen yang ramah lingkungan.

5. Tidak Mendirikan Kawasan Industri Yang Dekat Dengan Sumber Air dan Memenuhi Syarat.


Dalam pembangunan pabrik harus disesuaikan dan memenuhi syarat yang telah ditentukan. Untuk mencegah pencemaran terhadap air laut dan sejenisnya, jangan membangun pabrik dekat dengan sumber air, baik itu laut, sungai, sumur dll. Hal ini disebabkan karena limbah yang dihasilkan oleh pabrik akan mencemari air dan lingkungan sekitar.


6. Melakukan Pengawasan Terhadap Pertambangan Minyak Lepas Pantai


Pertambangan minyak lepas pantai harus dipantau dengan ketat pasalnya ini sangat berbahaya dan jika terjadi kebocoran maka akan terjadi pencemaran. Hal ini sebagaimana yang pernah terjadi pada negara Amerika serikat dimana kilang minyak lepas pantai pada tahun 2010. Akibatnya terjadi pencemaran laut berat di teluk meksiko. Untuk pencegahan pastikan keselamatan dan keamanan pertambangan atau kilang minyak lepas pantai terjamin.

Baca Juga : Melihat Potensi Hasil Laut Dari Pulau Bawean

7. Membatasi Penggunaan Plastik


Penggunaan plastik yang berlebihan menjadi masalah yang serius diberbagai negara. Dimana sampah plastik telah banyak mencemari laut. Beberapa biota laut banyak ditemukan mati menggenaskan dan setelah dianalisis penyebabnya adalah sampah. Koalisi rakyat Untuk Keadilan Prikanan (KIARA) membeberkan data yang sangat mencengangkan bahwa ada 1,29 ton sampah di buang ke sungai dan bermuara ke laut. Oleh karena itu perlu melakukan pencegahan dengan membatasi penggunaan plastik dan pembuangan sampah ke sugai.

Nah itulah 7 cara menanggulangi pencemaran air laut. Ini adalah tugas kita bersama demi masa depan anak cucu kita. Jika kita melakukannya dari saat ini maka dipastikan beberapa tahun yang akan datang laut kita akan tercemar dan anak cucu kita kelak sudah tidak bisa menikmati hasil laut lagi.
LihatTutupKomentar
Cancel