Berapa Biaya Berwisata Ke Pulau Bawean?

Daftar Isi [Tampil]
Berapa Biaya Berwisata Ke Pulau Bawean?

Saat ingin beriwisata kemanapun kalkulasi biaya sangat penting dilakulan agar anda memiliki persiapan yang matang sehingga perjalanam anda nyaman tanpa harus menghawatirkan apapun.

Saat ini untuk menghitung berapa biaya yang dibutuhkan untuk berwisata ke suatu tempat tidaklah begitu sulit karena informasi berbagai hal tentang wisata kini telah banyak diulas. Dari mulai biaya hidup hingga keperluan lain yang dianggap penting.

Begitu juga ketika anda ingin berkunjung ke pulau Bawean, anda bisa mengetahui berapa biaya yang dibutuhkam untuk berwisata ke pulau Bawean dengan membaca postingan ini. Kami akan mengulasnya untuk anda.

Berapa Biaya Berwisata Ke Pulau Bawean?


1. Biaya Penginapan Gresik


Transportasi ke pulau Bawean memiliki jadwal yang tetap. Saat ini tranporasi menggunakan kapal selalu beroprasi dalam tiap harinya secara bergantian jadwalnya bisa anda lihat di postingan ini. Bisanya kapal berangkat dari pulau Bawean atau Gresik pada jam 09.00 wis.

Kalau anda berasal dari daerah yang jauh anda bisa datang ke Gresik sehari sebelumnya, anda bisa menginap di penginapan yang ada di pelabuhan Gresik. Diantaranya ada penginapan pulau puteri, penginapan H Samri dan masih banyak yang lain. Untuk sekelas hotel anda bisa bermalam di Hotel Putra Jaya. Adapun biaya permalamnya untuk sekelas penginapan di Gresik kisaran 50 ribu permalam.

Baca Juga : Wisata Pulau Bawean, Ini 6 Tempat Wisatanya Yang Paling Terkenal

2. Biaya Transportasi Kapal.


Saat ini ada 4 kapal yang melayani rute Bawan-Gresik atau Bawean Lamongan. Yaitu Kapal Blue Sea Jet, Kapal Express Bahari, Natuna dan Gili Iyang. Harganya sekitar 145.000 dengan waktu tempuh 3 jam. Sedangkan untuk Gili Iyang hanya 75 ribu. Namun waktu tempuhnya sekitar 8 jam namun anda bisa membawa sepeda motor karena kapala ini berjenis kapal roro. Anda tinggal memilih mau ikut mana?

3. Biaya Penginapan /  Hotel


Setelah sampai ke pulau Bawean tentunya anda butuh penginapan untuk tempat istirahat dan menyimpan barang barang anda. Untk daftar hotelnya anda bisa melihat di postingan kami yang lainnya : Daftar Hotel dan Penginapan Terbaik Yang Ada Di Pulau Bawean Gresik

Sedangkan untuk biaya penginapan  Bawean itu standarnya untuk kelas ekonomi mulai harga 250 sehari semalam.  Sesangkan untuk harga VIP atau VVIP berkisar 300 ribu hingga 350 ribu perhari.

4. Biaya Sewa Kendaraan


Di Bawean belum ada transportasi online. Jadi anda berwisata ke pulau Bawean tanpa menggunakan jasa pemandu atau guide maka anda harus menyewa sendiri kendaraan. Unyuk biaya sewa sepeda motor perhari kisaran 40 ribu hingga 50 ribu sedangkan untuk mobil berkisar 250 ribu hingga 350 ribu.

5. Biaya Makan


Nah untuk biaya yang satu ini tidak boleh ketinggalan karena ini adalah kebutuhan primer. Biaya standar 1 kali makan berkisar antara 15 ribu hingga 25 ribu. Jadi kalau makan 3 kali sehari dana yang dibutuhkan untuk makan sekitar 45 ribu hingga 75 ribu.

6. Biaya Masuk Tempat Wisata


Anda tidak perlu memikirkan biaya masuk ke tempat wisata karena hampir semua tempat wisata yang ada di pulau Bawan masih banyak yang gratis hanya beberapa tempat saja yang berbayar dintaranya Wisata Mangrove Hijau Daun dan Wisata Mombhul. Biaya masuknyapun hanya 5 ribu saja.

Jadi jika di total biaya estimasi 2 hari saja di pulau Bawean.

Penginapan Gresik                         Rp. 50.000
Transportasi PP                              Rp. 290.000
Biaya Penginapan                          Rp. 500.000
Biaya Sewa kendaraan + BBM     Rp. 180.000
Biaya Makan 3 X  2 Hari              Rp. 150.000
Total                                              Rp.1.170.000

Jadi itulah estimasi biaya ke pulau Bawean 2 hari, anda hanya cukup mempersiapkan 1.500.000 dengan biaya lain lainnya anda sudah bisa mengexplore keindahan pulau Bawean  sepuasnya. Karena dengan memaksimalkan waktu 2 hari sangat cukup untuk mengeksplore seluruh wsiata yang ada di pulau Bawean.

Namun untuk lebih hemat dan efesiensi waktu sebaiknya anda menggunakan jasa guide karena tempat wisata pulau bawean sangat banyak sekali, sayang jika anda lewatkan begitu saja. Anda akan banyak menghabiskan banyak waktu untuk bertanya karena anda belum mengetahui lokasinya. Disamping itu waktu anda juga lebih teratur karena sudah dipersiapkan rundown dengan waktu yang sudah tertata dengan baik.

Baca Juga :