Cara Membuat Footnote Dengan Mudah Di Microsoft Office 2016

Bagi mereka yang biasa membuat karya ilmiah tentunya sudah terbiasa dengan kata footnote dalam bahasa indonesia disebut sebagai catatan kaki. Sedangkan pengertiannya adalah daftar catatan atau kutipan dari refrensi yang letaknya berada di bagian bawah sebuah dokumen. Oleh karenanya Microsoft Word sebagai aplikasi yang didesain khusus untuk mengelolah dokumen menyertakan fitur ini. Fitur ini sudah ada dari mulai 200, 2010 hingga 2016 saat ini.

Sebenarnya Footnote ini tidak hanya berisi refrensi dari yang diambil dari literatur seperti jurnal atau yang lainnya namun juga bisa berupa keterangan tambahan atau hal lain yang dianggap penting sebagai catatan. Cara membuatnya sangat mudah bagi yang biasa membuatnya tentunya tidak akan merasa kesulitan namun bagi pemula tentunya akan bingung dimana letak menunya.

Nah postingan kali ini akan menjadi panduan bagi anda yang belum mengetahui dimana letak posisinya. Panduan ini berlaku baik mengetik bahasa latin maupun bahasa arab. Silahkan anda perhatikan langkah demi langkah :

Cara Membuat Footnote Dengan Mudah Di Microsoft Office 2016


1. Silahkan anda letakkan dimana footnote akan anda letakkan
2. Klik menu References > Insert Footnotes 
3. Silahkan anda tulis refrensi yang akan di pasang.

Cara Membuat Footnote Dengan Mudah Di Microsoft Office 2016


Ya, menulis footnote yang berupa literatur yang anda ambil dari buku, jurnal maupun yang lainnya harus diperhatikan cara penulisannya karena memiliki aturan penulisan. Termasuk jika anda mengambil refrensi dari internet. Demikianlah urutan dalam membuat Footnote menggunakan microsoft word 2016. Untuk versi yang lain letak dan caranyapun tidak jauh beda. Sedangkan untuk membuat endnote caranya juga sama persis hanya saja mengklik menu Insert Endnote

Baca Juga : Cara Memilih Jenis Font Dan Ukurannya Di Microsoft Office Word Lengkap

Menggunakan Keybord 


Untuk mempercepat dalam memasukkan footnote ke dalam dokumen silahkan anda gunakan kombinasi keybord. Adapun kombinasi keybordnya adalah Cntrl + Alt + F. Selanjutnya anda tinggal mengisi saja footnote. Untuk menambahkan Footnote berikutnya anda tinggal menekan kembali Insert footnote maka secara otomatis akan menambah dengan urutan nomer selanjutnya.

Membuat Endnote


Sedangkan untuk memasang endnote anda tinggal menekan Insert Endnote. Apa sih endnote secara pengertian tidaklah jauh berbeda dengan Footnote hanya saja letaknya saja yang berbeda. Untuk endnote letak keterangan footnotenya ada di dalam tulisan bukan di bagian bawah dokumen. Terserah anda mau enak menggunakan yang mana.
LihatTutupKomentar
Cancel