Skip to main content

Usaha Cetak Undangan Nikah Buat Pemula Apa Saja Yang Perlu Dipersiapkan ?

Salah satu bisnis musiman yang gurih adalah bisnis undangan, mengapa? karena setiap orang akan menikah dan mereka pasti akan memesan undangan untuk mengundang orang datang kepernikahannya. Tentunya pesenanpun tidak sedikit minimal 200 undangan , bayangkan jika anda mengambil keuntungan 500 rupiah saja sudah sudah seratus 100 ribu rupiah, jika pada saat musimnya anda menerima order 5 orang saja sudah bisa dikalikan berapa keuntungannya.

Usaha Cetak Undangan Nikah Buat Pemula Apa Saja Yang Perlu Dipersiapkan

Bisnis inipun sangatlah simpel, bahkan cocok untuk anda pemula yang sedang mencari bisnis sampingan. Anda bisa mengerjakannya setelah anda pulang kerja. Alat yang dibutuhkanpun tidak terlalu banyak hanya perlu komputer dan printer saja serta keahlian anda dalam mengelola komputer dan itupun tidak banyak anda hanya perlu belajar microsoft word atau corel.

Analisanya modal yang dibutuhkan untuk usaha undangan nikah sekitar 5 jutaan saja, yaitu untuk membeli komputer dan printer, Untuk komputer PC saat ini harganya dengan processor core i3 dengan memory 4 Gb bisa anda dapatkan dengan harga 3 jutaan sedangkan 2 jutanya bisa anda belikan printer dan modal membeli blanko. Dan kami sarankan untuk membeli printer merk epson karena lebih awet untuk mencetak dalam jumlah banyak.

Baca Juga : 5 Printer Paling Awet Dan Bagus Untuk Usaha Terbukti Tahan Banting !

Lalu bagaimana dengan sewa warung? Untuk zaman teknologi saat ini anda sudah tidak perlu menyewa tempat, anda bisa membuka bisnis ini dari rumah, anda hanya tinggal melakukan promosi melalui sosial media. Orang yang akan memesan nantinya tinggal mengirim data datanya atau bisa langsung kerumah anda. Berbisnis apapun saat ini tidaklah susah ditemukan orang lain walaupun anda tidak membuka toko sekalipun. Anda tinggal mempelajari bagaimana mempelajari bagaimana cara memaksimalkan sosial media sebagai marketing anda.

Usaha Cetak Undangan Nikah Buat Pemula


Untuk lengkapnya apa saja yang perlu anda persiapkan untuk memulai bisnis adalah sebagai berikut


1. Persiapkan senjata anda, utamanya komputer dan printer. 


Anda sudah tidak perlu mencetak dengan sablon karena hal itu sangatlah sulit, modalpun akan semakin banyak. Cukup andalkan printer inkjet saja karena hasil cetaknya tidak kalah bagus dengan sablon. Mencetak  undangan di printer hanya kalah awet saja dan tidak luntur jika terkena air. Tapi itu tidaklah penting karena masa undangan pernikahan itu tidak membutuhkan waktu yang lama khanya beberapa bulan saja.

2. Mencari Suplayer Blanko Undangan


Setelah senjata anda siap maka persiapan selanjutnya adalah mencari suplayer blanko undangan yang ada disekitar anda. Anda memang memerlukan modal awal untuk membeli blanko undangan namun itu akan segera terbayarkan setelah undangan sudah diambil sama pemesannya. Kami menyarankan untuk mencari suplayer yang bisa menyediakan blanko undangan dengan banyak model. Saat ini model balnko undangan yang paling banyak di cari adalah blanko undangan yang minimalis dan unik dengan desain kekinian. Jika anda menyediakan banyak alternatif blanko undangan maka pemesanpun bisa memilih sesuai dengan seleranya.

3. Pelajari Cara Setting Dengan Menggunakan MS Word Atau Corel.


Jika sebelumnya anda adalah orang yang gagap teknologi (gaptek) maka sebaiknya belajar, yang perlu anda pelajari bagaimana mensetting undangan sesuai dengan blankonya. Selain itu sedikit memahami design grafis agar hasil cetak undangan anda cantik. Karena ini berpengaruh pada marketing nantinya, karena saat undangan ini dibagikan kepada para undangan maka mereka akan melihat design undangan anda baik atau tidak. Inilah saat yang tetap memberitahukan kepada masayarakat kalau hasil cetakan anda sudah professional.

4. Buat Logo Untuk Branding


Untuk memperkenalkan produk anda maka anda harus memiliki logo usaha percetakan anda. Dan logo ini nantinya akan dipasang pada bagian luar undangan. jadi dengan adanya logo tersebut akan membangun branding produk anda agar dikenal oleh orang lain. Dan ini sangat terbukti ampuh. Nantinya akan banyak yang menghubungi anda untuk memesan undangan.

5. Lakukan Promosi Secara Terus Menerus.


Saat ini promosi sudah tidak lepas dari online dan offline. Kuncinya agar produk anda dikenal oleh orang lain maka anda harus banyak melakukan berbagai strategi marketing. Silahkan anda manfaatkan berbagai media sosial diantaranya instagram dan facebook. Semakin anda rajin menshare maka produk anda akan lebih banyak dikenal oleh orang lain. Usahakan setiap selesai mengerjakan pesanan silahkan hasilnya anda foto lalu share di seluruh sosial media anda, ini sebagai testimoni kepada orang lain bahwa sudah percetakan undangan anda sudah terpercaya.

Baca Juga : Bisnis Cetak Undangan, Satu Bulan Untung 8 juta

Cara Menentukan Harga Undangan Pernikahan

Salah satu yang tidak kalah pentingnya adalah menentukan harga terlebih dahulu sebelum anda memutuskan untuk melakukan promosi. Diantaranya adalah menentukan harga. Dalam penentuan harga sebaiknya anda harus melihat berapa standar harga undangan yang ada di sekitar anda kemudian selanjutnya anda bisa menentukan harga anda sendiri. Beberapa hal yang perlu menjadi perhitungan dalam menentukan harga adalah :

1. Blanko undangan
2. Tinta yang di gunakan
3. Tenaga anda

Anda bisa melakukan kalkulasi sendiri. Dalam penentuan harga sebaiknya anda tidak perlu memberikan harga termurah di bawah kompetitor anda. Sebagaimana ungkapan Jak Ma kita tidak perlu bersaing dalam harga namun yang perlu kita bersaing adalah dalam pelayanan. Walaupun harga kita sama dengan orang lain namun pelayanan kita baik dan hasil undangan kita bagus maka akan banyak orang yang memesan kepada kita.

Nah itulah beberapa hal yang perlu anda persiapkan untuk memulai bisnis cetak undangan, semoga ulasan singkat ini bermanfaat bagi anda semua.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar