Cara Mendidik Anak Baik Menurut Ajaran Agama Islam

Mempunyai anak merupakan salah satu tujuan dari pernikahan. Memiliki anak merupakan kebahagiaan yang tak terhingga dalam sebuah rumah tangga. Namun di balik kebahagiaan tersebut ada tanggung jawab yang sangat besar bagi kedua orang tuanya, yakni membesarkan anak mendidiknya dengan baik yang sesuai dengan ajaran islam.



Membesarkan anak tidak segampang membalikkan telapak tangan, butuh pengorbanan dan kesabaran dalam proses panjang tersebut. Peran orang tua sangat dibutuhkan dalam membentuk karakter anak yang paham tentang nilai - nilai islam dengan baik. Mendidik anak dapat dilakukan sejak usia dini, misalkan dengan mengajarkan bagaiman adab dalam makan dan berbicara yang baik dan sopan. Selan itu, anda juga dapat mengajarkannya do'a - do'a pendek yang tentunya gampang untuk dihafal.

Pada zaman seperti sekarang ini, mendidik anak yang sesuai dengan ajaran agama terbilang sulit, karena banyaknya godaan baik itu dari lingkungan luar maupun dari dalam sendiri. Namun, sekalipun hal tersebut bukanlah perkara mudah, sebagai orang tua harus terus berusaha demi masa depan anak.

Cara mendidik anak menurut islam harus sesuai dengan tahapan - tahapan yang telah ditentukan. Oleh sebab itu penting bagi orang tua memahami bagaimana cara mendidik anak yang sesuai dengan ajaran Rosulullah SAW. Nah, untuk menambah wawasan, berikut kami akan membagikan tips cara mendidik anak yang sesuai dengan Al-Qur'an dan Hadits.

Cara Mendidik Anak Baik Menurut Ajaran Agama Islam


1. Mengajarkan Anak Tentang Dasar - Dasar Islam


Langkah awal yang harus dilakukan oleh orang tua adalah mengajarkan dasar - dasar islam pada si buah hati. Ajarkan pada anak bagaimana cara mencintai Allah dan Rosulnya. Bagaiman cara kita bersikap yang sopan dalam setiap harinya. Dan ceritan tentang kisah - kisah Nabi dan Rosul untuk menambah rasa cinta dan pegetahuannya.

2. Meperhatikan Dengan Siapa Anak Berteman


Selain dari keluarga, anak akan mengambil banyak pengajaran dari lingkungan sekitar. Jadi, dengansiap ia bergaul akan sangat mempengaruhi psikologi si anak. Karenanya orang tua harus lebih memperhatikan dengan siapa berteman, apa lagi pada usia anak yang masih pembentukan karakter.

3. Memberikannya Kasih Sayang


Baik anak laki - laki maupun perempuan semuanya memiliki hak yang sama, yaitu sama - sama titipan Allah SWT yang harus kita jaga sebaik mungkin. Berusahalah menjadi orang tua yang terbaik untuk anak - anak dengan cara mencurahkan kasih sayang untuk mereka. Dengan demikian anak akan tumbuh sebagai pribadi yang lembut dan berbakti kepada kedua orang tuanya.

Baca Juga : 10 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Orang Tua Dalam Mendidik Anak Usia Dini

4. Ajari Anak Tentang Sholat


Secara perlahan ajarilah anak tentang gerakan dan do'a dalam sholat. Mulailah dengan memberikannya pakaian yang digunakan untuk sholat. Latihlah anak, misalkan dengan mengajaknya ia sholat berjama'ah. Hal ini sesuai dengan Hadits dari Ahmad dan Abu Dawud.
"Suruhlah Sholat ketika berumur tujuh tahun, Pukullah ia ketika meninggalkannya setelah berumur sepuluh tahun dan pisahkan tempat tidurnya." (HR. Ahmad dan Abu Dawud).

5. Ajarkan Anak Untuk Menutup Aurat


Ada banyak hadist tentang pendidikan anak dalam islam, termasuk juga bagaimana cara berpakaian untuk laki - laki dan perempuan. Masing - masing mempuyai tata cara dalam berpakaian yaitu dengan menutup auratnya. Dalam sebah hadits Rosulullah dijelaskan bahwa "Sesungguhnya wanita apabila sudah baligh, tida pantas tellihat kecuali wajah dan kedua telapak tangan".

6. Mengajari Anak Membaca Al-qur'an Dengan Baik dan Benar


Bacaan sholat juga terdapat di dalam Al - qur'an. Selain itu, Al-qur'an juga merupaka pedoman hidup bagi umat islam dan membawa manfaat yang sangat besar. Karenanya ajarkan cara membaca Al-qur'am yang baik dan benar pada anak sejak usia dini. Dan mimbinglah mereka untuk menghafal ayat - ayat Al - qur'an mulai dari ayat yang paling pendek.

7. Melatih Anak Untuk Berpuasa


Puasa juga merupakan salah satu kewajiban umat islam. Saat bulan Romadhan tiba ajaklah anak untuk ikut berpuasa dengan membangunkannya saat sahur. Jika anak belum kuat untuk melakukan puasa seharian penuh, maka biarkan dulu ia berhenti saat tengah hari.

Baca Juga : 3 Waktu yang Tepat Memberikan Nasihat pada Anak Menurut Rasulullah

8. Berikan Anak Pujian Saat Melakukan Kebaikan


Memberikan pujian saat melakukan suatu kebaikan juga penting untuk dilakukan. Hal tersebut menjadi motivasi untuk si anak agar terus berbuat sesutu yang baik. Namun, selain itu kita juga harus memberikan pehaman jika kebaikan yang dilakukan bukanlah untuk mendapatkan pujian. Dan menghukum anak ketika anak tersebut ketika melakukan kesalahan. Tetapi hukuman tersebut tidak bersifat menyakiti dan dengan tujuan agar si anak menyadari atas kesalahan yang ia lakukan.

9. Ajarkan Pada Anak Untuk Selalu Menjaga Kebersihan


Kebersihan adalah sebagian dari iman. Maka dari itu, sebagai orang islam kita harus menjaga kebersihan, baik itu dari makanan yang kita makan maupun pada kebersihan fisik, seperti membersihkan tubuh, pakaian dll. Dan ajarkan hal tersebut pada anak agar ia terbiasa.

10. Menanamkan Pendidikan Aqidah Pada Anak


Menanankan aqidah tidak harus lewat sekolah formal atau jenis lainnya. Melainkan dapat dimulai dengan mengajak anak berdiskusi, dan memperlihatkannya tentang kebesaran dan indahnya ciptaan Allah SWT. Dengan demikian anda dapat menceritakan bahwa semua di alam ini adalah ciptaan Allah dan kita sebagai manusia harus menjaga dan menyayanginya.

Demikianlah cara mendidik anak menurut islam pdf yang harus kita paraktekkan sejak anak usia dini. Sealain yang telah dibut di atas, jangan lupa selalu do'akan anak agar mereka tumbuh sebagai pribadi yang sholeh dan sholeh yang siap dalam menghadapi segala suka duka kehidupan ini.
LihatTutupKomentar
Cancel