Cara Mengunci Folder Di Laptop Tanpa Aplikasi

Mengunci folder di laptop merupakan salah satu langkah aman untuk melindungi data rahasia anda dari orang lain. Sejauh ini windows memang belum menyediakan fitur untuk mengamankan file, secara global windows hanya memberikan fitur password login dan bios saja. Jadi jika anda ingin mengamankan file, anda harus mencari cara tersendiri. Ada banyak cara yang bisa dilakukan baik dengan bantuan aplikasi maupun tidak.

Cara Mengunci Folder Di Laptop Tanpa Aplikasi


Folder diibaratkan sebagai map untuk merapikan berbagai macam file dengan warna kuning. Anda bisa mengumpulkan file penting anda dalam laptop lalu memberinya password. Untuk membuatnya anda cukup dengan klik kanan > pilih New > Folder. 

Nah jika anda memiliki masalah ingin mengamankan file di laptop anda kami sudah menyediakan caranya. Caranya hanya memanfaatkan fitur bawaan windows saja tanpa menggunakan aplikasi apapun. Anda tidak perlu mendowload apapun cukup dengan ikuti langkah demi langkah yang sudah kami sajikan untuk anda.

Baca Juga : Lupa Password Windows 10 Begini Cara Paling Mudah Membukanya

Cara Mengunci Folder Di Laptop Tanpa Aplikasi 


Sejauh ini windows tidak memberikan fitur untuk mengunci folder di laptop anda, namun windows menyediakan fitur untuk melakukan intruksi yang anda inginkan dengan aplikasi CMD ( Command Prompt). Apa sih CMD itu ?

Di wikipedia dijelaskan bahwa yang dimaksud dengan CMD adalah baris perintah yang di eksekusi ke dalam operating system, jadi anda bisa menerjemahkan berbagai intruksi anda melalui aplikasi ini namun dengan kode kode yang bisa di pahami olehnya.

Untuk mengunci folder dengan cmd silahkan ikuti langkah langkah berikut ini :

1. Klik kanan di dalam folder yang ingin anda amankan
2. Pilih New > Text Document


Cara Mengunci File Di Laptop

3. Buka Text Document tersebut dengan klik kanan

cls
@ECHO OFF
title Folder Private
if EXIST "HTG Locker" goto UNLOCK
if NOT EXIST Private goto MDLOCKER
:CONFIRM
echo Are you sure you want to lock the folder(Y/N)
set/p "cho=>"
if %cho%==Y goto LOCK
if %cho%==y goto LOCK
if %cho%==n goto END
if %cho%==N goto END
echo Invalid choice.
goto CONFIRM
:LOCK
ren Private "HTG Locker"
attrib +h +s "HTG Locker"
echo Folder locked
goto End
:UNLOCK
echo Enter password to unlock folder
set/p "pass=>"
if NOT %pass%== PASSWORD goto FAIL
attrib -h -s "HTG Locker"
ren "HTG Locker" Private
echo Folder Unlocked successfully
goto End
:FAIL
echo Invalid password
goto end
:MDLOCKER
md Private
echo Private created successfully
goto End
:End

4. Lalu copy dan pastekan intruksi di bawah ini di dalamnya, ganti password yang dilingkari merah sesuai dengan password anda.
5. Save As, nama file anda ketikkan dengan Rahasia.bat dan Save As Type : pilih All Files


Cara Mengunci Folder Dengan CMD


6. Lalu jalankan dengan mengklik dua kali maka aplikasi ini akan membuat folder dengan nama Private lalu masukkan file rahasia anda ke dalamnya.
7. Jalankan kembali aplikasinya maka akan muncul perintah apakah file akan di kunci atau tidak maka ketik " Y " untuk mengunci, maka file Private akan hilang.


8. Untuk membukanya kembali anda jalankan aplikasi dengan mengklik 2 kali, maka akan muncul CMD dengan intruksi memasukkan password yang sudah anda ketikkan. Jika password benar maka folder Private akan muncul kembali.



Catatan : Cara ini bisa anda lakukan disemua versi windows baik itu windows 10, 8 atau 7 karena tidak berpengaruh kepada sistem operasi yang ada. Yang perlu anda perhatikan anda harus benar benar menyalin kode kode diatas dengan benar, dan lakukan langkah demi langkah dengan benar. Folder lock denga CMD ini telah kami uji coba dan berhasil 100 %. Jika anda kawatir anda bisa mendownload filenya yang sudah saya gunakan disini

 

Cara Mengunci Folder di Flashdisk


Untuk mengunci folder di flashdisk sebenarnya bisa anda lakukan dengan cara diatas caranya sama tinggal anda buat saja jalankan aplikasinya di flashdisk anda maka akan muncul folder Private dan ikuti lankah langkah diatas. Antara flashdisk dengan hardisk sebenarnya sama saja hanya saja beda kapasitasnya saja karena keduanya sama sama penyimpanan permanen.

Baca Juga : Cara Membuat Bootable Flashdisk Semua Versi Windows Paling Mudah

Nah itulah cara yang bisa kami bagikan kepada anda tentang cara mengamankan folder. Semoga cara ini bisa membantu anda mengamankan file anda dari tangan tangan yang tidak bertanggung jawab. Cara ini lebih aman jika dibandingkan mengamankan laptop dengan password login atau dengan password bios.
LihatTutupKomentar
Cancel