Cara Menonaktifkan Keyboard Laptop Yang Mengetik Sendiri

Daftar Isi [Tampil]
Keyboard merupakan salah satu perangkat yang paling penting pada laptop, jika terjadi kerusakan salah satu tombolnya atau mengetik sendiri, maka sulit untuk digunakan dan sangat mengganggu kerja anda. Sebenarnya windows menyediakan keyboard internal atau on screen keyboard namun tentunya merepotkan jika anda harus satu satu menekan tombolnya satu persatu.



Keyboard di laptop yang jalan sendiri biasanya disebabkan karena touch yang ada pada tombolnya itu tertekan baik oleh debu atau kotoran lainnya. Cara memperbaikinya adalah dengan membersihkan bagian di bawah tombol yang berjalan. Anda bisa menyobek bagian karet lalu membersihkannya dengan pensil atau dengan silet.

Lalu bagaimana jika masih jalan terus ? tentunya harus membawa ke tukang service laptop.
Tapi kami menyarankan anda untuk menggantinya saja dan tidak memperbaikinya. Karena suatu saat masalah ini akan muncul kembali, ini berdasakan pengalaman kami.

Namun jika terkendala dengan biaya atau anda harus menyelesaikan dokumen yang sudah deadline. Maka salah satu alternatifnya adalah dengan menggunakan keyboard eksternal yang biasa digunakan pada komputer. Belilah keyboard yang USB di toko komputer, lalu tinggal anda colokin layaknya menggunakan mouse, maka anda sudah bisa mengetik kembali.

Namun tentunya walaupun anda sudah menggunakan keyboard eksternal ternyata keyboard internalnya masih jalan sendiri sebaiknya anda menonaktifkan saja untuk sementara waktu sampai anda bisa menggantinya dengan baru atau memperbaikinya. Bagaimana caranya ? Simak panduan di bawah ini, cara ini bisa anda gunakan di semua versi windows :

Cara Menonaktifkan Keyboard Laptop Yang Mengetik Sendiri


1. Masuk ke bagian Control Panel, dengan cara melalui kelik kanan pada tombol start untuk windows 10 dan klik start dan sebelah kanan ada menu control panel.


2. Lalu pilih Device Manager


3. Buka keyboard maka disana ada pilihan keyboard internal dan klik kanan lalu pilih Update Driver Software


4. Maka akan muncul tampilan update driver dan pilih Browse My Computer For Driver Software
5. Pada tampilan selanjutnya pilih Lets Me Pick From A List Of Available Driver On My Computer
6. Hilangkan tanda centang pada Show compatible hardware. Maka akan muncul semua driver keyoard yang cocok dengan laptop anda.
7. Pilihlah driver sembarang driver sehingga keyboard di laptop anda sudah tidak bisa lagi terkoneksi dengan laptop anda karena update driver yang anda pilih adalah bukan drivernya. Kemudian klik Next

Baca Juga : Cara Mengatasi Layar Laptop Tidak Bisa Diredupkan


8. Ketika muncul warning pilih yes. Dan keyboard anda sudah tidak bisa berfungsi !


Nah itulah caranya untuk melepas atau menonaktifkan keyboard laptop anda. Sederhana bukan? Jika anda sudah punya biaya segera memperbaiki atau menggantinya, karena jika masih menggunakan keyboard eksternal maka laptop anda tidak ada bedanya dengan komputer PC biasa. Semoga panduan ini bisa membantu anda.

Baca Juga :