7 Cara Mudah Mengelola Sampah Untuk Menyelamatkan Lingkungan

Setiap tahunnya sampah selalu menjadi permasalahan yang serius, apa lagi saat musim hujan seperti saat ini. Tidak bisa dipungkiri lagi, jika sampah merupakan salah satu penyebab terjadinya banjir dan pencemaran  lingkungan. Sebagai makhluk hidup yang mengkonsumsi banyak produk, baik itu makanan atau lainnya memang selalu memproduksi sampah. oleh sebab itu, solusi yang terbaik adalah pengelolaan yang praktis dan efektif.



Jenis sampah menjadi dua bagian, yaitu sampah organik dan sampah anorganik. Sampah organik adalah sampah yang berasal dari alam, seperti dedaunan atau sisa makanan. Sedangkan sampah anorganik adalah sampah yang dapat di daur ulang, seperti botol plastik, bungkus makanan, botol kaca, kardus, kaleng, kertas dan lainnya. Kedua jenis sampah tersebut dapat kita olah menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat.

Mengatasi sampah tentunya bukanlah hal yang gampang, apa lagi kita tinggal di tengah masyarakat yang padat penduduk. Hal tersebut membutuhkan kesadaran dari kita masing - masing. Untuk perlu diadakannya sosialisasi tentang besarnya bahaya yang diakibatkan oleh sampah dan jelaskan cara - cara mengelola sampah. Untuk itu, kami di sini menulis tentang artikel pengelolaan sampah dengan mudah dan benar.

Cara mudah mengelola sampah agar menyelamatkan lingkungan di sekitarmu adalah dengan memanfaatkan sampah itu sendiri. Lantas bagaimana dengan pengelolaan sampah tersebut? Nah, dibawah ini kami akan membagikan tips mengelola sampah dengan baik dan benar.

Cara Mudah Mengelola Sampah Untuk Menyelamatkan Lingkungan


1. Pisahkan Terlebih Dahulu Sampah Organik dan Sampah Anorganik


langkah awal untuk mengolah sampah adalah dengan memisahkan antara sampah organik dan sampah anorganik. Siapkan dua tempat sampah yang berbeda. Dengan demikian anda lebih mudah untuk mengolahnya.

Baca juga : 7 Cara Menanggulangi Pencemaran Air Laut

2. Mengolah Sampah Organik


Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sampah organik adalah sampah yang berasal dari alam. Sampah - sampah tersebut dapat anda jadikan sebagai pupuk kompos yang dapat digunakan untuk berkebun. Jika anda bukanlah orang yang suka berkebun, maka hal yang harus anda lakukan adalah mendonasikan sampah - sampah tersebut pada tetangga yang membutuhkannya, atau juga bisa disumbangkan pada organisasi yang bergerak dalam perkebunan.

3. Mengolah Sampah Anorganik



Selain di rumah, biasanya sampah anorganik banyak dihasilkan di sekolah, Restoran dan tempat lainnya. Dibanding sampah organik, sampah jenis anorganik lebih banyak dampak negatifnya, karena rata - rata sampah tersebut berasal dari plastik dan kaca yang tidak bisa hancur dalam waktu singkat dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Solusinya adalah mendaur ulang sampah - sampah tersebut. Namun, jika anda tidak mempunyai kemampuan untuk mengolahnya, anda dapat memberiannya pada pemulung dan pusat daur ulang sampah terdekat.

4. Mencari Solusi Yang Tepat Untuk Pembuangan Sisa Minyak Jelantah


Tidak sedikit orang yang menganggap sepele terhadap masalah pembuangan sisa minyak jelantah. Pada hal jika dibuang sembarangan akan membahayakan lingkungan sekitar. Sebagai contoh, jika minyak tersebut dibuang di westafel, dapat menyumbat pipa saluran air. Selain itu, minyak tersebut juga dapat mencemari saluran air. Hal yang harus anda lakukan adalah dengan memberikan minyak jelantah tersebut pada intansi yang dapat mengolah minyak jelantah.

5. Pisahkan Sampah Berbahaya


Memisahkan sampah yang berbahaya seperti, tinta printer atau bekas baterai sangat penting untuk dilakukan. Pasalnya, sampah tersebut mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi lingkungan. Sebaiknya berikan sampah tersebut pada pusar daur ulang sampah, agar bisa dikelola dengan semestinya.

6. Meminimalisir Pemakaian Bahan Plastik


cara mengolah sampah plastik

Memulai sesuatu yang baik harus berawal dari kita sendiri, termasuk juga dalam mengurangi dampak negatif akibat sampah. Salah satu yang sangat mudah untuk dilakukan adalah dengan meminimalisir pamakaian bahan plastik. hal tersebut dapat anda lakukan dengan cara membawa tas belanjaan sendiri ketika pergi ke pasar. Dengan demikian anda tidak terlalu membutuhkan banyak plastik untuk membungkus barang belanjaan.

Baca Juga : Cara Efektif Mengusir Lalat Dalam Rumah Secara Alami Yang Terbukti Ampuh

7. Jalankan Prinsip 3 R


Yang di maksud prinsip 3 R adalah Reuse (penggunaan kembali), Reduce (mengurai), Recycle (mendaur ulang). Mulailah prinsip tersebut dari diri sendiri. manfaatkan barang bekas agar dapat digunakan kembali. Hidup dengan terbebas dari bahaya yang diakbatkan oleh sampah merupakan impian semua orang. Oleh sebab itu, jalankan prinsip 3 R tersebut untuk memulai hidup yang nyaman.

Tujuan mengolah sampah adalah agar sampah - sampah tersebut mempunyai nilai ekonomi atau setidaknya dapat merubahnya menjadi bahan yang tidak membahayakan terhadap lingkungan di sekitarmu.

Mengolah sampah adalah cara terbaik untuk hidup sehat. Pengelolaan sampah yang efektif  juga sebagai wujud tanggung jawab kita sebagai manusia terhadap keberlangsungan makhluk hidup lainnya. Yang selalu harus di ingat adalah bahwa kesehatan lingkungan yang terbebas dari sampah adalah tanggung jawab kita bersama. Oleh sebab itu, yuk asah kreativitas kita dalam mengolah sampah. Dan semoga artikel ini bermanfaat untuk semua.
LihatTutupKomentar
Cancel