Doa Naik Kendaraan Darat, Laut Dan Udara Agar Selamat Dalam Pejalanan

Dalam sehari hari kita tidak lepas dari aktifitas perjalanan. Dizaman saat ini jarang sekali kita melihat orang berjalanan kaki dalam perjalanan baik dekat maupun yang jauh semuanya naik kendaraan. Nah sobat beritabawean, sebagai manusia kita tidak cukup hanya beriktiar saja agar diselamatkan dalam perjalanan tentunya kita harus memanjatkan doa kepada Allah agar diberi perlindungan selama perjalanan.

Doa Naik Kendaraan Darat, Laut Dan Udara


Pada zaman dahulu kendaraan yang digunakan adalah berupa binatang, seperti unta, keledai, kuda dan sebagainya. Walaupun menaiki kendaraan yang berupa hewan juga kita tidak bisa lepas dari kecelakaan yang bisa membahayakan yang menaikinya juga. Apalagi di saat zaman serba teknologi saat ini semua kendaraan digerakkan oleh mesin, baik itu kendaraan darat, laut maupun kendaraan udara.

Dengan adanya terknologi resiko kecelakaan dan bahayanyapun semakin besar. Jika terjadi kecelakaan atau tabrakan yang parah bisa merenggut nyawa. Terlebih kendaraan laut dan darat jika terjadi musibah kecelakaan biasanya sulit terselematkan. Banyak kejadian kapal tenggelam, pesawat jatuh hampir semua penumpangnya meninggal dunia.

Oleh karenanya sebelum memulai perjalanan sebaiknya bacalah doa naik kendaraan agar saat melakukan perjalanan tersebut kita dijauhkan  dari marabahaya dan dijaga dari kejadian yang tidak kita inginkan. Nah pada postingan kali ini kami akan memberikan doa naik kendaraan sesuai dengan sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.

 Doa Naik Kendaraan Darat, Laut Dan Udara


Berikut adalah doa naik kendaraan lengkap dari mulai latin, arab dan artinya. Doa ini


سُبْحَانَ الَّذِىْ سَخَّرَلَنَا هَذَا وَمَاكُنَّالَهُ مُقْرِنِيْنَ وَاِنَّآ اِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ

Subhaanalladzii sakkhara lanaa hadza wama kunna lahu muqriniin wa-inna ilaa rabbina lamunqalibuun.

Artinya :
"Maha suci Allah yang telah menundukkan untuk kami (kendaraan) ini. padahal sebelumnya kami tidak mampu untuk menguasainya, dan hanya kepada-Mu lah kami akan kembali. "

Doa diatas adalah doa umum untuk semua jenis kendaraan baik itu sepeda motor, kapal maupun pesawat terbang. Sedangkan doa khusus untuk naik kapal anda bisa membaca doa dari nabi Nuh As. Doa ini dipanjatkan Nabi Nuh saat akan menaiki kapalnya bersama orang orang yang beriman dan binatang binatang. Dimana doa ini termaktub dalam Al-Qur'an Surat Al-Huud ayat 41.



بِسْمِ اللهِ مَجْرَهَا وَمُرْسَهَآاِنَّ رَبِّىْ لَغَفُوْرٌرَّحِيْمٌ

Bismillaahi majrahaa wa mursaahaa inna robbii laghofuurur rohiim

Artinya :
"Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh, sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang".

Nah itulah doa naik kendaraan yang bisa anda baca agar selamat dalam perjalanan. Ajarkan doa doa islami seperti ini kepada anak sejak kecil sehingga saat dewasa nanti mereka sudah terbiasa dan tidak akan lupa membacanya.

Membaca doa tidak hanya minta pertolongan dari Allah agar diselematkan namun membacanya juga bernilai ibadah. Semoga pembahasan kami tentang ini bermanfaat bagi anda semua dan pebergian anda selamat dari mulai berangkat hingga kembali lagi kerumah.
LihatTutupKomentar
Cancel