Doa Untuk Orang Tua Yang Sudah Meninggal Sesuai Sunnah Rasulullah SAW

Pengabdian seorang anak terhadap orang tua tidak berhenti walaupun orang tua sudah meninggal dunia. Salah satu pengabdian yang bisa kita lakukan setelah keduanya telah tiada adalah adalah selalu memanjatkan doa agar mendapatkan tempat yang mulia disisi Allah SAW .  

Doa Untuk Orang Tua Yang Sudah Meninggal


Namun seyogyanya doa yang dipanjatkan sesuai dengan sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW yang disampaikan melalui hadist. Akan tetapi ini bukan keharusan anda bisa juga berdoa dengan menggunakan bahasa sehari hari karena Allah maha mengerti dan memahami.

Apakah Doa Anak Sampai Kepada Orang Tuanya Yang Sudah Meninggal ?


Apakah doa orang yang masih hidup sampai kepada mereka? Rasulullah SAW. Menganjurkan kepada kita yang masih hidup untuk berdoa kepada mereka yang sudah meninggal. Karena ini adalah hadiah kita baginya. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW.

هَدَايَا الْأَحْيَاءِ لِلْأَمْوَاتِ الدُّعَاءُ وَالْإِسْتِغْفَارُ 

Artinya, “Hadiah orang-orang yang masih hidup kepada orang-orang yang telah meninggal dunia adalah doa dan permohonan ampunan kepada Allah (istighfar) untuk mereka,”.

Jadi dari hadist ini sudah jelas bahwa doanya orang yang masih hidup sampai kepada mereka yang sudah meninggal. Untuk menegaskan ini, ada sebuah kisah dimana ada seorang 'Alim yang tertidur, dalam mimpinya beliau bertemu dengan ahli kubur yang berebut makanan. 


Namun orang 'Alim ini melihat ada satu orang yang tidak ikut berebut makanan dan terlihat santai saja dengan memakan makanan dengan lahapnya. Melihat itu orang 'Alim tersebut penasaran, lalu bertanyalah dia kepada orang tersebut :

Mengapa anda tidak ikut berebut makanan bersama yang lainnya ? Tanya orang alim tersebut dengan heran.

Mendapat pertanyaan tersebut orang tersebut langsung menjawab. " Yang diperebutkan orang orang itu adalah doa yang dipanjatkan oleh umat Islam ditujukan kepada orang Islam yang sudah meninggal secara umum, sedangkan saya sudah punya karena saya sudah mendapatkan semuanya ".

Kemudian orang 'Alim ini bertanya " darimana anda mendapatkan semua makanan ini ?"

" Saya selalu mendapatkan kiriman dari anak saya yang berjualan di pasar x, karena dia selalu memanjarkan doa dan membaca Al-Qur'an yang pahalanya di hadiahkan untukku " Jawab orang tersebut. 

Kemudian orang 'Alim ini terbangun dari mimpinya lalu bergegas menemui anak orang tersebut yang berjualan dipasar. Ketika di tanya memang benar apa yang ada di dalam mimpi tersebut. Anak orang itu selalu memanjatkan doa dan membaca Al-Qur'an yang pahalanya dihadiahkan kepada orang tuanya. Dari kisah ini kita bisa mengambil kesimpulan bahwa doanya orang yang masih hidup itu sampai kepada orang yang sudah meninggal.

Doa Untuk Orang Tua Yang Sudah Meninggal Sesuai Sunnah Rasulullah SAW

Doa Untuk Orang Tua Yang Sudah Meninggal Sesuai Sunnah Rasulullah SAW

Doa untuk orang tua ini memang sangat mashur bahkan anak kecilpun sudah banyak yang hafal doa ini yaitu :

Adapun berikut ini adalah sejumlah lafal yang dapat dibaca seseorang untuk mendoakan kedua orang tuanya: 

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا 

Bacaan latin : Rabbighfir lī, wa li wālidayya, warham humā kamā rabbayānī shaghīrā. 

Artinya, "Wahai Tuhanku, ampunilah dosaku dan juga dosa kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu disaat aku masih kecil"

Doa ini bisa menjadi istighfar bagi orang tua anda dan buat anda sendiri, Namun untuk lebih lengkapnya sebaiknya diikutin dengan mendoakan kepada muslim dan muslimat karena mendoakan orang lain adalah kebaikan yang akan kembali kepada yang mendoakan. Dan terahir kemudian diakhiri dengan membaca shalawat kepada Rasulullah SAW. 


Semoga doa yang dipanjatkan kita kepada Allah diterima sehingga orang tua kita di masukkan ke surganya Allah SWT. Berdoalah terus untuk mereka, perbanyaklah amal ibadah seperti membaca Al-Qur'an, shadaqah kemudian pahalanya kita anugrahkan kepada keduanya. 

Untuk anda yang masih memiliki orang tua masih hidup yang masih sehat maupun yang sudah sakit hendaklah teruslah berbakti kepadanya, karena sebagaimana pepatah mengatakan " Surga berada di telapak kaki ibu ". Itu artinya untuk mendapatkan surganya Allah tiada lain adalah keridhaan orang tua, dan ridonya orang tua adalah ridhonya Allah. Patuhilah segala apa yang diperintahkannya selagi tidak bertentangan dengan Syariat.

Semoga kita termasuk anak anak yang di catat oleh Allah sebagai anak yang shaleh yang berbakti kepada orang tua kita..Aamiin.
LihatTutupKomentar
Cancel