Kata Bijak Dari Umar Bin Khattab Yang Penuh Nasehat Dan Inspirasi

Kata bijak dari umar bin khattab penuh nasihat dan inspirasi, apa yang disampaikan selalu menggungah jiwa dan membangkitkan semangat untuk menjadi muslim yang baik. Kata - kata mutiara dari beliau dapat menginspirasi bagi siapa saja menyikapi permasalahan hidup. Beliau adalah salah satu panutan umat Islam dalam banyak hal.

Kata Bijak Dari Umar Bin Khattab Yang Penuh Nasihat Dan Inspirasi


Umar bin Khattab merupakan salah satu sahabat Nabi sekaligus kholifah ke dua menggantikan Abu Bakar. Beliau lahir tahun 584 M dan meninggal 3 November 644 M. Umar bin Khattab masuk islam ketika ia hendak menghukum adiknya Fathimah yang baru diketahuinya sudah memeluk islam yang mengikuti ajaran Nabi Muhammad SAW. Namun, ketika Umar sampai di rumah adiknya, dia mendengarkan Fathimah sedang melantunkan Ayat Al- qur'an yakni surat Thoha Ayat 1 - 8. Hal tersebut yang menghantar umar memeluk agama islam.

Umar bin Khattab dikenal sebagai sosok yang sangat pemberani, bijaksana, dan  sangat menginspirasi. Selain itu, Umar juga dikenal sebagai ahli hukum islam yang sholeh dan adil, karenanya ia mendapat julukan Al - Faruq ( orang yang membedakan antara benar dan salah). Sekalipun Umar bin Khattab menyandang sebagai kholifah yang sangat disegani pada masa itu, gaya hidup beliau tetaplah sederhana dan jauh dari penampilan penguasa pada zaman itu.

Selain akhlaknya yang mulia, perkataan - perkataan beliau juga penuh dengan nasehat, baik itu tentang hidup, tentang wanita, tentang jodoh, tentang cinta, tentang teman, tentang pemuda dan tentang berharap kepada manusia. Karena sosoknya yang begitu istimewa, menjadikan Umar bin Khattab sebagai panutan.

Kata bijak Umar bin Khattab Tentang Kehidupan


Kata bijak Umar bin Khattab Tentang Kehidupan


  1. Biasakan diri dengan kehidupan susah, karena kesenangan tidak kekal selamanya.
  2. Wanita bukanlah pakaian yang dapat kamu kenakan dan tinggalkan sesuka hati. Wanita itu terhormat dan memiliki haknya.
  3. Jangan tertipu oleh orang yang membaca Al - Qur'an. Tapi lihatlah kepada mereka yang perilakunya sesuai dengan Al - Qur'an.
  4. Manusia yang berakal adalah manusia yang suka menerima dan meminta nasehat.
  5. Didiklah anak - anakmu berlainan dengan keadaanmu sekarang, karena mereka telah dijadikan tuhan untuk zaman yang bukan zaman engkau.
  6. Kebijakan yang ringan adalah menunjukkan muka berseri - seri dan mengucapkan kata - kata yang lemah lembut.
  7. Barang siapa yang menempatkan dirinya di tempat yang dapat menimbulkan prasangkaan, maka janganlah menyesal kalau orang menyangka buruk kepadanya.
  8. Jika dirimu menemukan cela pada orang lain, dan engkau hendak mencacinya maka cacilah dirimu sendiri karena celamu lebih banyak darinya


Kata bijak Umar bin Khattab Tentang Takdir



  1.  Apa yang melewatkanku tidak akan pernah menjadi takdirku, dan apa yang ditakdirkan untukku tidak akan pernah melewatkanku.
  2. Aku tidak pernah mengkhawatirkan apakah doaku akan dikabulkan atau tidak, tapi yang lebih aku khawatirkan adalah aku tidak diberi hidayah untuk terus berdoa.


Kata bijak Umar bin Khattab Tentang Ilmu


Kata bijak Umar bin Khattab Tentang Ilmu


  1. Ilmu ada tiga tahapan. Jika seseorang memasuki tahapan pertama, dia akan sombong. Jika dia memasuki tahapan kedua, maka dia akan rendah hati. Jika dia memasuki tahapan ketiga, maka dia akan merasa bahwa dirinya tidak ada apa - apanya.
  2. Raihlah ilmu. Dan untuk meraih ilmu, belajarlah untuk tenang dan sabar.
  3. Suatu pengetahuan (ilmu) kalaupun tidak bermanfaat untukmu, tidak akan membahayakanmu.
  4. Orang yang berilmu lebih utama dari pada orang yang selalu berpuasa, sholat, dan berjihad. Karena apabila orang yang berilmu mati, maka akan ada kekosongan dalam islam yang tidak dapat ditutup selain penggantinya, yaitu orang yang berilmu juga.
  5. Jangan sekali - kali kalian terkagum dengan bagusnya seseorang dalam menyampaikan ucapan (retorika). Tetapi seseorang yang menunaikan amanah dan menahan diri dari membicarakan kehormatan orang lain, dialah pria yang sejati (orang yang benar - benar mulia).
  6. Didiklah anakmu berlainan dengan keadaanmu sekarang, karena mereka diciptakan oleh Allah pada zamannya bukan pada zamanmu.


Kata bijak Umar Bin Khattab Tentang Iman dan Islam


Kata bijak Umar Bin Khattab Tentang Iman dan Islam


  1. Duduklah bersama orang - orang yang mencintai Allah. Karena bergaul dengan orang seperti mereka akan mencerahkan pikiran.
  2. Menjauhi dosa itu lebih ringan dari pada menanggung rasa sakit dari sebuah penyesalan.
  3. Keyakinan (iman) adalah dimana seharusnya tidak ada perbedaan antara perbuatan, perkataan, dan apa yang kamu pikirkan.
  4. Ajaklah seseorang kepada islam meski tanpa melalui kata - kata. Mereka bertanya, "bagaimana caranya?" Dia menjawab, dengan akhlakmu.
  5. Jagalah sholatmu. Karena saat kamu kehilangan sholat, maka kamu kehiangan segalanya.
  6. Aku tidak pernah khawatir do'aku diterima atau tidak, tapi yang lebih aku khawatirkan aku tidak diberi hidayah untuk tetap berdo'a.
  7. Orang yang tertawa maka akan kurang wibawa, orang yang suka menghina maka akan juga dihina, jika orang lebih mencintai akhiratnya maka dunia akan ikut padanya.
  8. Janganlah tertipu dengan mereka yang bagus bacaan Al-Qur'annya, Karena bacaan hanyalah sebuah ucapan, sebaliknya lihatlah orang tersebut apakah sesuai dengan yang dibacanya.
  9. Aku khawatir akan datangnya hari di mana orang-orang yang tidak beriman merasa bangga dengan kedustaannya, sementara orang-orang yang beriman malu dengan keimanannya.


Kata bijak Umar Bin Khattab Tentang Sabar Dan Jujur



  1. Jadilah orang yang bermartabat, jujur, dan selalu menyampaikan kebenaran.
  2. Berpegang teguhlah pada kebenaran, bahkan meski kebenaran itu akan membunuhmu.
  3. Lidah akan selalu berkata jujur selagi hatinya ikhlas dan jujur.
  4. Katahuilah sabar itu ada dua. Yang satu lebih utama dar yang lain. Sabar pada waktu musibah itu baik. Yang lebih baik dari padanya lagi ialah sabar (menahan diri) dari yang diharamkan Allah SWT.
  5. Sabar adalah bahan ramuan paling menyehatkan dalam hidup kita.

Demikianlah serangkaian kata - kata bijak dari Umar bin Khattab, sebenarnya masih banyak sekali. namun pada intinya apa yang disampaikan adalah mengajak manusia utamanya umkat Islam untuk menjadi yang terbaik disisi Allah dan hambaNya. Semoga untaian kata mutiara beliau bisa memberikan inspirasi dan menjadi pribadi yang lebih tangguh.
LihatTutupKomentar
Cancel