Cara Memutus Koneksi Orang Lain Yang Yang Memakai Wifi Kita

Memutus koneksi orang lain yang menggunakan wifi kita perlu dilakukan jika anda merasa terganggu dengan akses internet anda yang semakin lemot. Apalagi jika orang tersebut menggunakan wifi anda secara ilegal. Ada banyak kemungkinan mengapa mereka bisa mengakses wifi anda tanpa sepengatahuan anda seperti menggunakan aplikasi, meminta kepada mereka yang sudah terkoneksi dengan jaringan wifi anda atau cara lainnya.

Cara Memutus Koneksi Orang Lain Yang Yang Memakai Wifi Kita


Memang sebesar apapun kapasitas bandwith internet kita tentunya akan terbagi dengan pengguna lainnya yang terkoneksi pada jaringan yang saa. Jika pengguna lain lagi menggunakan aplikasi yang menyedot banyak bandwith seperti download menggunakan IDM dan sebagainya jika tidak menggunakanya perangkat pembagi tentunya pengguna lain akan akan kebagian sedikit badwith dan ini akan berpengaruh pada kecepatan internet.

Nah jika itu yang terjadi silahkan anda pelajari bagaimana mematikan koneksi orang lain tersebut, pada postingan ini kami akan memberikan memberapa alternatif yang bisa anda gunakan dari mulai cara yang mudah hingga yang tersulit, silahkan anda pilih mana yang paling efektif menurut anda.

Cara Memutus Koneksi Orang Lain Yang Yang Memakai Wifi Kita


1. Ganti Password Wifi


Langkah yang paling mudah dan sederhana memutus koneksi wifi orang adalah dengan mengganti passwordnya. Untuk melakukan ini anda harus sedikit paham tentang mengoprasikan administrator modem yang anda gunanakan misal anda menggunakan modem Huawei, ZTE dan lain sebagainya. Jika anda pelanggan Indihome biasanya modem yang digunakan adalah modem Huwawei cara mengganti passwordnya adalah sebagai berikut :

1. Pastikan perangkat kamu sudah terhubung dengan wifi, anda bisa menggunakan laptop atau android
2. Buka web browser seperti Google Crome lalu ketik 192.168.100.1
3. Maka akan muncul tampilan login, masukkan username dan password, untuk defaultnya username dan passwordnya sama yaitu Admin admin
4. Untuk mengganti password klik menu Advanced
5. Pada sub menu Advanced lalu pilih Security, lalu pilih Account Management silahkan masukkan password lama lalu masukkan password yang baru dan klik Apply



Nah itulah cara mengganti password wifi jika anda menggunakan modem Huawei namun jika anda berlangganan ISP internet service provider lainnya tentunya cara melakukan perubahan password juga berbeda. Misal seperti ZTE anda bisa merubah passwordnya bisa melihat panduan ini : Cara Ganti Password Dan Nama Wifi Modem ZTE Dengan Mudah


2. Menggunakan MAC Address Filtering


Namun jika mereka menggunakan aplikasi melihat password yang jitu dan benar benar ampuh mengetahui password wifi orang lain maka tidak ada jalan lain yang harus kita lakukan adalah memblokir perangkat yang mereka gunakan. Caranya dengan menggunakan MAC Adress Filtering.

Apa sih MAC Adress Filtering ? identitas perangkat jaringan yang digunakan dalam sebuah device, Artinya setiap perangkat itu memiliki MAC adreess baik itu laptop, handphone dan sebagainya. Dan setiap perangkat di dunia tidak ada yang memiliki MAC adress yang sama.

Untuk melihat MAC adress di handphone anda bisa melihatnya di About Device> Status maka disana akan ada Wi-Fi Mac Adress. Sedangkan untuk melihat Mac Address di laptop dan komputer bisa anda lihat di klik kanan pada jaringan wifi di taskbar laptop dan pilih Open Network And Sharing Center > klik kanan pada jaringan yang digunakan lalu pilih details.

Cara menggunakan MAC Address Filtering adalah dengan lewat router yang anda gunakan, Misal jika anda menggunakan modem Huawei maka melakukannya adalah sebagai berikut :

1. Silahkan login ke modem Huawei yang anda gunakan dengan menggunakan cara diatas
2. Lalu pilih menu NetworkingAdvanced dan pilih Sub menu Security dan pilih Wi-Fi Mac Filtering
3. Pilih Mode Blacklist
4. Lalu pilih New dan masukkan Mac Addressnya.



3. Gunakan Netcut



Jika anda mencari cara aplikasi yang bisa digunakan untuk memutuskan jaringan wifi orang lain mungkin anda akan menemukan banyak orang merekomendasikan software yang satu ini. Memang software ini sangat populer sejak jaman dulu. 

Adapun cara kerja dari software ini adalah dengan menampilkan device yang terhubung ke jaringan yang sama dengan menampilkan IP address dan juga Mac Addressnya. Setelah kita memilih mana saja pernagkat yang akan kita putus koneksinya lalu tinggal kita klik menu Cut Off. Selain memutus Di Netcut juga memliki fitur untuk menyambungkan kembali ke jaringan. Secara lebih lengkapnya bisa ikuti langkah berikut

1. Download terlebih dahulu aplikasi Netcut
2. Lalu install di komputer anda jika sudah selesai jalankan
3. Kemudian jalankan aplikasinya, ketika tampil netcut akan menampilkan semua perangkat yang terhubung. Jika belum yakin anda bisa menekan tombol refresh untuk menampilkan semua jaringan yang terbaru.
4. Pilih semua jaringan yang ingin anda hentikan koneksinya lalu klik menu Cut Off

Aplikasi ini bisa juga perangkat lain untuk memutus semua jaringan yang terkoneksi jika anda sebagai pemilik maka untuk melindungi perangkat yang anda gunakan dari netcut maka gunakan centang Protect My Computer yang ada pada deretan menu. Aplikasi Netcut bisa di jalankan di semua versi windows, aplikasi untuk androidnya juga sudah tersedia.

Aplikasi untuk Laptop atau PC selain Netcut yang bisa anda gunakan adalah Wifi Guard. Cara kerjanya tidak jauh beda dengan melakukan filtering Mac Address pada modem. Jadi selain yang ditambahkan ke Wireless Mac Filtering maka tidak akan bisa login walaupun sudah tau passwordnya.

4. Dengan Menggunakan Aplikasi Android  Wifi Kill



Anda juga bisa menggunakan aplikasi Android untuk memutuskan sambungan wifi salah satu aplikasinya yang bisa anda gunakan adalah Wifi Kill. 

1. Silahkan anda download aplikasinya terlebih dahulu di situsnya
2. Jalankan aplikasinya lalu beri akses root pada aplikasi tersebut.
3. Scan Wifi yang terhubung lalu lihatlah IP yang tidak kamu kenal
4. Pilih Ipnya lalu aktifkan Grab dan Killnya pada menu di bawah dan koneksipun pada perangkat tersebut akan terputus.



5. Dengan Menggunakan CMD

CMD atau Command Prompt banyak digunakan untuk melakukan intruksi apapun di komputer salah satunya adalah dalam mengelola jaringan termasuk mengontrol siapa saja yang akan kita putus kokensinya. Caranya adalah sebagai berikut :

1. Buka CMD dengan menekan Windows + R untuk langkah yang lebih cepat
2. Ketik Net View


3. Pilih komputer target yang ingin anda putus koneksinya
4. Ping komputer tersebut dengan mengeting "Ping Nama Komputer " Tujuannya untuk mengetahui IPnya.
5. Setelah diketahui IPnya lalu ketik Shutdown – i
6. Pada tampilan yang muncul silahkan klik add lalu masukkan IP komputer target
7. Setting semua pada menu yang ada sesuai dengan keinginan misal What do you want these computers to do Silahkan pilih menu yang ada apakah ingin di shutdown atau di restart.

Demikianlah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk memutus koneksi orang lain yang terhubung dengan wifi kita. Kami berharap panduan ini digunakan pada sesuatu yang baik. Jika anda benar benar menjadi pemilik wifi dan merasa terganggu saya kira cara ini sah sah saja namun jika ini tujuannya merusak jaringan orang lain yang bukan milik anda tentunya ini sebuah kesalahan yang tidak boleh anda lakukan.
LihatTutupKomentar
Cancel