Doa Menjenguk Orang Sakit Sesuai Sunnah Agar Segera Disembuhkan

Rosulullah SAW selalu menganjurkan untuk menjenguk orang sakit tidak memandang siapapun. Entah itu saudara, kerabat, teman atau yang lainnya. Dalam menjenguk beliau juga mengajarkan sebuah doa. Dimana do'a ini telah banyak dikutip oleh banyak imam, seperti Imam An-Nawawi dalam kitab Al-Adzkar. Dalam kitab tersebut menceritakan tentang Rosulullah yang sedang menjenguk sahabatnya yang sakit, dan beliau mendo'akan sahabatnya tersebut dengan berbagai lafal dan do'a.

Doa Menjenguk Orang Sakit Sesuai Sunnah


Setiap penyakit merupakan ujian dari Allah Untuk menguji iman ummatnya. Cara Allah untuk mengangkat drajat hambanya salah satunya adalah dengan memberikannya ujian, baik itu ujian yang berupa penyakit yang deritanya maupun dengan ujian lainnya. Seperti firman Allah dalam surat Al - Baqarah,

"Dan sungguh akan kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah - buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang - orang yang sabar. (yaitu) orang - orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan Innali llahi wainna ilaihi roji'uun (Al-Baqarah : 155-156).

Mengapa Allah memberikan berbagai cobaan terlebih dahulu untuk mengangkat derajat hambanya. Hal tersebut karena iman bukanlah sekedar ikrar yang dapat diucapkan oleh lisan, melainkan harus tertanam dalam hati dan dibuktikan oleh prilaku kita. Do'a untuk orang sakit perempuan atau laki - laki yang sesuai dengan ajaran Rosulullah akan kami bahas pada kesempatan kali ini. Berikut adalah sejumlah do'a untuk orang sakit sesuai sunnah Rosulullah.

Doa Menjenguk Orang Sakit Sesuai Sunnah  



                                                             اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا

Artinya : "Tuhanku, tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan nyeri".

Rosulullah SAW juga menganjurkan untuk membaca do'a ini sebanyak 7 kali ketika menjenguk orang sakit. Dan dengan membaca do'a ini semoga penyakit orang tersebut diangkat oleh Allah SWT.

                                                                                                      أَسْأَلُ اللهَ العَظِيْمَ رَبَ العَرْشِ العَظِيْمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

Artinya : "Aku memohon kepada Allah yang agung, tuhan Arasy yang megah agar menyembuhkanmu".

Dalam menjenguk orang sakit Rosulullah tidak hanya memohonkan atas kesembuhan penyakit yang dideritanya saja. Rosulullah juga memohon pengampunan dosa dan perlindungan agama mereka. Karena bisa saja penyakit yang dideritanya disebabkan karena dosa yang telah dilakukannya. Adapun doanya sebagaimana yang diriwatkan oleh Ibnu Sunni.

                                                                             شَفَى اللهُ سَقَمَكَ، وَغَفَرَ ذَنْبَكَ، وَعَافَاكَ فِي دِيْنِكَ وَجِسْمِكَ إِلَى مُدَّةِ أَجَلِكَ

Artinya : "Wahai (sebut nama orang yang sakit) semoga Allah menyembuhkanmu, mengampuni dosamu, dan menyehatkanmu dalam hal agama serta fisikmu sepanjang usia".

Sedangkan  do'a minta kesembuhan untuk diri sendiri adalah

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الْعَظِيْمُ الْحَلِيْمُ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ رَبُّ السَّماَوَاتِ، وَرَبُّ اْلأَرْضِ، وَرَبُّ الْعَرْشِ الْكَرِيْمِ

Artinya : "Tidak ada ilahi yang berhak diibadahi dengan benar selain Allah, yang maha Agung lagi maga Penyantun. Tidak ada ilahi yang berhak diibadahi dengan benar selain Allah, Rabb (pemilik) Arsy yang Agung. Tidak ada ilahi yang berhak diibadahi dengan benar selain Allah, Rabb langit dan Rabb bumi, serta Rabb pemilik Arsy yang mulia (HR. Bukhari dan Muslim).

Hikmah Dibalik Sakit


  • Mereka yang sakit akan lebih sering dan Syahdu menyebut asma allah dibanding ketika sehat.
  • Mereka yang sakit akan mempunyai lebih banyak waktu untuk merenungi diri dalam sepi, merenungi bekal yang akan dibawa ketika kembali menghadap ilahi.
  • Mereka yang sakit akan merasakan banyak perjuangan untuk kesembuhan penyakitnya, melalui do'a dan iktiar.
  • Ketika sakit dosa akan mudah diingat, sehingga lisan lebih terbimbing untuk memohon pengampunan dari Allah.
  • Ketika sakit, setan akan lebih sulit untuk mengajak kita untuk melakukan maksiat. Karena dalam kondisi tersebut kita tak mampu melakukan apa - apa.
  • Sakit dapat meningkatkan kualitas ibadah.
  • Sakit akan mengingatkan kita tentang mati, dan merenungkan bekal apa yang akan kita bawah.
  • Rasa sakit akan mengikis rasa sombong dan tamak.
  • Ketika sakit akan banyak keluarga serta orang terdekat berkunjung untuk menjenguk dan mendo'akan kita. Dengan demikian silaturrahim akan semakin erat.
  • Dengan kita merasakan sakit, kita akan lebih banyak mencari tahu obat apa yang dapat meringankannya. Dengan demikian akan menambah ilmu tentang kesehatan.
  • Mereka yang sakit dan ikhlas atas kondisinya, akan dapat meleburkan dosa.
  • Sakit akan membuat kita sedikit tertawa dan banyak menangis. Lebih banyak menangis suatu wujud keinsyafan dan disukai oleh Rosulullah.


Sejatinya segala macam penyakit baik itu berat maupun ringan pasti dapat disembuhkan dan ada obatnya. karena setiap kali Allah menurunkan penyakit, pasti menyertakan dengan obatnya. hanya saja, manusia belum menemukan obat untuk semua penyakit, itu sebabnya mengapa masih ada penyakit yang belum dapat disembuhkan. Demikianlah do'a serta ucapan untuk orang sakit supaya cepat sembuh. Semoga dengan sejumlah do'a dari Rosulullah, orang yang sakit dapat diberikan kesembuhan oleh Allah.
LihatTutupKomentar
Cancel