Jangan Mengaku Mencintai Rasulullah SAW Jika Tidak Melakukan 8 Hal Ini

Daftar Isi [Tampil]
Ketika mereka disudutkan dengan pertanyaan apakah kita mencintai Rasulullah SAW? Tentu mereka akan menjawab bahwa mereka sangat mencintai Rosulullah SAW dan menjadikan beliau idola dalam kehidupan ini. Akan tetapi, banyak diantara mereka yang menjawab hanya sebatas ucapan, tanpa membuktikannya dalam tindakan yang nyata.

Jangan Mengaku Mencintai Rasulullah SAW Jika Tidak Melakukan 8 Hal Ini


Sejatinya cinta membutuhkan bukti dan bukan hanya sebatas perkataan belaka. Begitu juga, dengan rasa cinta kepada baginda Nabi Muhammad SAW. Rosulullah merupakan manusia yang membimbing kita dari alam yang penuh dengan kegelapan menuju alam yang terang benderang yang dihiasi oleh iman dan islam.

Perjuangan Rosulullah untuk menyiarkan agama islam sangatlah luar biasa, beliau tidak pernah menghiraukan seseorang yang membencinya bahkan tidak sedikit dari mereka yang ingin membunuh nabi. Namun, tidak sedikitpun rasa dendam di hati beliau, bahkan beliau selalu mendo'akan mereka agar kelak mendapatkan hidayah dari Allah. Jadi, sudah kewajuban kita sebagai umat isalam untuk mencintai Nabi Muhammad SAW.

Cara mencintai Nabi Muhammad SAW sesuai dengan ajaran agama islam, salah satunya adalah dengan meneladani dan mencontoh keluhuran akhlaknya. Rosulullah adalah sosok yang selalu mengedepanan akhlak dalam setiap tindakan, baik dalam kegitan berdakwahnya maupun dalam kesehariannya. Akhlak Rosulullah sangatlah indah dan sesuai dengan apa yang tercantum dalam Al - Qur'an.

Lantas bagaimana cara kita mencintai Nabi dan apa bukti bahwa kamu cinta kepada Rosul? Berikut adalah cara kita mencintai Rosulullah yang sesuai dengan ajaran agama.

Cara Mencintai Rasulullah SAW


1. Memperbanyak Sholawat Salam Kepada Nabi Muhammad SAW.


Hal pertama yang dapat kita wujudkan sebagai rasa cinta kita kepada Rosulullah adalah dengan memperbanyak sholawat. Sholawat dapat kita baca di mana saja dan kapan saja. Dengan memperbanyak bacaan sholawat akan banyak manfaat yang akan kita dapatkan, seperti diijabah segala do'anya, selamat dari kebakhilan dan berbagai hal kebaikan lainnya.

2. Mempelajari Kehidupan Rosulullah


Jika kita mencintai atau mengidolakan seseorang, pasti ingin mengetahui bagaimana kehidupannya, bagaimana perjuangan hidupnya dll. Begitu juga degan cara kita mengidolakan Rosulullah. Dengan kita mempelajari sejarah kehidupan serta memahami hadits - haditsnya merupakan cara kita mencintai Rosulullah. Karena hadist hadist itulah kita bisa meniru bagaimana kebiasaan setiap hari Rasulullah lalu kemudian kita juga menerapkannya dalam kehidupan sehari hari.

3. Menjalankan Sunnahnya dan Mengikuti Ajarannya


Menjalankan segala apa yang telah diajarkan oleh Rosulullah berarti juga telah mentaati Allah SWT. Setiap manusia akan selalu mencontoh serta taat pada perintah orang yang dicintainya. Begitu pula dengan kita mencintai Nabi Muhammad, kita akan selalu menjalankan apa yang telah diajarkannya dengan menjauhi segala apa yang menjadi larangannya dan menjalankan semua yang diperintahnya.

4. Mempunyai Keinginan Yang Kuat Untuk Derkumpul Dengan Rosulullah 


Keinginan untuk berkumpul dengan orang kita cintai merupakan suatu keharusan. Jika dalam kenyataannya kita berbeda zaman dengan Rosulullah, dalam artian kita tidak mungkin berkumpul di dunia fana ini, tapi kita masih bisa berkumpil dengan beliau di akhirat kelak. Memang untuk bertemu dan berkumpul dengan beliau tidaklah semudah membalikkan kedua tangan, namun kita harus selalu berjuang dan berusaha dengan cara mengikuti segala ajarannya.

5. Mencintai Setiap Orang Yang Dicintai Oleh Nabi Muhammad.


Dalam hidupnya Rosulullah selalu mencintai keluarganya, shahabat, dan semua orang yang mencintai beliau. Oleh sebab itu, jika kira merasa mencintai Rosulullah cintailah juga apa yang beliau cintai.

6. Selalu Menegakkan Ajaran Rosulullah


Pada zaman sekarang ini akan banyak cobaan serta godaan untuk mewujudkan rasa cinta kira kepada Rosulullah. Namun, apa pun itu alasannya jika kita benar - benar mencintai Rosulullah, kita akan selalu menegakkan ajaran beliau dimanapun kita berada dan bagaimanapun kondisinya.

7. Mencintai Rosulullah Melebihi Cintanya Terhadap Diri Sendiri.


Semakin besar rasa cinta kepada Rosulullah, semakin besar pula rasa cinta Rosulullah terhadap kita. Maka dari itu, cintailah beliau melebihi cinta terhadap diri sendiri. Membayangkan betapa beratnya kehidupan beliau kala itu, semua orang mencaci makinya. Hal tersebut juga merupakan cara kita mencintai Rosulullah.

8. Mensyukuri Karena Kita Menjadi Orang Islam


Menyebarnya islam tidak luput dengan perjuangan Rosulullah yang dengan sabar dan tabahnya dalam berdakwah. Mensyukuri terhadap anugerah yang tak terhingga nilainya, yakni adanya iman dan islam dihati kita juga merupakan wujud kita mencintai Rosulullah.

Mencintai Rosulullah tidak harus hidup di zaman yang sama dengan beliau dan bertatap muka dengan beliau. Namun, rasa cinta terhadap beliau dapat kita wujudkan dengan cara meneladani akhlaknya, meneruskan apa yang telah beliau perjuangkan dan tidak mengubah dengan apa yang telah beliau ajarkan.

Demikianlah ciri - ciri cinta kepada Rosulullah. Semoga dengan apa yang telah kami tulis pada artikel ini, dapat menambah rasa cinta kepada Allah dan Rusulullah. Dan semoga kita termasuk pada golongan yang benar - benar mencintai Rosulullah dan mendapatkan Ridho Allah SWT.

Baca Juga :