Penangkaran Rusa Bawean, Tempat Wisata Yang Tidak Boleh Di Lewatkan

Daftar Isi [Tampil]
Pulau Bawean merupakan pulau yang terletak di laut jawa, tepatnya sekitar 120 kilometer sebelah utara Gresik. Pulau bawean menawarkan pemandangan alam nan asri yang tak kalah menariknya dengan tempat wisata terkenal sekalipun. Di sini, anda dapat menikmati indahnya desiran pantai dan dinginnya air terjun. Tak hanya itu saja, di pulau ini juga terdapat penangkaran rusa yang sayang untuk dilewatkan, jika anda berkunjung ke pulau bawean.

Penangkaran Rusa Bawean, Tempat Wisata Yang Tidak Boleh Di Lewatkan


Rusa bawean mempunyai ciri khas tersendiri, yakni bulu tubuh didominasi cokelat pendek  kecuali bagian leher dan sekitar mata yang berwarna terang, ukuran berat badannya hanya kisaran 30-40 kg saja.. Rusa bawean juga terkenal akan kelincahannya, karena memang ukuran tubuh rusa di pulau ini terbilang cukup mungil.

Lokasi Penangkaran Rusa Bawean Dan Biaya Masuknya


Penangkaran rusa bawean, tempat wisata yang tidak boleh dilewatkan. Lokasinya berada di Desa Pudakit Timur Kecamatan Sangkapura. Penangkaran rusa bawean berada tepat di lembahan perbukitan yang ada di pulau bawean. Lokasi ini merupakan tempat yang sangat nyaman untuk tumbuh kembang rusa. Bagi pengunjung, tidak hanya dapat menyaksikan lincahnya rusa bawean, namun juga dapat menikamati pemandangan alam sekitar yang begitu eksotis.

Meski tempat penangkaran rusa terletak di lembahan perbukitan, anda tidak perlu khawatir, karena akses jalan untuk menuju tempat wisata ini sangat mudah untuk dijangkau. Paket untuk masuk ke tempat wisata ini sangatlah murah, bahkan gratis. Dari data populasinya, rusa bawean terbilang hewan langkah yang nyaris punah. Nah, untuk dapat berinteraksi langsung dengan jenis rusa ini, anda bisa datang ke penangkaran rusa bawean.

Rusa di tempat ini dibiarkan bergerak secara bebas dan luas, sehingga perkembangan rusa di penangkaran ini sangatlah baik. Rusa - rusa di tempat ini terawat dengan baik dan tidak pernah kekurangan makanan. Selain di penangkaran rusa Bawean juga banyak yang dilepas hutan liar namun habitatnya dilindungi jadi tidak boleh memburu hewan ini.

Penangkaran Rusa Bawean, Tempat Wisata Yang Tidak Boleh Di Lewatkan


Mengapa penangkaran wisata tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke pulau Bawean? karena Rusa Bawean merupakan salah satu hewan endemik asli milik pulau ini. Mungkin anda tahu bahwa hewan cantik ini pernah menjadi salah satu maskot Asean Games dua tahun lalu 2018 yang diberi nama Atung.

Atung Rusa Bawean Maskot Asean Games 2018


Untuk mencapai tempat wisata ini anda bisa menggunakan roda dua atau roda empat dan langsung sampai ke tempat penangkarannya. Disekeliling tempat penangkaran ini anda akan melihat batuan tebing yang menjulang dan hutan yang sangat lebat. Sepanjang perjalanan anda akan disuguhkan dengan pemandangan hijaunya tanaman.

Jika lagi ada petugas yang menjaga anda bisa kok masuk ke dalam dan memberikan makan dan dan juga memfotonya dari dekat. Namun jika tidak ada anda anda juga bisa menfotonya dari luar pagar. Namun jangan kawatir dari manapun anda menfotonya hasilnya akan tetap cantik karena memang rusa ini merupakan salah satu rusa paling terindah yang ada di Indonesia baik dari segi bulu maupun tanduknya. 

Nah itulah sekilas tentang wisata penangkaran rusa pulau Bawean so nunggu apalagi jika anda ingin mngetahui secara lengkap tentang Axis Kuhli ini silahkan langsung datang ke pulau Bawean karena anda hanya akan melihat rusa ini di pulau yang cantik ini. Selain itu banyak sekali wisata lain yang bisa menjadi anda kunjungi dengan pemandangan yang sangat cantik dan mempesona.

Baca Juga :