Registrasi IP Tidak Berhasil Saat UNBK Bagaimana Mengatasinya?

Apakah para teknisi pernah mengalami registrasi ip tidak berhasil saat unbk? tentunya iya, karena pelaksanaan unbk tidak lepas dari jaringan komputer yang melibatkan server dan client. Nah pada postingan kali ini kami akan memberikan solusinya kepada anda, tidak hanya permasalahan ini saja namun semua kemungkinan error yang terjadi saat melakukan setting ujian dan uji test aplikasi exam bro.

Registrasi IP Tidak Berhasil Saat UNBK Bagaimana Mengatasinya?


Masalah masalah ini harus dipahami oleh seorang teknisi atau proktor. Jangan sampai pada pelaksanaan anda masih bingung cara mengatasinya. Bagi yang sudah terbiasa beberapa tahun menjadi teknisi atau proktor mungkin sudah paham berbagai permasalahan namun bagi yang baru tentunya ini masih akan membingungkan.

Penyebab Dan Solusi Registrasi IP Tidak Berhasil Atau Error Saat UNBK


Berikut beberapa penyebab masalah yang terjadi  registrasi IP gagal dan solusinya :
1. Server masih belum dihidupkan, cek servernya apakah vm sudah dijalankan apa belum
2. Salah setting vm, silahkan cek ulang settingannya dengan benar sesuai dengan panduan
3. Aplikasi Exam Bro masih versi yang lama. Kemungkinan di komputer client masih menggunakan aplikasi exam bro yang lama, cek dan perbaharui sesuai dengan exambro yang terbaru.
3. Cek kabel jaringan, lakukan test kabel jaringan dengan menggunakan tester. Lihat apakah pemasangan jaringan sudah benar atau belum
4. Salah setting IP. Biasanya saat terjadi kesalahan dalam setting IP maka komputer client juga tidak akan bisa terkoneksi ke server.
5. IP bentrok, jika terjadi permasalahan IP bentrok berarti ada ip yang sama di komputer. Cek IP masing masing komputer. Kami menyarankan untuk memberi ip komputer client dengan
6. Driver LAN Hilang, Driver hilang juga bisa menjadi kemungkinan gagalnya registrasi IP ke server. Cek apakah driver sudah terinstal dengan baik, biasanya masalah ini ditandai dengan tanda silang pada icon jaringan di di task bar komputer. Atau lebih jelasnya bisa anda cek Network And Sharing Center caranya klik kanan pada icon jaringan > Open Network And Sharing Center Change And.


7. LAN Tidak respon, silahkan disable adapter jaringan lalu Enable kembali. Jika tetap tidak tekoneksi silahkan unistal driver LAN di komputer lalu instal kembali barangkali terjadi masalah pada driver jaringannnya.

Nah itulah beberapa kemungkinan masalah dan solusinya registrasi IP tidak berhasil, Silahkan uji coba beberapa kemungkinan masalahnya diatas.

Masalah Lainnya Yang Terjadi Saat UNBK


Beberapa masalah lainnya yang umum terjadi dan solusinya adalah sebagai berikut :

1. Tidak ada Nomer IP untuk tes di komputer ini, solusinya adalah cek IP di komputer anda kemungkinan anda belum mengimput IP caranya : Klik kanan pada icon jaringan di samping kanan lalu klik Open Network And Sharing Center. Klik jaringannya dan > Pilih Properties>klik 2 kali Internet Protocol Version 4(TCP/IPv4). Lalu masukkan IPnya.


2. Aplikasi Exam browser tidak bisa di buka atau dijalankan, Mengatasi masalah ini kemungkinannnya aplikasi exambro yang anda copy corrupt. Bisa juga karena dicekal oleh antivirus. Solusinya silahkan copy lagi aplikasi Exambro terbaru dan jika dicekal oleh antivirus silahkan matikan terlebih dahulu.

Baca Juga : Jadwal Simulasi UNBK Semulasi 1 dan 2 SMP/MTs MA/SMA/SMK

3. Exam browser, Admin Server Tidak Ditemukan, itu artinya tidak ada koneksi dengan server. Pertama silahkan cek apakah browser anda sudah menggunakan yang terbaru?.
KeduaSilahkan cek ada kemungkinan kabel tidak terpasang dengan baik silahkan koneksi dengan ping ke komputer server dengan menggunakan CMD.
Ketiga ada kemungkinan juga server belum diaktifkan.

Demikian berbagai permasalahan yang terjadi saat pelaksanaan UNBK. Semoga beberapa ulasan ini bisa membantu para proktor dan teknisi untuk sigap mengatasi berbagai persoalan yang terjadi.
LihatTutupKomentar
Cancel