Biar Pinter, Inilah 15 Istilah Baru Terkait Virus Corona Yang Wajib Anda Ketahui

Daftar Isi [Tampil]
Ditengah mewabahnya virus corona (Covid 19) banyak bermunculan istilah istilah baru sebelumnya belum pernah kita dengar seperti Lockdown, social distancing, ODP, PDP dan sebagainya. Walaupun istilah ini adalah istilah lama namun kini terasa baru ditelinga kita. Biar pinter kita perlu untuk memahami beberapa istilah ini agar tidak salah paham dalam mendapatkan informasi. Nah pada postingan ini kami sudah merangkum untuk anda silahkan disimak dan dipelajari maknanya masing masing.

15 Istilah Baru Terkait Virus Corona


Istilah Istilah Yang Terkait Dengan Virus Corona


1. Lockdown : 


Beberapa hari belakangan ini sering sekali kita mendengar istilah Lockdown. apa sih maksudnya?, Lockdown merupakan istilah yang berasal dari bahasa Inggris yang artinya, Lock : Kunci down : Turun. Secara istilah yang dimaksud Lockdown adalah karantina sebuah wilayah dengan melakukan pembatasan pergerakan penduduk termasuk menutup semua akses masuk dan keluar dari wilayah tersebut dengan tujuan meminimalisir kontaminasi dan penyebaran virus di wilayah tersebut. Metode lockdown ternyata adalah anjuran Rasulullah dalam menghapai wabah penyakit seperti virus corona ini.

2. Social Distancing


Sosial Distancing secara pengertiannya adalah pembatasan sosial dengan menjaga jarak dengan yang lainnya, atau menghindari kerumunan/keramaian. Kata ini gencar sekali digaungkan bahkan untuk menerapkan ini pemerintah meminta seluruh masyarakat untuk bekerja, belajar di rumah hal ini sebagai upaya untuk menghindari penyebaran virus corona.

3. Isolasi


Bagi orang yang dinyatakan positif terjangkit virus ini maka pasien tersebut akan diisolasi artinya perawatan kesehatan ditempat khusus dengan menjauhkan penderita dari orang lain untuk menghindari penularan.

4. Karantina


Yang dimaksud dengan katantina adalah menempatkan seseorang ditempat yang husus dikarenakan orang tersebut sudah terpapar oleh virus corona namun tidak memiliki gejala. Hal ini dilakukan agar orang tersebut tidak menyebarkan virus kepada yang lainnya. Biasanya orang yang tidak memiliki gejala ini memiliki antibody yang kuat.

5. ODP ( Orang Dalam Pantauan )


Dalam menyebaran wabah Covid 19 ini anda akan sering menemukan kata ODP ini ? Apa sih ODP ( Orang Dalam Pantauan) ? ODP adalah orang yang memiliki gejala ringan mirip dengan gejala positif corona, seperti sakit tenggorokan, demam, batuk namun tidak memiliki riwayat kontak dengan orang yang sudah positif corona. Orang dengan status ODP biasanya tidak dirawat hanya disarankan mengisolasi diri minimal 14 hari dirumah atau hingga kondisinya membaik

6. PDP ( Pasien Dalam Pengawasan)


Adalah orang yang sudah melakukan kontak dengan orang yang sudah positif corona dan orang tersebut sudah memiliki gejala gejala seperti yang diderita orang yang positif seperti demam, batuk, sesak nafas, sakit tenggorokan. Orang yang masuk dalam kategori PDP akan dilakukan test di laboraturium yang hasilnya nanti akan dilaporkan kepada Kemenkes kepada Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kemenkes RI. Dari obeservasi akn diketahui orang tersebut positif atau negatif .

7. Suspect


Suspect adalah pasien yang berada dalam pengawasan yang telah menunjukkan gejala gejala terkena virus corona dan orang tersebut memiliki riwayat pernah berkunjung ke tempat tempat yang sudah terpapar virus corona atau sudah pernah melakukan kontak atau bertemu dengan orang yang positif. Orang dalam kategori ini harus dikantina atau isolasi diri di rumah.

8. Positif


Positif dalam kaitannya dengan corona adalah memiliki makna bahwa orang tersebut sudah terinfeksi corona. Orang yang sudah positif corna harus menjalani perawatan dan isolasi di rumah sakit yang telah ditentukan seperti wisma atlet atau tempat yang lainnya karena pasien yang sudah positif tidak boleh kontak dengan siapapun karena penularan virus ini sangat cepat.

9. Epidemi


Yang dimaksud dengan Epidemi adalah suatu wabah  penyakit yang menyebar di area geografis yang sangat luas seperti negara atau benua bahkan dunia yang terus mengalami peningkatan diluar kendali dan telah menelan banyak korban.

10. Pandemi


Istilah pandemi dalam kamus KKBI adalah wabah penyakit yang serampak terjadi dimana mana yang meliputi area geografis yang sangat luas. Covid 19 ini dikatakan pandemi karena sudah menyebar dan menginfeksi setidaknya di 150 negara.

11. Wabah


Dalam beberapa kamus arti dari wabah adalah penyakit menular yang menjangkiti jumlah banyak orang dalam wilayah geografis yang luas dan biasanya hanya terjadi pada masa masa tertentu.

12. Rapid Test


Rapid test adalah pengunjian cepat untuk melihat keberadaan virus corona di dalam tubuh seseorang. Test bukanlah pemeriksaan langsung terhadap virusnya namun untuk mengetahui apakah antibody dalam tubuh bekerja saat virus ini menginfeksi. Metode rapid test ini dikembangkan oleh Para ilmuwan dari Departemen Ilmu Teknik Universitas Oxford dan Oxford Suzhou Centre for Advanced Research (OSCAR). Dengan metode test ini hanya membutuhkan setengah jam saja untuk mendapatkan hasil.

13. Cairan Disinfektan


Adalah merupakan zat kimia yang digunakan untuk menbersihkan bakteri dan virus di sebuah tempat. Ditengah wabah ini berbagai wilayah Indonesia kini melakukan menyemprotan dalam jumlah bersar diberbagai tempat untuk menekan menyebaran virus corona.

14. Hand Sanitizer


Hand Sanitizer adalah kata dalam bahasa ingris yang memiliki arti "pembersih tangan". Hand Sanitizer dibuat dari campuran beberapa bahan kimia yang diyakini mampu membunuh kuman, bakteri atau virus yang menempel ditangan atau anggota tubuh seseorang. Kini sudah banyak sekali produk hand sanitizer yang beredar dipasaran dengan berbagai merk, namun anda bisa membuat hand sanitizer sendiri di rumah dengan bahan bahan sederhana.

15. Work From Home ( WFH)


Sejak menyebarnya virus corona di Indonesia pemerintah memperlakukan warganya untuk WFH atau Work From Home atau bekerja dari rumah. Hampir seluruh instansi, kantor dan juga lembaga pendidikan semua memberlakukan WFH ini. Tujuan dari WFH ini agar orang tidak keluar rumah dan menyebaran virus ini bisa ditekan.

Nah itulah 15 istilah terkait virus corona yang sering kita dengar, dengan mengetahui istilah istilah ini kita bisa tidak salah dalam mencerna informasi yang kita terima. Semoga wabah virus corona ini segera berahir. semoga artikel ini bermanfaat.

Baca Juga :